TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Penyebab Cat Mobil Mengelupas, Harus Hati-hati! 

Cat mobil yang mengelupas bisa menurunkan tampilannya

ilustrasi mobil gelap (unsplash.com/Talia)

Intinya Sih...

  • Cat mobil yang mengelupas dapat menurunkan tampilannya dan perlu diantisipasi agar tidak semakin parah.
  • Penyebab pengelupasan cat mobil antara lain penggunaan cat berkualitas rendah, paparan sinar matahari berlebihan, dan penggunaan bahan kimia yang merusak.
  • Kerusakan fisik seperti benturan, goresan, gesekan, dan kelembapan tinggi juga dapat menyebabkan cat mobil mengelupas.

Mobil memang menjadi salah satu komponen yang harus diperhatikan kondisinya dengan seksama. Alasannya karena memang tak mobil bukan hanya dapat memberikan tampilan estetika yang menarik, namun juga berfungsi sebagai pelindung bagi permukaan kendaraan secara eksternal dari berbagai risiko yang mungkin terjadi.

Cat mobil yang seringkali terlihat justru banyak yang mengalami kerusakan, seperti tampilannya yang mudah mengelupas hingga warnanya yang mulai terlihat kusam. Jika mobilmu mengalami kondisi cat yang mengelupas, maka hal ini perlu diantisipasi dengan baik agar nantinya tidak semakin parah. Namun, ada beberapa penyebab berikut ini yang ternyata bisa menjadi alasan mengapa cat mobilmu bisa sampai mengelupas.

1. Kualitas cat yang digunakan rendah

Penyebab pertama mengapa cat mobil mengelupas ternyata bisa jadi karena memang penggunaan catnya yang berkualitas rendah. Semestinya mobil yang dibeli dari dealer khusus apalagi dalam kondisi yang baru tidak akan memiliki cat dengan kualitas yang buruk, sehingga hal ini bisa menjaga warnanya tetap aman dan tidak mudah mengalami pengelupasan.

Mungkin akan berbeda jika kamu membeli mobil bekas atau pun mobil yang sudah dimodifikasi sebelumnya, sehingga bisa saja ditambahkan cat dengan kualitas yang rendah. Biasanya memang cat yang murah atau tidak berkualitas akan memiliki daya tahan yang rendah terhadap berbagai elemen eksternal, seperti hujan, sinar UV, debu, dan lain sebagainya.

2. Terpapar sinar Matahari berlebih

Kamu harus mengantisipasi risiko pengelupasan cat akibat paparan sinar Matahari yang berlebihan. Ternyata hal seperti ini bisa terjadi apabila kamu sering mengemudikan mobil di luar ruangan atau pun memakirkan mobil di bawah paparan sinar Matahari secara langsung, sehingga harus diminimalisir.

Memang sinar UV yang terlalu kuat dapat menyebabkan cat menjadi sangat kering dan pada akhirnya rapuh, sehingga hal ini membuat bagian tersebut jadi mudah sekali mengalami pengelupasan. Tidak mengherankan apabila kamu disarankan untuk memarkirkan mobil dengan menggunakan penutup atau pun perlindungan khusus agar tidak sampai terpapar sinar Matahari secara langsung, sehingga risiko kerusakan pun jadi bisa dihindari.

Baca Juga: 5 Kiat Memilih Asuransi Mobil yang Sesuai dengan Kebutuhan

3. Terpapar bahan kimia yang keras

Penggunaan bahan kimia ternyata bisa menjadi salah satu penyebab pengelupasan cat pada mobil, sehingga harus kamu hindari. Ada berbagai bahan kimia yang ternyata mengandung bahan bahan keras, seperti sabun pembersih mobil atau pun produk-produk lain yang sering diaplikasikan pada permukaan kendaraan.

Ternyata memang paparan bahan kimia yang keras bisa merusak lapisan cat mobil, sehingga kamu harus cermat dalam memilih produk tersebut. Pilihlah pembersih yang memang dirancang khusus untuk mobil, sehingga nantinya tidak sampai menyebabkan pengikisan pada lapisan cat dan tidak mudah mengalami pengelupasan.

4. Mengalami kerusakan fisik

Pada saat mengemudikan mobil tentu kamu disarankan untuk lebih berhati-hati agar bisa meminimalisir berbagai kerusakan yang mungkin bisa dialami. Ternyata mobil juga bisa mengalami berbagai kerusakan fisik, seperti benturan, goresan, atau pun gesekan yang secara tidak langsung dapat menyebabkan cat mobil menjadi lebih mengelupas.

Goresan dan juga benturan bisa merusak lapisan pelindung pada cat, sehingga nantinya air dan juga elemen lain dapat meresap ke dalamnya dan pada akhirnya justru menyebabkan kerusakan pada cat secara menyeluruh. Tidak mengherankan apabila kamu harus lebih berhati hati pada saat mengemudikan mobil agar berbagai risiko, seperti benturan, goresan, dan juga gesekan dapat diminimalisir dengan baik.

Verified Writer

Brilian Damani

Sudah membaca hari ini?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya