TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Efek Jika Motor 2 Tak Kehabisan Oli Samping, Bikin Fatal 

Bisa sebabkan kerusakan pada komponen mesin

Ninja RR (instagram.com/restomax.rawamangun)

Intinya Sih...

  • Motor 2-tak memiliki tarikan responsif dan akselerasi cepat, tetapi memerlukan perawatan intensif dibanding motor 4-tak.
  • Kehabisan oli samping dapat merusak piston dan silinder, menyebabkan gesekan berlebih dan overheating yang mengurangi performa mesin.
  • Oli samping berkualitas dan perhatian terhadap indikator pengisian oli sangat penting untuk menjaga kesehatan mesin 2-tak.

Motor 2-tak sampai saat ini masih memiliki banyak peminat. Karakter mesin yang punya tarikan responsif dan akselerasi yang cepat, membuatnya digemari oleh beberapa kalangan. Namun, motor 2-tak memerlukan perawatan yang lebih intensif dibanding dengan motor 4-tak.

Salah satu aspek penting dalam perawatan motor 2-tak adalah soal pengisian oli samping. Oli samping berperan penting untuk melumasi komponen-komponen dalam mesin, seperti piston, crankshaft, hingga bearing.

Namun, terkadang ada pemilik motor 2-tak yang lupa mengisi oli samping dan sampai membiarkannya habis. Jika oli samping habis, maka akan ada efek buruk pada mesin dan bisa menyebabkan kerusakan fatal. Berikut beberapa efek jika motor 2-tak kehabisan oli samping.

1. Piston macet

Piston merupakan komponen yang paling rentan mengalami kerusakan jika oli samping habis. Pasalnya, oli samping berfungsi sebagai pelumas agar piston tidak mengalami gesekan berlebih dengan silinder.

Jika pelumas tersebut habis, maka gesekan berlebih tersebut akan menyebabkan piston macet. Jadi, cek secara rutin dan pastikan oli samping selalu dalam kondisi cukup.

Baca Juga: 4 Tips Memilih Oli Motor yang Tepat, Sesuaikan Jenis Motor Kamu

2. Silinder baret

Silinder merupakan ruang tempat piston bergerak. Jadi, gesekan piston yang berlebih akibat oli samping yang habis, tentu juga akan menyebabkan masalah di dinding silinder.

Gesekan berlebih pada piston dengan silinder lama-lama bisa menyebabkan dinding silinder baret. Hal itu akan membuat motor kehilangan kompresi dan bisa menurunkan peforma mesin.

3. Stang piston bengkok

Overheating merupakan masalah yang pasti terjadi jika oli samping habis. Efeknya, stang piston akan rentan mengalami bengkok karena panas berlebih tersebut akan mengubah sifat meterial dari stang piston.

Selain menimbulkan kerusakan mesin, stang piston yang bengkok juga akan mengurangi kenyamanan berkendara. Pasalnya, masalah itu bisa membuat mesin mengalami gertaran berlebih akibat gerakan piston yang tidak seimbang.

Jika kamu memiliki motor 2-tak, selalu perhatikan indikator oli samping agar tidak sampai telat pengisiannya. Selain itu gunakan juga oli samping yang berkualitas agar mesin 2-tak mendapatkan perlindungan yang maksimal.

Baca Juga: 5 Masalah yang Terjadi Akibat Kerusakan Sensor TPS Sepeda Motor

Verified Writer

Yayan Alvredo

Patient, Focus, Dicipline

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya