Comscore Tracker

5 Barang Ini Dilarang Keras Disimpan dalam Bagasi Motor, Bahaya!

Benda ini bisa meledak lho kalau ditaruh di bagasi

Sepeda motor merupakan moda transportasi yang selama ini masih menjadi pilihan mayoritas masyarakat Indonesia untuk bepergian. Selain karena praktis dan lebih irit BBM, bepergian menggunakan sepeda motor juga lebih gampang.  

Untuk menaruh barang-barang seperti tas, helm atau barang-barang yang kecil lainnya kini sepeda motor juga dilengkapi dengan bagasi. 

Meski begitu bukan berarti kita bisa bebas memasukkan apa saja ke dalam bagasi motor. Ada beberapa barang yang dilarang keras dimasukkan ke dalam bagasi motor lantaran dampaknya yang sangat berbahaya. Apa sajakah barang yang tidak boleh dimasukkan ke dalam bagasi motor? Berikut beberapa di antaranya.

Baca Juga: 5 Barang yang Wajib Ada di Bagasi Motor, Jangan Sampai Ketinggalan

1. Smartphone atau HP

5 Barang Ini Dilarang Keras Disimpan dalam Bagasi Motor, Bahaya!trendingnewsbuzz.com

Dilarang keras memasukkan smartphone ke dalam bagasi motor ya Guys. Sebabnyaadalah smartphone termasuk benda yang temperaturnya cepat naik, dan hal ini akan memengaruhi mesin motor. Terlebih tidak semua jenis motor dilengkapi teknologi tahan panas, terlebih untuk motor-motor keluaran lama.

Menaruh smartphone yang panas di dalam bagasi motor dapat menyebabkan mesin motor mengalami gangguan bahkan hingga meledak. Untuk itu, jangan biasakan menaruh smartphone di dalam bagasi motor.

2. Powerbank

5 Barang Ini Dilarang Keras Disimpan dalam Bagasi Motor, Bahaya!pexels.com\Andrea Piaquaido

Benda kedua yang dilarang untuk ditaruh di bagasi sepeda motor yakni powerbank. Yang perlu kamu ketahui adalah, jangan pernah menaruh powerbank di dalam bagasi motor, walaupun tidak sedang kamu gunakan untuk mengisi daya smartphone.

Sebab, tak jarang produsen powerbank menggunakan baterai dengan kualitas rendah yang berpotensi meledak jika berada di tempat yang bertemperatur tinggi, seperti bagasi motor misalnya.

Terlebih jika powerbank memiliki desain sirkuit yang buruk, yang dikhawatirkan tidak dapat mengatasi masalah-masalah seperti suhu yang terus meningkat, arus pendek, ataupun kelebihan daya akibat proses pengecasan yang terlalu lama yang dikhawatirkan dapat menyebabkan ledakan.

3. Parfum

5 Barang Ini Dilarang Keras Disimpan dalam Bagasi Motor, Bahaya!instagram.com/befragrances

Buat kamu yang selalu membawa parfum ke mana-mana, pastikan kamu menaruh parfum di dalam tas, bukan bagasi motor. Sebab, pada umumnya parfum mengandung alkohol. Alkohol sendiri merupakan zat kimia yang memiliki sifat mudah menguap.

Sedangkan bagasi sendiri adalah tempat yang memiliki temperatur tinggi dan juga berdekatan dengan tangki bahan bakar. Sehingga dikhawatirkan akan memicu alkohol pada parfum menguap dan dan memicu percikan api.

4. Produk kosmetik

5 Barang Ini Dilarang Keras Disimpan dalam Bagasi Motor, Bahaya!unsplash.com/Hanna

Produk kosmetik juga tidak boleh dimasukkan ke dalam bagasi motor. Sebab, produk kosmetik mengandung berbagai bahan kimia yang mudah meleleh. Lelehan dari produk kosmetik ini jika mengenai bagasi maka akan menjadi kerak yang sulit dibersihkan, juga berpotensi menimbulkan kerusakan pada komponen motor.

5. Makanan

5 Barang Ini Dilarang Keras Disimpan dalam Bagasi Motor, Bahaya!instagram.com/relauncher_alison

Bagasi motor merupakan bagian motor yang memiliki suhu cukup tinggi. Jika kamu menaruh makanan di sini, dikhawatirkan suhunya akan membuat makanmu menjadi rusak, seperti meleleh misalnya. Alhasil, bukan tidak mungkin makananmu akan jadi tidak layak konsumsi, belum lagi lelehan makanan tersebut yang kemudian mengotori bagasi motor dan menjadi kerak yang sulit dibersihkan.

Sudah tahu kan barang apa saja yang tidak boleh dimasukkan dalam bagasi motor? Mulai sekarang, jangan asal-asalan dalam memasukkan barang ke dalam bagasi motor ya.

Baca Juga: Supaya Awet, Ini 5 Tips Perawatan Rutin Aki Sepeda Motor

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Eka ami di IDN Times Community dengan judul Berbahaya, 5 Barang Ini Dilarang Keras Disimpan dalam Bagasi Motor!

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya