Comscore Tracker

4 Hal ini Wajib Diperhatikan Saat Upgrade Sepeda Lipat Biar Gak Nyesel

Jangan hanya fokus pada performa

Sepeda lipat atau seli menjadi pilihan pas buat goweser yang suka wara-wiri di perkotaan. Itu juga termasuk untuk mereka yang pergi ke kantor dengan bersepeda atau bike to work.

Banyak pilihan sepeda lipat saat ini ada di pasaran dengan harga beragam. Mulai dari yang murah sampai yang super mahal macam Brompton. Ingat, sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu, guys.

Hanya saja, sering kali sepeda lipat yang sudah dibeli kadang merasa kurang nyaman. Jangan cemas, sebab sepeda lipat juga bisa di-upgrade supaya bisa lebih nyaman.

Ketua komunitas sepeda lipat Epicyclist Depok (EPIC Depok), Achmad Sofian, memberikan sejumlah tips agar upgrade yang dilakukan bisa menunjang kenyamanan saat gowes pakai sepeda lipat.

1. Fokus pada kenyamanan

4 Hal ini Wajib Diperhatikan Saat Upgrade Sepeda Lipat Biar Gak Nyeselwww.icebike.org

Achmad mengatakan upgrade seharusnya fokus pada kenyamanan. Karena itu bagian pertama yang perlu di-upgrade seharusnya yang berhubungan dengan kenyamanan saat bersepeda, seperti sadel dan handgrip.

“Biasanya size sadel atau dudukan disesuaikan dengan kenyamanan cyclist tersebut. Bisa dengan busa lebih tebal agar terasa lebih nyaman,” kata Achmad kepada IDN Times beberapa waktu lalu.

Penggantian handgrip bisa dilakukan di rumah. Kamu bisa memilih material handgrip mulai dari spons hingga karet (rubber).

"Handgrip, kurang nyaman nih, mau ganti spons, atau tangan saya gampang keringetan, mau ganti yang rubber. Nah itu bisa di rumah. Yang ringan-ringan ya,” ucapnya. 

Baca Juga: Daftar Harga Terbaru Sepeda United Pilihan, Semua Varian!

2. Upgrade biar bobotnya lebih ringan

4 Hal ini Wajib Diperhatikan Saat Upgrade Sepeda Lipat Biar Gak Nyeseltredz.co.uk

Fokus upgrade berikutnya adalah membuat bobot sepeda lipat menjadi lebih ringan. Sebab sepeda lipat yang ringan pasti akan membuatmu lebih nyaman saat menjinjingnya, terutama saat naik turun transportasi umum seperti MRT.

Achmad mengatakan mengurangi bobot sepeda bisa dilakukan dengan mengganti komponen berbahan steel dengan alloy atau bahkan karbon.

“Misalnya handlebar, terus seat post, U brake juga bisa diganti karena banyak yang steel nanti diganti yang alloy. Cranck arm, chain ring, itu banyak yang masih steel kalau produk-produk lama. Kalau sekarang sudah banyak yang alloy,” katanya.

3. Upgrade bagian seli dengan dimensi yang lebih kecil

4 Hal ini Wajib Diperhatikan Saat Upgrade Sepeda Lipat Biar Gak NyeselGoogle

Agar seli lebih ringan dan praktis, upgrade bagian-bagian tertentu menjadi dimensi yang lebih kecil. Dengan demikian, seli semakin mudah untuk diangkat. Salah satu bagian seli yang hadir dalam dimensi relatif kecil adalah sadel dan pedal.

"Sadel nanti ada yang diganti dengan dimensi yang yang lebih kecil. Lebih praktis dan ringan. Ada juga pedal. Pedal ada yang steel diganti alloy," sambung Achmad.

Pemilik seli mungkin sering atau pernah merasakan kakinya bergesekan dengan pedal sepeda ketika menjinjingnya. Menurut Achmad, pemilik seli bisa mengganti pedal biasa menjadi pedal dengan sistem quick release.

“Ada sekarang quick release, banyak beredar. Pedalnya bisa dicopot lalu kita kantongin atau disangkutin di bawah sadel, biasanya ada pegangannya buat quick release. Jadi saat ditenteng gak nyentuh-nyentuh kaki. Jadi lebih nyaman,” ujarnya kemudian.

4. Upgrade performa buat melahap tanjakan

4 Hal ini Wajib Diperhatikan Saat Upgrade Sepeda Lipat Biar Gak Nyeselunsplash.com/Tom Conway

Kalau rute commute-mu memiliki tanjakan atau fly-over yang harus dinaiki, kamu pasti ingin bisa melewati rute tersebut dengan mudah. Achmad mengatakan agar sepedamu tidak terasa berat saat digowes naik, coba ganti group set yang ada dengan group set yang geriginya lebih banyak.

"Kalo group set-nya 9 speed, biasanya diganti dengan group set yang lebih banyak, misalnya 10 speed atau 11 speed. Nanti gir-nya pun di group set-nya, jumlah geriginya diganti dengan jumlah yang lebih banyak untuk mendapatkan gir rasio yang lebih nyaman atau lebih ringan," pungkas Achmad. 

Gimana, sudah tahu apa saja yang mau kamu upgrade?

Baca Juga: 3 Tips Upgrade Sepeda Lipat: Nyaman Gak Perlu Mahal!

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya