Comscore Tracker

Deretan Politisi yang Duduk sebagai Komisaris BUMN Selain Ahok

Erick Thohir: tak menyalahi aturan

Jakarta, IDN Times - Sejumlah politisi mendapatkan jabatan sebagai komisaris utama di beberapa perusahaan pelat merah. Menteri BUMN, Erick Thohir menyatakan jika hal tersebut tak menyalahi aturan.

"Jadi, ya, sah-sah saja. Yang gak boleh kan menjabat DPP di partai. Jadi bukan sesuatu yang kita langgar," ujar Erick di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (21/2).

Dari nama-nama politisi yang duduk sebagai komisaris salah satunya adalah Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Ia diberikan kepercayaan sebagai Komisaris Utama PT Pertamina.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu sempat dikabarkan akan keluar dari partainya, PDIP, saat dia ditunjuk menjadi komisaris utama pada 22 November 2019. Kala itu, baik Erick maupun pihak dari PDIP menyatakan Ahok akan meninggalkan partai. Namun, hingga hari ini, Ahok masih tergabung menjadi kader PDIP. 

Masih ada nama-nama politisi lainnya yang duduk di jajaran komisaris di perusahaan pelat merah. Siapa saja mereka? Ini daftarnya.

Baca Juga: Pengajuan KPR Bank BTN via Online, Prosesnya Cepat dan Mudah!

1. Arif Budimanta

Deretan Politisi yang Duduk sebagai Komisaris BUMN Selain AhokANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Arif Budimanta adalah politikus dari partai PDIP. Namun, ia tak menduduki posisi strategis partai. Sesuai Peraturan Menteri BUMN Nomor 2 Tahun 2005, pengurus partai politik tak diperbehkan menjabat sebagai direksi dan komisaris BUMN. 

Pada 2005-2010, Arif menjabat sebagai Ketua DPP PDIP periode 2005-2010. Kemudian, ia menjabat sebagai Wakil Ketua Fraksi PDIP di MPR RI 2009-2013. Selain itu, Arif juga menjabat sebagai Direktur Eksekutif the Megawati Institute. Pada November 2019 lalu, Arif juga masuk dalam jajaran staf khusus presiden.

Baca Juga: BRI Rombak Komisaris dan Direksi, Ada Politikus PDIP Dwi Ria Latifa 

2. Dwi Ria Latifa

Deretan Politisi yang Duduk sebagai Komisaris BUMN Selain AhokGedung BUMN. IDN Times/Indiana Malia

Dwi Ria Latifa adalah politikus dari partai PDIP. Perempuan kelahiran Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau, 2 Desember 1966 itu pernah menjabat sebagai anggota DPR RI periode 2014-2019.

Sebelum terjun di kancah perpolitikan, Dwi Ria Latifa sempat bergabung dengan kantor pengacara Elza Syarief pada 1991. Tak lama setelah itu, ia mendirikan kantor pengacara dan konsultan hukum sendiri dengan nama "Ria Latifa dan Partner" pada 1992. Ia juga pernah mencalonkan diri sebagai pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada tahun 2010.

Kini, Dwi Ria Latifa menjabat sebagai komisaris independen Bank Rakyat Indonesia Tbk. Hal itu telah disahkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta, Selasa (18/2).

3. Zulnahar Usman

Deretan Politisi yang Duduk sebagai Komisaris BUMN Selain AhokIDN Times/Auriga Agustina

Sama seperti Dwi Ria Latifa, Zulnahar Usman juga menjabat sebagai komisaris independen Bank BRI. Sebelumnya, Zulnahar merupakan Bendahara Umum Partai Hanura. Ia juga tercatat sebagai anggota Komite Ekonomi dan Industri (KEIN) 2016-2020.

4. Pataniari Siahaan

Deretan Politisi yang Duduk sebagai Komisaris BUMN Selain AhokDok. IDN Times

Pataniari Siahaan adalah politikus PDIP yang didapuk sebagai komisaris independen di PT Bank Negara Indonesia (Persero). Hal itu diputuskan dalam RUPS tanggal 17 Maret 2015.

Sebelumnya, Pataniari menabat sebagai anggota DPR RI periode 2004-2009 dan 1999-2004. Pada pemilihan anggota parlemen 2014, ia kembali mencalonkan diri. Namun, ia tak lolos ke senayan.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Catat! Tiket Pesawat Terbang Dapat Diskon 40 Persen Selama 3 Bulan

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya