TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

BI Purwokerto Siap Gelar Karya Kreatif Serayu 2024

Dolan Nyaman, becer aman, mayuh go digital

Kepala perwakilan bank Indonesia Purwokerto, Christoveny (tengah) saat membeberkan soal karya kreatif serayu, Rabu (17/7/2024).(IDN Times/Cokie Sutrisno)

Banyumas, IDN Times - Kantor perwakilan BI Purwokerto akan menyelenggarakan kegiatan Karya Kreatif Serayu (KKS) 2024 dimana salah satu kegiatannya ada QRIS Purwokerto Run untuk rute 5K dan 10K.

Kepala perwakilan Bank Indonesia Purwokerto, Christoveny kepada IDN Times menjelaskan program KKS 2024 seretak dilakukan di 4 kabupaten wilayah kerja yakni Banyumas, Cilacap, Banjarnegara, dan Purbalingga.

"Upaya ini dilakukan oleh Bank Indonesia pun menyentuh aspek hulu ke hilir pengembangan UMKM, mulai dari peningkatan kualitas produksi, aktivasi produk, pemasaran, hingga promosi," katanya.

Baca Juga: Kisah Mahasiswa Tuna Rungu yang Lulus Sarjana di UIN Saizu Purwokerto

1. Mendorong penggunaan qris

Karya kreatif serayu 2024 di Banyumas raya diharapkan mampu meningkatkan pembayaran menggunakan qris, Rabu (17/7/2024).(IDN Times/Cokie Sutrisno)

Pihak BI Purwokerto mendorong penggunaan QRIS sebagai metode pembayaran tunai kita yang cepat, mudah, murah, aman dan handal.

"Dulu KKS ini dilaksanakan indoor namun saat ini digelar outdoor untuk mendorong gerakan nasional,"katanya.

Karya Kreatif Serayu (KKS 2024) merupakan kegiatən tahunan sebagal wadah untuk mendukung gerakan nasional bangga buatan Indonesla(GBBI), gerakan bangga wisata Indonesia (GBWI), dan festival ekonomi keuangan dIgital Indonesla (FEKDI), serta road to karya kreatif Indonesla (KKI).

2. Kenalkan UMKM kualitas ekspor

Christoveny juga menjelaskan KKS tahun 2024 mengangkat tema besar yakni "Dolan Nyaman, becer aman, mayuh go digital kanggo Banyumas Raya tumbuh berkelanjutan" dan akan dilaksanakan pada tanggal 20-21 Jull 2024 đi area menara teratai Purwokerto.

"Kegiatan ini juga untuk memperkenalkan pelaku UMKM yang memilikl produk dan kualitas potensi ekspor kepada stakeholder dan masyarakat dan sebagal sarana showcase kepada pelaku UMKM untuk mempromosikan produk-produk unggulannya"jelasnya.

Selaij itu juga untuk mendorong
peningkatan konsumsi, meningkatkan penjualan produk lokal, serta menjadi event tahunan yang dapat dijadikan sebagal sarana showcase, capacity building, dan business matching UMKM di wilayah eks karesidenan Banyumas.

3. Diikuti 100 UMKM unggulan banyumas

Literasi keuangan digital, salah satu agenda dalam KKS 2024 untuk 100 umkm unggulan.(IDN Times/Foto : ilustrasi/ojk.go.id

Dalam KKS 2024 beberapa rangkaian untuk menghibur dan menambah wawasan akan digelar talkshow live selling peluang UMKM untuk sukses go digital, business matching UMKM, sub DMPD rupiah soundfest, festival kenthongan, showcasing UMKM, talkshow literasİ keuangan digital dan perlindungan konsumen, dan lainnya.

"Karya kreatif serayu merupakan lanjutan dari kegiatan yang pertama kali dilaksanakan tahun 2023, tahun ini akan diikuti oleh 100 UMKM unggulan yang berasal dari seluruh Banyumas Raya,"tambah Christoveny.

Sedangkan produk UMKM yang akan dipromosikan dalam kegiatan ini meliputi makanan, minuman, batik banyumasan, fashion ready to wear, aneka kerajinan tangan, dan produk unggulan UMKM lainnya.

4. Road to karya kreatif Indonesia

KKS di Banyumas raya digelar untuk menunu karya kreatif Indonesia.(IDN Times/Cokie Sutrisno)

KKS 2024 diselenggarakan sebagai bagian dari road to karya kreatif Indonesia (KKI) yang akan diselenggarakan pada bulan Agustus mendatang di Jakarta.

Kegiatan KKI sendiri merupakan program flagship pengembangan UMKM Bank Indonesia yang telah berlangsung sejak tahun 2016.

Kegiatan road to KKI tersebut diharapkan mampu meningkatkan efektivitas upaya penguatan promosi produk UMKM di tingkat pusat dan daerah sehingga memiliki daya saing yang baik di tengah tingginya disrupsi produk dari luar negeri.

Baca Juga: APPSI Janji Salurkan Dana Bergulir Bagi Pedagang Pasar Wage Purwokerto

Berita Terkini Lainnya