Comscore Tracker

8 Makanan yang Bagus Untuk Pengidap HIV/AIDS, Ada Aturannya Lho

Gizinya harus diperhatikan banget nih

HIV adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Jika gak segera ditangani, HIV bisa berkembang menajdi AIDS yang lebih membahayakan. Berikut adalah delapan bahan makanan yang bagus untuk mencukupi nutrisi pengidap HIV.

Baca Juga: Bukan HIV/AIDS, 10 Penyakit Ini Ternyata Lebih Mematikan!

1. Daging ayam tanpa kulit

8 Makanan yang Bagus Untuk Pengidap HIV/AIDS, Ada Aturannya Lhofreepik/jcomp

Protein sangat penting bagi pengidap HIV/AIDS, namun jumlahnya tetap harus diperhatikan. Salah satu sumber protein sehat adalah daging ayam tanpa kulit, biasanya bagian dada. Olah dengan cara direbus atau dipanggang, hindari penggunaan minyak berlebih.

2. Telur rebus

8 Makanan yang Bagus Untuk Pengidap HIV/AIDS, Ada Aturannya Lhounsplash.com/Jakub Kapusnak

Takaran protein yang dibutuhkan oleh pengidap HIV/AIDS berada di kisaran 100-150 gram per hari. Sumber protein sehat lainnya yang bisa jadi pilihan adalah telur. Mengonsumsi 1-2 telur rebus per hari baik untuk memenuhi kebutuhan protein.

3. Susu

8 Makanan yang Bagus Untuk Pengidap HIV/AIDS, Ada Aturannya LhoPexels/Engin Akyurt

Kandungan gizi dalam susu juga baik untuk kesehatan. Ada protein, lemak, dan mineral yang mampu membantu melancarkan regenerasi sel serta menjaga kesehatan tulang.

4. Ikan laut

8 Makanan yang Bagus Untuk Pengidap HIV/AIDS, Ada Aturannya Lhofreepik/bearfotos

Gak cuma protein, beberapa jenis ikan laut mengandung lemak sehat omega-3. Bahan makanan yang satu ini juga baik dikonsumsi oleh pengidap HIV/AIDS. Kandungan gizi di dalamnya bisa membantu mempercepat perbaikan jaringan yang rusak dalam tubuh.

5. Alpukat

8 Makanan yang Bagus Untuk Pengidap HIV/AIDS, Ada Aturannya Lhopixabay.com/coyot

Mengolah bahan makanan untuk pengidap HIV/AIDS usahakan minim minyak. Jika memerlukan minyak, pilih yang berasal dari biji-bijian karena lemaknya lebih sehat.

Selain itu, lemak sehat juga bisa didapatkan dari alpukat. Buah bertekstur lembut dengan cita rasa lezat ini bisa diolah menjadi berbagai makanan lho.

6. Jambu biji

8 Makanan yang Bagus Untuk Pengidap HIV/AIDS, Ada Aturannya Lhopixabay/Liguoze

Buah dengan kadar vitamin C tinggi baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Salah satunya didapat dari jambu biji. Bisa dimakan langsung atau diolah menjadi jus jambu agar lebih mudah dikonsumsi.

7. Sayuran hijau

8 Makanan yang Bagus Untuk Pengidap HIV/AIDS, Ada Aturannya LhoPexels.com/Zamani Sahudi

Jangan lupakan kebutuhan serat dan vitamin yang sangat melimpah pada sayuran hijau. Perhatikan pengolahannya ya, sayuran hijau gak perlu dimasak terlalu lama agar gak menghilangkan kandungan gizinya.

8. Sumber karbohidrat kompleks

8 Makanan yang Bagus Untuk Pengidap HIV/AIDS, Ada Aturannya Lhowww.fitnessspell.com

Gak ada larangan makan nasi atau roti putih, namun lebih baik mengonsumsi karbohidrat kompleks untuk menjaga kesehatan. Apalagi pengidap HIV/AIDS lebih rentan terkena penyakit mengingat sistem kekebalan tubuhnya yang terganggu oleh virus.

Karbohidrat kompleks bisa didapat dari gandum utuh, beras merah, atau oatmeal. Biar lebih berselera, padukan dengan olahan sayur dan lauk favorit.

 

Tanggal 1 Desember diperingati sebagai Hari Aids Sedunia. Yuk, tunjukkan kepedulian kita pada pengidap HIV/AIDS di sekitar. Jangan lupa jaga kesehatan diri sendiri juga, ya!

Baca Juga: 5 Hal Ini Sebenarnya Paling Diharapkan oleh Seorang Bridesmaids

Topic:

  • Dian Septi Arthasalina
  • Bandot Arywono

Just For You