Comscore Tracker

5 Kuliner Magelang ini Bikin Lidah Penasaran, Awas Ketagihan Lho!

Gurih, manis, asin, sedap, bercampur jadi satu!

Kota Magelang merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah. Lokasinya berdekatan dengan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Karena letak geografi, banyak kuliner kedua daerah tersebut yang memiliki kesamaan.

Namun, tidak berlaku dengan lima kuliner khas Magelang yang istimewa di bawah ini. Selain bikin lidah penasaran, 5 kuliner berikut ini mungkin hanya bisa ditemui di Magelang. Sudah pernah cobain belum?

1. Nasi goreng magelangan

5 Kuliner Magelang ini Bikin Lidah Penasaran, Awas Ketagihan Lho!instagram.com/indra_pr

Nasi goreng magelangan terbilang istimewa karena menambahkan mi ke resep pembuatannya. Cita rasa yang tersaji pada kuliner istimewa ini cukup berbeda dari kebanyakan nasi goreng.

Di mana keberadaan ebi yang menjadi bumbu ciri khas yang sangat memengaruhi rasa serta aroma. Nasi goreng magelangan makin terasa nikmat karena keberadaan pelengkap seperti suwiran daging ayam, telur, tauge dan sawi.

2. Nasi lesah

5 Kuliner Magelang ini Bikin Lidah Penasaran, Awas Ketagihan Lho!instagram.com/lesah_masbre

Keistimewaan pertama yang ada pada nasi lesah terletak pada cara penyajiannya, yang mana disajikan pada piring. Keistimewaan kedua ada pada cita rasanya yang unik dan berbeda.

Nasi lesah serupa dengan soto namun menggunakan kuah santan. Isi dari nasi lesah terdiri dari bihun, telur rebus, suwiran daging ayam, dan taoge. Irisan tahu bacem menjadi isian identik dari nasi lesah yang jarang kamu temukan pada kuliner sejenis.

Baca Juga: Cicip Kuliner Legendaris Solo Nasi Liwet Bu Wongso Lemu, Gurih Pol!

3. Blendrang

5 Kuliner Magelang ini Bikin Lidah Penasaran, Awas Ketagihan Lho!instagram.com/blendrang.busri

Blendrang masuk dalam kategori bubur. Kuliner istimewa asal Magelang, ini berbahan dasar dari tepung gandum. Teksturnya mirip dengan sup krim yang kental dan memiliki rasa gurih kaya rempah.

Menariknya, blendrang dilengkapi bukan dengan suwiran atau potongan daging melainkan tulang. Pilihan tulang untuk dinikmati bersama bubur beragam. Bisa tulang sapi, kambing, atau ayam.

4. Sup empal

5 Kuliner Magelang ini Bikin Lidah Penasaran, Awas Ketagihan Lho!instagram.com/sop_empal_iga_maspur

Empal goreng yang disantap bersama nasi dan sambal, sudah nikmat sekali rasanya. Bagaimana dengan sup empal? Lezatnya dijamin bikin gak menyesal pernah menikmatinya!

Sup empal memiliki komposisi terdiri dari empal goreng yang disuwir-suwir, bihun, dan irisan kubis. Kuah dari sup empal memang bening, tapi rasa gurihnya bikin lidah kesengsem begitu menyuapkannya ke dalam mulut bersama nasi putih.

5. Sup senerek

5 Kuliner Magelang ini Bikin Lidah Penasaran, Awas Ketagihan Lho!instagram.com/sitaracharlina

Selain sup empal, sup senerek juga masuk ke dalam daftar kuliner istimewa lho! Bagaimana tidak? Sup nan lezat ini kaya akan rasa kaldunya yang terasa sekali di lidah. Isi dari sup senerek juga terbilang unik karena menghadirkan bayam dan kacang merah.

Dilengkapi pula oleh daging dan potongan wortel, sup senerek menjadi makanan mengenyangkan nan istimewa yang wajib untuk dicicipi bila pelesiran ke Magelang.

Itu tadi lima kuliner istimewa khas Magelang yang bikin lidah jadi penasaran dengan rasanya. Tak hanya istimewa, kuliner unik di atas mungkin hanya bisa kamu jumpai di Kota Magelang saja! Sebab itu, jangan lupa untuk menjajal satu per satu kuliner istimewa di atas setibanya di Magelang, ya.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Tifani Topan di IDN Times Community dengan judul 5 Kuliner Istimewa Khas Magelang yang Bikin Lidah Penasaran, Berbeda!

Baca Juga: 5 Kuliner Unik ini Cuma Bisa Ditemukan di Blora, Maknyus Lur!

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya