Comscore Tracker

5 Kuliner Unik ini Cuma Bisa Ditemukan di Blora, Maknyus Lur!

Semua kuliner ini bikin lidah penasaran!

Kabupaten Blora terletak di Provinsi Jawa Tengah. Jarang terekspos, membuat banyak dari kita yang tidak mengenal daerah Blora. Padahal kabupaten tersebut menyuguhkan banyak wisata menarik untuk dikunjungi, khususnya kuliner.

Blora memiliki kuliner unik yang mungkin kenikmatannya hanya bisa dirasakan ketika berkunjung ke kabupaten itu. Wah, kuliner apa saja itu yang dimaksud? Ini dia daftarnya!

1. Soto klethuk

5 Kuliner Unik ini Cuma Bisa Ditemukan di Blora, Maknyus Lur!instagram.com/sotoklethukbla_

Soto ini berisi suwiran daging ayam, sohun, irisan telur rebus, dan tauge. Keunikan soto ini yaitu taburan klethuk yang berenang di atas kuah soto nan lezat. Klethuk sendiri merupakan singkong rebus yang diiris dengan ukuran kecil kemudian digoreng.

Saat matang, singkong-singkong tersebut layaknya camilan pilus yang renyah sebagai pengganti kerupuk. Jangan tanya soal rasa! Baru meyeruput sesuap saja sudah terpancing untuk menghabiskan soto klethuk hingga bersih.

2. Satai sapi

5 Kuliner Unik ini Cuma Bisa Ditemukan di Blora, Maknyus Lur!instagram.com/jajansek.slur

Saat kamu memutuskan untuk menikmati satai sapi di Blora, jangan bingung jika tiba-tiba sang penjual memberimu satai lagi saat piring tinggal tusukan satai saja alias habis. Karena beberapa rumah makan yang menyediakan satai sapi berkonsep reload.

Bila habis, akan diisi kembali hingga kamu menyudahinya. Keunikan kedua terletak pada bumbu. Satai sapi khas Blora disajikan bersama bumbu yang terbuat dari tomat, cabai, merica, dan ketumbar serta kecap.

Baca Juga: 7 Tempat Makan di Solo yang Menawarkan Kuliner Khas, Wajib Mampir!

3. Lontong tahu

5 Kuliner Unik ini Cuma Bisa Ditemukan di Blora, Maknyus Lur!instagram.com/ lontongtahubloracitrarum

Yang bikin lontong tahu terasa spesial adalah penyajiannya yang diletakkan pada piring beralaskan daun jati. Memang mulai jarang, namun kamu masih dapat menemukan lontong tahu beralaskan daun jati di beberapa rumah makan.

Lontong tahu terdiri dari irisan lontong yang dilengkapi dengan tahu goreng serta tauge. Sebagai pendobrak rasa, lontong tahu khas Blora diguyur dengan bumbu kacang.

4. Sego kobong

5 Kuliner Unik ini Cuma Bisa Ditemukan di Blora, Maknyus Lur!instagram.com/ segokobongmak

Sego berarti nasi, sedangkan kobong bila diterjemahkan ke bahasa Indonesia berarti bakar. Ya, sego kobong tak lain adalah nasi bakar khas Blora. Tak hanya memiliki aroma harum yang menggugah nafsu makan.

Sego kobong dilengkapi pula dengan lauk yang bikin air liur menetes seperti lezatnya pindang, ayam, cumi hingga jamur. Dijamin bikin bingung memilih deh!

5. Es jati

5 Kuliner Unik ini Cuma Bisa Ditemukan di Blora, Maknyus Lur!instagram.com/jalanmangan's

Sudah umum, menikmati minuman terbuat dari buah-buahan. Tapi pernah tidak, menghabiskan segelas minuman segar terbuat dari daun jati muda? Kuliner unik berupa minuman tersebut, dapat kamu jajal ketika pelesiran ke Blora.

Es jati terbuat dari ujung daun jati mudah yang kemudian dikombinasikan dengan gula jawa. Tak hanya menghasilkan aroma harum, es jati juga memiliki rasa yang khas lho!

Itu tadi lima kuliner unik yang mungkin hanya bisa kamu jumpai di Blora. Setibanya di kabupaten nan menawan tersebut, jangan lupa untuk mencicipinya satu per satu serta membawa pulang tapai sugihan, abon lele atau kue gendu sebagai oleh-oleh.

Baca Juga: 5 Serba-serbi Tahok, Kuliner Nikmat dan Hangat dari Kota Surakarta

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Tifani Topan di IDN Times Community dengan judul 5 Kuliner Unik yang Mungkin Hanya Bisa Kamu Temukan di Blora, Maknyus!

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya