Comscore Tracker

5 Cara Membuat Saus Barbeque, untuk Bakaran Daging Sapi dan Kambing

Rasanya gak kalah lezat daripada yang dijual

Saus barbeque merupakan salah satu varian saus yang cukup populer untuk menu bakar-bakaran. Biasanya saus barbeque akan dioleskan pada bahan makanan yang akan dibakar untuk memberikan sensasi rasa dan aroma tersendiri. Tak heran bila kemudian kamu bisa membuatnya secara mudah di rumah, lho.

Bila kamu ingin segera membuatnya, yuk ketahui tips berikut ini.

Baca Juga: Resep Bakso Bakar, Cara Membuat Olahan Daging Sapi di Hari Idul Adha 

1. Persiapkan bahan-bahan saus barbeque

5 Cara Membuat Saus Barbeque, untuk Bakaran Daging Sapi dan Kambingthespruceeats.com

Seperti halnya membuat saus lain, tentu saja barbeque memiliki bahan-bahan tersendiri yang patut kamu persiapkan. Bahan-bahan tersebut antara lain seperti minyak, bawang bombai, bawang merah, bawang putih, gula palem, saus tomat, cuka, kecap inggris, merica, garam, dan kaldu sapi. Pastikan memilih bahan-bahan yang berkualitas agar hasil cita rasanya pun lebih maksimal.

2. Cara membuat saus barbeque, tumis semua bahan terlebih dahulu

5 Cara Membuat Saus Barbeque, untuk Bakaran Daging Sapi dan Kambingcookingchew.com

Proses selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menumis minyak, paprika, dan aneka bawang hingga layu. Nantinya, baru kamu bisa menambahkan beberapa bahan lain untuk ditumis bersama. Pastikan jangan sampai gosong selama proses pengolahan saus.

3. Gunakan api sedang

5 Cara Membuat Saus Barbeque, untuk Bakaran Daging Sapi dan Kambingcooking.nytimes.com

Dalam menbuat saus barbeque, proses penumisan hingga memasukan semua bahan disarankan untuk menggunakan api sedang. Nantinya api sedang akan membantu mematangkan olahan secara merata. Dengan begitu, maka saus barbeque pun akan matang dengan sempurna.

4. Simpan di dalam wadah bersih

5 Cara Membuat Saus Barbeque, untuk Bakaran Daging Sapi dan Kambingmountainfeed.com

Untuk proses pengawetan alami sekaligus menjaga kualitas dan cita rasa dari saus barbeque, maka kamu dapat menuangkannya di dalam wadah khusus. Wadah tersebut dapat berupa wadah kaca yang telah disterilkan terlebih dahulu. Dengan begitu, maka saus barbeque pun dapat lebih higenis dan tahan lama.

5. Saus barbeque siap digunakan sebagai olesan

5 Cara Membuat Saus Barbeque, untuk Bakaran Daging Sapi dan Kambingmeatslayerbbq.com

Setelah semua langkah telah dilakukan, maka saus barbeque pun telah siap digunakan. Nantinya saus barbeque akan dijadikan olesan pada aneka bahan makanan seperti daging atau ikan. Saus tersebut akan memberikan sensasi rasa yang lezat dan meresap.

Itulah cara membuat saus barbeque, cukup mudah membuat saus barbeque di rumah selama proses pengolahannya tepat dengan bahan-bahan yang juga berkualitas. Catat cara-caranya, ya!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Abdi K Tresna di IDN Times Community dengan judul 5 Tips Membuat Saus Barbeque Sendiri di Rumah, Bisa untuk Menu Bakaran

Baca Juga: 5 Tips Membuat Saus Barbeque Sendiri di Rumah, Bisa untuk Menu Bakaran

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya