Comscore Tracker

Tips Praktis Masak Rendang ala Rumah Makan Padang, Bikin Lebih Awet

Hidangan istimewa saat hari raya

Rendang merupakan makanan khas Sumatera Barat yang menjadi salah satu makanan terenak di dunia. Selain rasanya yang khas, rendang juga dikenal tahan lama. Pemilihan bahan hingga cara menyimpan, jadi faktor yang menentukan seberapa tahan lama masakan rendang kita.

Bagaimana caranya agar masakan rendang kita lebih tahan lama, berikut tips praktis dan sederhana ala rumah makan Padang yang bisa kalian tiru di rumah agar rendah bisa jadi lebih awet.

Baca Juga: Resep Rendang Sapi Ala Rumah Makan  Padang! Bumbu dan Bahan-bahannya 

1. Masak rendang dengan menggunakan santan dari kelapa tua

Tips Praktis Masak Rendang ala Rumah Makan Padang, Bikin Lebih Awetpexels.com/tioroshi-lazaro

Penggunaan santan ketika memasak rendang, mempengaruhi masakan rendang kita jadi lebih tahan lama.

Rumah makan Padang selalu menggunakan santan dari kelapa tua untuk menjaga kualitas. Selain rasanya lebih lezat, santan dari kelapa tua juga membuat rendang lebih harum dan juga tahan lama karena minyaknya berfungsi sebagai pengawet alami.

2. Gunakan bahan dan bumbu yang segar

Tips Praktis Masak Rendang ala Rumah Makan Padang, Bikin Lebih Awetbeepdo.com

Masakan rendang yang sempurna dihasilkan dari proses memasak yang panjang, serta bahan-bahan segar berkualitas.

Pilihlah bumbu dan rempah yang segar, serta potongan daging yang berkualitas supaya lebih awet secara alami. Meskipun kalian bisa gunakan teknik vakum untuk membuat rendang lebih awet, bahan yang segar juga diperlukan.

3. Masak hingga kering

Tips Praktis Masak Rendang ala Rumah Makan Padang, Bikin Lebih Awetinstagram.com/yux.mamam

Rendang yang dimasak hingga kering memiliki daya tahan yang lebih baik dibandingkan rendang yang basah. Tentu saja proses memasak rendang kering juga membutuhkan waktu yang lebih lama dari rendang basah.

Untuk memasak rendang kering, bumbu dan santan harus dimasak serta diaduk terus menerus hingga kering dan meresap ke dalam daging.

4. Menyimpan di wadah kedap udara

Tips Praktis Masak Rendang ala Rumah Makan Padang, Bikin Lebih Awetinstagram.com/sigadih_minang

Menyimpan rendang yang sudah masak lebih baik menggunakan wadah bersih yang kedap udara dan tertutup rapat.

Jika kalian ingin menyantap rendang tersebut dalam beberapa hari ke depan, simpanlah dalam wadah tadi di lemari pendingin. Sebaiknya hindari rendang dari makanan lain yang beraroma tajam, karena dapat mempengaruhi kualitas rendang.

5. Biarkan dingin sebelum disimpan

Tips Praktis Masak Rendang ala Rumah Makan Padang, Bikin Lebih Awetinstagram.com/dapursurirumah

Hindari menyimpan rendang dalam keadaan panas, terlebih jika baru saja masak. Diamkan dulu selama beberapa jam dalam suhu ruangan, untuk menjaga kualitas rendang.

Jangan langsung memasukkan rendang pada kondisi yang masih panas ke dalam wadah tertutup. Rendang bisa disimpan selama 3 hari bahkan dapat bertahan seminggu untuk yang kering. 

Itulah tips praktis memasak rendang agar lebih awet dan tahan lama. Ternyata mudah ya memasak rendang ala restoran Padang.

Kalian bisa menikmati masakan rendang selama beberapa hari ke depan, untuk menikmati suasana lebaran dengan hidangan istimewa.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Begras Satria di IDN Times Community dengan judul Tips Sederhana Masak Rendang ala Restoran Padang, Bikin Lebih Awet

Baca Juga: Tips Sederhana Masak Rendang ala Restoran Padang, Bikin Lebih Awet

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya