Comscore Tracker

Trending Klepon Tidak Islami, Resep Klepon Legit Cuma Butuh 5 Bahan

Jajanan tradisional yang cocok disajikan saat akhir pekan

Warganet digegerkan dengan tulisan tentang jajanan tradisional klepon tidak islami. Social media twitter hingga google trend kata kunci klepon tidak islami jadi pembahasan.

Sontak gambar tersebut menuai komentar-komentar penentangan hingga lucu.
Akibatnya, bermacam tagar bermunculan, mulai dari #klepon, #kleponhits, #kleponsyariah, hingga #saveklepon.

Klepon sendiri merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang diperkirakan sudah ada sejak tahun 1950. Kue yang satu ini kerap ditemui di pasar-pasar tradisional.  

Kue unik dengan bentuk bulat ini memang menjadi favorit, sebab rasanya menggugah selera dengan sensasi lelehan gula merah begitu digigit. Kenalan yuk, dengan penganan yang berbahan dasar tepung ketan ini.

Klepon telah ada sejak tahun 1950an, konon klepon ini diperkenalkan oleh indo-imigran dan berasal dari kota Pasuruan, Jawa Tengah. Jajanan ini kerap menjadi menu di restoran Indonesia-Belanda dan juga etnis Tionghoa.

Klepon yang merupakan jajanan khas Indonesia harus dijaga baik resep asli dan kelestariannya. Meski telah banyak bermunculan kue dan roti yang berasal dari mancanegara, pastinya klepon tetap memiliki tempat bagi pecinta jajanan tradisional.

Legitnya perpaduan beras ketan menyatu sempurna dengan lelehan gula merah dan kelapa. Buat kamu yang ngidam menikmati enaknya kue basah ini, ini enam tips membuat klepon legit yang cuma butuh lima bahan saja!

Baca Juga: 5 Resep Mudah dan Simpel Bikin Klepon ala Yummy yang Super Enak

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue klepon

Trending Klepon Tidak Islami, Resep Klepon Legit Cuma Butuh 5 Bahancaramembuat.id

Membuat klepon tidak membutuhkan banyak bahan, kamu hanya perlu menyiapkan lima bahan utama yaitu, tepung beras, tepung ketan, gula jawa, santan dan kelapa parut. Untuk bahan pelengkap dibutuhkan garam, gula, air serta perasa pandan. 

2. Pilih dan masak kelapa dengan tepat

Trending Klepon Tidak Islami, Resep Klepon Legit Cuma Butuh 5 Bahanastromesin.com

Untuk mendapatkan rasa klepon yang pas dan seperti olahan jajanan tradisional di pasaran, gunakan parutan kelapa muda.

Kelapa muda akan memberi rasa gurih dan bertekstur sangat lembut saat dimakan. Kelapa juga perlu dimasak dengan tepat, gunakan sejumput garam saat dikukus selama kurang lebih 15 menit.

3. Jangan terlalu banyak memberi isian gula di dalam klepon agar tidak mengganggu saat disantap

Trending Klepon Tidak Islami, Resep Klepon Legit Cuma Butuh 5 Bahanbukalapak.com

Klepon punya daya tarik lelehan gula merah yang mencuat ketika digigit. Karena itu sebaiknya kamu memberi isian gula yang pas agar tidak menggangu saat disantap. Potong gula merah menjadi kotak-kotak kecil yang berukuran setidaknya 1 cm. 

4. Hindari merebus adonan terlalu lama

Trending Klepon Tidak Islami, Resep Klepon Legit Cuma Butuh 5 Bahanmmamir38.wordpress.com

Klepon yang telah dibentuk bulatan hijau kemudian direbus hingga matang dan mengambang ke permukaan.

Agar klepon tidak hancur dan terlalu lembek pastikan memasukan adonan saat air mendidih. Rebus selama maksimal 5 menit dan lalu tiriskan dan baluri dengan kelapa yang sudah dikukus sebelumnya.

5. Sediakan sajian pendamping biar makin nikmat

Trending Klepon Tidak Islami, Resep Klepon Legit Cuma Butuh 5 Bahaninstagram.com/valen_cake_58

Klepon paling nikmat dijadikan camilan sore saat berkumpul bersama keluarga. Jangan lupa untuk menyajikan bersama teh hangat atau minuman jahe. Dengan proses pembuatan kurang lebih dari 30 menit kamu sudah bisa menyantap jajanan tradisional ini sendiri di rumah. 

Tanpa bahan pengawet atau perwarna berbahaya klepon ini aman dikonsumsi berbagai kalangan usia. Selamat mencoba!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Alee Shaby di IDN Times Community dengan judul 5 Tips Membuat Klepon yang Legit dan Murah Meriah, Cuma Butuh 5 Bahan!

Baca Juga: Resep Bikin Klepon Cake ala Farah Quinn untuk Camilan Keluarga Spesial

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya