TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Makanan yang Membantu Memutihkan Gigi

Mengandung enzim dan zat yang dapat membersihkan noda gigi

ilustrasi susu (pexels.com/Acharaporn Kamornboonyarush)

Intinya Sih...

  • Stroberi mengandung asam malat yang ampuh memutihkan gigi dan meningkatkan produksi liur
  • Semangka memiliki lebih banyak asam malat daripada stroberi, bersifat membersihkan dan mencerahkan gigi
  • Nanas, pepaya, dan susu mengandung enzim atau zat yang dapat membersihkan noda pada gigi secara alami

Perubahan warna pada gigi terjadi saat lapisan luar gigi atau emailnya berubah warna. Hal ini disebabkan oleh gaya hidup kita termasuk pola makan sehingga pergi menjadi menguning. 

Banyak sekali produk yang dari pasta gigi pemutih, trip atau gel sekaligus perawatan pemutihan gigi profesional dari dokter. Namun produk tersebut dan perawatannya bisa saja sangat mahal serta mengandung bahan kimia yang dapat merusak gigi dan gusi.

Jika kamu ingin memutihkan gigi tanpa bahan kimia carilah pengobatan secara alami yaitu dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan yang dapat mengurangi noda pada gigi. Efeknya memang sebagian besar hanya anekdot dan teoritis saja, namun tidak ada salahnya untuk mencobanya. Nah, berikut ini beberapa makanan yang membantu memutihkan gigi:

1. Stroberi

Kandungan asam malat pada stoberi mempunyai sifat pemutih yang ampuh sehingga membantu mencerahkan gigi. Selain itu, asam malat dapat meningkatkan produksi liur orang yang memiliki masalah mulut kering.

Nah, air liur tersebut dapat melindungi gigi dari kerusakan, seperti perubahan warna. Sebab, fungsinya yang bisa membuang sisa makanan dan kotoran.  

2. Semangka

Makanan yang dapat memutihkan gigi selain stoberi adalah semangka. Bahkan buah ini mengandung lebih banyak kesamalah dibandingkan stoberi. Sebagaimana yang disebutkan kalau asam malat berperan untuk mencerahkan gigi dan meningkatkan produksi air liur. 

Selain itu, tekstur semangka yang berserat dapat membersihkan gigi, dan membantu menghilangkan nodanya. Hanya saja, belum ada bukti ilmiah yang mendukung klaim tersebut. 

Baca Juga: 5 Tanaman Pengusir Lalat Buah, Bisa Ditanam di Dalam Rumah! 

3. Nanas

Cara memutihkan gigi secara alami bisa dengan memanfaatkan enzim proteolitik pada nanas. Enzim proteolitik disebut juga bromelain. Enzim proteolitik ini dapat memecah protein, termasuk protein yang ada di lapisan pelikel gigi.

Gigi kamu ditutupi oleh pelikel, atau lapisan protein saliva. Fungsi lapisan ini memberikan proteksi terhadap gigi, tetapi juga menyerap pigmen dari makanan. Hal ini menjadi penyebab noda pada gigi. 

Selain itu, lapisan pelikel juga menjadi tempat menempelnya bakteri. Bila bakteri menumpuk, membangun plak dan menyebabkan perubahan warna gigi.

Oleh karena itu, jika kamu mengkonsumsi nanas yang mengandung zat pemecah lapisan pelikel tersebut maka noda pada gigi akan bersih. Efeknya, gigi akan menjadi lebih putih jika kamu rutin mengonsumsinya.

4. Pepaya

Selain nanas, pepaya juga menjadi salah satu buah yang dapat menjadi makanan pemutih gigi. Pepaya sama dengan nanas memiliki kandungan enzim proteolitik. 

Enzim papain dalam pepaya dapat memecah protein, yang merusak lapisan pelikel. Membantu mengurangi noda dan melindungi dari pembentukan plak.

5. Susu

Asam laktat pada susu juga dapat memutihkan email gigi. Susu berfungsi merangsang produksi air liur, yang dapat membantu membersihkan bakteri penyebab gigi berlubang.

Selain asam laktat, kasein yang merupakan protein pada susu, dapat mencegah noda. Kasein merekrut kalsium fosfat untuk memperbaiki gigi berlubang dan mencegah penumpukan plak.

Kasein juga mengikat polifenol dalam teh, yang mencegah tanin menempel pada gigi dan menyebabkan noda. Selain susu kamu juga bisa mengonsumsi produk susu seperti  keju dan yoghurt, kandungan asam laktat dan kasein di dalamnya juga mungkin manfaat yang serupa.

Jika kamu belum sering mengonsumsi makanan yang dapat memutihkan gigi ini, mungkin bisa dicoba dan dirutinkan. Jangan berharap ada hasil yang cepat dan instan ya, perawatan alami dalam memutihkan gigi lumayan membutuhkan kesabaran untuk hasil lebih baik, buat perubahan pola makan dengan menghindari makanan panas, kopi dan teh agar hasilnya maksimal.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Sikat Gigi Sebelum Tidur

Verified Writer

Risa Fitriana

Content Writer | IG @fitrianrysaa_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya