Comscore Tracker

5 Jenis Olahraga yang Nyaman Kamu Lakukan Saat Puasa Ramadan

Olahraga ringan yang tak menguras stamina

Mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar salah satunya yakni dengan cara olahraga.Jika di hari biasa kita dapat berolahraga tanpa khawatir menguras stamina, lain halnya di bulan puasa atau bulan Ramadan.

Selama bulan puasa kita harus menahan lapar dan haus dari subuh hingga maghrib. Lalu selama Ramadan apakah olahraga juga harus terhenti? justru dengan olahraga bisa membuat kita lebih kuat dalam menjalankan segala aktivitas. Saat Ramadan juga waktu yang tepat bagi yang ingin menurunkan berat badan, melakukan olahraga di bulan puasa juga untuk diet.     

Namun, saat sedang puasa banyak orang mengurangi segala aktivitas fisik termasuk olahraga, karena disebabkan saat puasa tubuh akan mengalami dehidrasi dan terasa lemas. Padahal olahraga sangat dianjurkan dan bisa dilakukan pada waktu tertentu dengan memilih jenis olahraga yang tepat. Olahraga saat puasa sebaiknya kapan dilakukan? 

IDN Times punya rekomendasi nih 5 jenis olahraga yang bisa kamu lakukan saat bulan puasa:

Baca Juga: Resep 10 Menu Buka Puasa Enak, Simple, Sehat dan Menggugah Selera

1. Jalan kaki atau jalan cepat

5 Jenis Olahraga yang Nyaman Kamu Lakukan Saat Puasa Ramadannpr.org

Jenis olahraga pertama yang bisa kamu lakukan adalah jalan kaki atau jalan cepat. Meski terlihat sangat mudah dilakukan, jalan kaki atau jalan cepat ini bisa membantu membakar kalorimu loh.

Daripada kamu malas-malasan dan hanya berdiam diri di rumah, alangkah baiknya kamu olahraga santai dengan jalan kaki atau jalan cepat ini. Tidak usah jauh-jauh, kamu bisa melakukannya di kompleks atau sekitar rumah. Kamu bisa melakukan saat sore hari sambil ngabuburit untuk menunggu waktu berbuka puasa. 

2. Jogging sambil ngabuburit

5 Jenis Olahraga yang Nyaman Kamu Lakukan Saat Puasa Ramadanmedibank.com.au

Jogging adalah jenis olahraga favorit yang sering dilakukan oleh banyak orang. Kamu bisa berlari-lari kecil di sekitar komplek rumah saja tetap juga menggunakan masker dan lakukan physical distancing ya di masa pandemik virus corona seperti sekarang ini.

Jogging sendiri memiliki segudang manfaat bagi tubuh mulai dari bisa membakar lemak, menurunkan berat badan, dan membuat badan serta pikiran lebih fresh.

Kamu bisa melakukan sekitar 20 hingga 30 menit di sore hari sambil menunggu waktu berbuka puasa. Eitsss.. tapi jangan terlalu berlebihan, karena akan berdampak tubuh merasa dehidrasi. Lakukan jogging dengan ritme yang santai dan ringan. 

3. Bersepeda

5 Jenis Olahraga yang Nyaman Kamu Lakukan Saat Puasa RamadanPexels/Nubia Navarro (nubikini)

Jenis olahraga selanjutnya adalah bersepeda. Sambil menunggu waktu berbuka puasa kamu bisa mengisi waktu dengan bersepeda santai sambil menikmati udara nyaman di sore hari.

Bersepeda juga bisa membuatmu lebih semangat dan membuat badanmu lebih bugar lho karena bersepeda akan mengencangkan otot-ototmu serta bisa menyehatkan jantung. 

4. Yoga

5 Jenis Olahraga yang Nyaman Kamu Lakukan Saat Puasa RamadanUnsplash.com/kike vega

Yoga adalah jenis olahraga yang paling cocok dilakukan saat bulan puasa. Ketika puasa kita terkadang merasa malas untuk keluar rumah untuk sekadar berolahraga. Dengan yoga kamu bisa melakukannya sendiri di rumah sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Rutin melakukan yoga  tidak hanya membuat tubuh menjadi bugar tetapi pikiran pun  menjadi lebih sehat. Kamu bisa melakukan gerakan-gerakan yoga yang tidak terlalu menguras tenagamu. 

5. Bowling

5 Jenis Olahraga yang Nyaman Kamu Lakukan Saat Puasa Ramadanunsplash/Karla Rivera

Olahraga selanjutnya adalah bowling. Walaupun olahraga ini tidak bisa kamu lakukan sendiri di rumah namun tidak ada salahnya loh kamu mencoba jenis olahraga yang satu ini.

Bowling adalah jenis olahraga ringan yang tidak terlalu banyak membutuhkan energi. Olahraga ini akan membantu tubuh kita agar tetap rileks dan energik. Selain itu bowling juga bagus untuk menguatkan otot tangan dan menjaga keseimbangan tubuh.

Itulah 5 rekomendasi jenis olahraga yang bisa kamu lakukan saat bulan puasa. Yuk, isi waktumu dengan berolahraga sehingga stamina kita saat puasa akan selalu terjaga. 

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Ruhil Sabrina di IDN Times Community dengan judul 5 Jenis Olahraga Ini Bisa Kamu Lakukan Saat Puasa Lho!

Baca Juga: 5 Minuman Buka Puasa untuk Penderita Diabetes, Takjil Rendah Gula

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya