Comscore Tracker

7 Kebiasaan Sederhana Meningkatkan Imun Tubuh Agar Bebas Virus Corona

Kebiasaan sederhana yang ampuh tangkal COVID-19

Wabah pandemi virus corona COVID-19 belum juga mereda, bahkan di Indonesia angka pasien positif COVID-19 menunjukkan kenaikan dari hari ke hari.

Belum ada obat atau vaksin untuk menyembuhkan COVID-19 ini, namun para ahli menyebutkan untuk meminimalisir penularan satu diantaranya caranya yakni meningkatkan imun tubuh.

Lalu bagaimana cara anda meningkatkan imun tubuh agar tetap sehat dan terbebas dari virus corona?

Cara terbaik untuk mencegah penularan virus ini adalah dengan meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh, dan salah satu caranya adalah dengan mengubah kebiasaan. Berikut ini beberapa kebiasaan sederhana yang ampuh untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Baca Juga: Gejala Virus Corona Tanda-tanda Terjangkit Corona dan Cara Pencegahan

1. Tertawa

7 Kebiasaan Sederhana Meningkatkan Imun Tubuh Agar Bebas Virus Coronaemmasdiary.co.uk

Tertawa atau perasaan gembira merupakan salah satu salah satu cara yang ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, seiring dengan meningkatnya suasana hati. Aktivitas sederhana ini mampu meningkatkan kadar antibodi dalam darah dan sel-sel darah putih yang menyerang dan membunuh bakteri dan virus.

Tertawa juga meningkatkan jumlah antibodi dalam lendir yang dibuat di dalam hidung dan saluran pernapasan, yang merupakan titik masuk bagi banyak kuman.

2. Konsumsi lemak sehat

7 Kebiasaan Sederhana Meningkatkan Imun Tubuh Agar Bebas Virus Coronafoodmatters.com

Beberapa jenis lemak sangat penting untuk membangun sel dan memproduksi prostaglandin, yaitu senyawa mirip hormon yang membantu mengatur respons sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi, seperti memproduksi sel darah putih untuk memerangi materi yang berbahaya bagi tubuh.

Akan tetapi, kamu tetap harus memilih lemak dengan hati-hati. Pilihlah lemak nabati tak jenuh serta hindari lemak jenuh dari makanan hewani karena dapat mengurangi kemampuan sel darah putih menjadi bakteri zap. Juga hindari lemak trans, yaitu lemak buatan berlabel "terhidrogenasi" atau "terhidrogenasi sebagian", yang sering ditemukan dalam makanan olahan dan makanan yang dipanggang, sebab jenis lemak ini dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh.

3. Rutin olahraga

7 Kebiasaan Sederhana Meningkatkan Imun Tubuh Agar Bebas Virus Coronaunsplash.com/@maddibazzocco

Sistem kekebalan tubuh merespons olahraga dengan memproduksi lebih banyak sel darah yang berperan menyerang bakteri. Melansir dari Reader's Digest penelitian menunjukkan bahwa orang yang berolahraga ringan lima atau enam kali dalam seminggu lebih kecil kemungkinan mengalami pilek dan sakit tenggorokan daripada orang yang tidak berolahraga

4. Cukup tidur

7 Kebiasaan Sederhana Meningkatkan Imun Tubuh Agar Bebas Virus CoronaFreepik/jcomp

Salah satu cara yang terbukti membuat tubuh senantiasa sehat adalah dengan istirahat dan tidur yang cukup. Menurut riset yang dilakukan oleh Harvard Health, waktu tidur ideal yang dibutuhkan oleh tiap individu adalah 7-9 jam setiap malam.

Saat kamu tidur, tubuh menggunakan waktu tersebut untuk melakukan pemulihan kritis dan perbaikan fungsi-fungsi penting, termasuk sistem kekebalan tubuh. Bahkan menurut studi yang dilakukan oleh Business Insider, satu tidur malam yang buruk saja dapat mengurangi sel kekebalan tubuh hingga 70 persen.

5. Jauhi rokok

7 Kebiasaan Sederhana Meningkatkan Imun Tubuh Agar Bebas Virus CoronaFreepik/freepik

Rokok dan nikotin memiliki dampak buruk untuk sistem kekebalan tubuh. Orang yang menggunakan tembakau juga berisiko tinggi mengalami masalah kesehatan, seperti kanker paru-paru, asma, stroke, dan serangan jantung.

Bagi individu yang merupakan perokok aktif dan merasa kesulitan untuk berhenti dari kebiasaan merokok, disarankan untuk berkonsultasi dengan praktisi kesehatan untuk membantu berhenti dari kebiasaan merokok.

6. Sering-sering mencuci tangan

7 Kebiasaan Sederhana Meningkatkan Imun Tubuh Agar Bebas Virus CoronaPixabay

Cuci tangan sesering mungkin adalah cara sederhana dan efektif untuk mencegah penyebaran infeksi pernafasan, seperti pilek, flu, coronavirus, diare, dan kondisi infeksi lainnya. Sebab, kuman-kuman mudah ditularkan dari orang satu ke orang lain ketika. melakukan kontak satu sama lain. Kemudian kuman ini sangat mudah berpindah dari tangan ke tubuh dan membuatmu sakit saat kamu menyentuh hidung, mata, dan mulut.

World Health Organization menyarankan agar kita semua mencuci tangan dengan sabun sampai ke setiap sela jari-jari dan membilasnya dengan air mengalir. Selain itu, gunakan pembersih tangan berbasis alkohol minimal 60% ketika kamu tidak memiliki akses ke sabun dan air.

7. Konsumsi makanan bergizi dan suplemen kesehatan

7 Kebiasaan Sederhana Meningkatkan Imun Tubuh Agar Bebas Virus Coronathehealthy.com

Tidak sedikit penelitian yang menunjukkan bahwa senyawa-senyawa tertentu dalam rempah-rempah dan suplemen dapat meningkatkan imunitas. Misalnya, bawang putih, ginseng, teh hijau, jintan hitam, dan licorice yang telah dilaporkan memiliki manfaat meningkatkan kekebalan tubuh. Juga perbanyak konsumsi makanan yang mengandung probiotik, yang jenis bakteri menguntungkan yang juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan kesehatan pencernaan.

Kendati demikian, kamu tetap tidak boleh mengonsumsi herbal dan suplemen secara berlebihan karena dapat menimbulkan efek samping bagi tubuh. Juga, kamu perlu segera memeriksakan diri ke dokter apabila merasa tidak sehat, dan bukan mencoba menggunakan herbal sebagai pengobatan alternatif.

Gimana? Ternyata banyak juga kan kebiasaan sederhana nan ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah penularan berbagai macam penyakit, termasuk COVID-19. Selain menerapkan kebiasaan di atas, pastikan kamu selalu mengikuti arahan pemerintah untuk memutus mata rantai penularan COVID-19 ya, guys.

Baca Juga: 10 Makanan Bisa Meningkatkan Imun Cegah COVID-19, Gak Cuma Jahe Lho

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Eka ami di IDN Times Community dengan judul Cegah COVID-19, 7 Kebiasaan Sederhana Ini Ampuh Tingkatkan Imun Tubuh

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya