Comscore Tracker

10 Manfaat Jahe yang Jarang Diketahui, Turunkan Kadar Gula, Kolesterol

Kolesterol, nyeri perut hilang

Jahe merupakan rempah-rempah yang mudah ditemukan di setiap dapur. Ternyata tak hanya digunakan sebagai bumum masakan manfaat jahe juga bisa digunakan kesehatan.

Jahe berkhasiat sebagai minuman penghangat tubuh. Rempah-rempah asli Asia ini bisa terus mendapat perhatian pencinta kuliner.

Nah tahu gak sih kalau ternyata di balik ukurannya yang mini dan imut, jahe menyimpan khasiat dan manfaat yang banyak. Mau tahu apa saja?

Baca Juga: Selain Jahe Merah, 7 Makanan Enak Ini Menambah Daya Tahan Tubuh

1. Kurangi rasa nyeri dan otot kaku setelah berolahraga

10 Manfaat Jahe yang Jarang Diketahui, Turunkan Kadar Gula, Kolesterolunsplash.com/MatthewLeJune

Coba kamu seduh parutan jahe sebanyak dua gram setiap harinya selama dua minggu. Dijamin nyeri ototmu tak akan lagi terasa.

2. Menurunkan kadar gula darah tinggi secara alami

10 Manfaat Jahe yang Jarang Diketahui, Turunkan Kadar Gula, Kolesterolpixabay.com/McRonny

Cukup dengan rutin minum air jahe setiap hari akan menurunkan kadar darah hingga 12 persen, jadi kalau kamu mengidap diabetes tipe 2, air jahe bisa menjadi salah satu obat yang sederhana.

3. Meningkatkan konsentrasi dan daya ingat

10 Manfaat Jahe yang Jarang Diketahui, Turunkan Kadar Gula, KolesterolPexels/Andrea Piacquadio

Sebuah studi membuktikan bahwa jika kamu teratur mengonsumsi jahe, di umur 60-an kemungkinanmu terserang pikun atau demensia akan jauh berkurang.

4. Mengempiskan luka memar dan bengkak

10 Manfaat Jahe yang Jarang Diketahui, Turunkan Kadar Gula, Kolesterolclevelandclinic.org

Jahe juga diketahui memiliki kandungan anti nyeri alamiah sehingga cukup banyak orang yang menggunakan minyak jahe sebagai pereda nyeri dan juga bengkak. Penelitian menunjukkan jahe mengandung senyawa anti inflamasi dan minyak volatile yang memiliki efek analgesik dan pereda nyeri.

5. Menurunkan kadar kolesterol

10 Manfaat Jahe yang Jarang Diketahui, Turunkan Kadar Gula, Kolesterolpixabay.com/hamiltonpaviana

Caranya? Cukup dengan mengonsumsi tiga gram bubuk jahe setiap hari dan bulan berikutnya waktu kamu cek kadar kolesterol pasti akan kaget.

6. Pengobatan alami infeksi saluran kemih

10 Manfaat Jahe yang Jarang Diketahui, Turunkan Kadar Gula, Kolesterolcathavdrug.com

Jahe merupakan obat yang efektif untuk infeksi saluran kemih. Jahe mengandung bahan aktif yang dikenal sebagai gingerol yang merupakan agen antibakteri yang dapat menghambat penyebaran bakteri dalam ginjal. Untuk menyembuhkan infeksi saluran kemih, kamu dapat mengonsumsi wedang jahe secara teratur.

7. Mengobati sakit dan nyeri di gigi

10 Manfaat Jahe yang Jarang Diketahui, Turunkan Kadar Gula, Kolesterolfreepik.com

Caranya? Cukup kunyah seruas jahe menggunakan gigi yang berlubang.

8. Ramuan alami mengobati batuk

10 Manfaat Jahe yang Jarang Diketahui, Turunkan Kadar Gula, KolesterolBagaimana cara membedakan batuk biasa dan batuk akibat COVID-19? freepik.com/freepik

Siapkan Jahe secukupnya dan juga sedikit kencur. Parut jahe hingga halus kemudian campur dengan kencur. Setelah itu rebus dengan segelas air hingga mendidih. Minum hasil rebusan tadi selagi hangat, minumn sehari 2 kali.

9. Menyembuhkan sakit kepala dan migrain

10 Manfaat Jahe yang Jarang Diketahui, Turunkan Kadar Gula, Kolesterolpexels.com/Andrea Piacquadio

Pada awal-awal serangan migrain seduh bubuk jahe, jika tersedia dalam bentuk bubuk murni maka 1/3 sendok teh sudah bisa mencukupi. Jika bubuk jahe sudah dicampur dengan gula maka seduh 1-2 sendok teh. Jahe segar juga bisa digunakan dengan cara dicuci bersih kemudian dipotong-potong dan direbus, kalau kamu tahan dengan sensasi pedasnya menghisap jahe ukuran kecil secara langsung juga bisa.

10. Mengurangi nyeri perut saat PMS atau menstruasi

10 Manfaat Jahe yang Jarang Diketahui, Turunkan Kadar Gula, Kolesterolpexels.com/Andrea Piacquadio

Punya pengalaman buruk dengan premenstrual syndrome (PMS)? Cobalah mengonsumsi teh jahe. Sebuah studi dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine menemukan bahwa jahe sama efektifnya dengan ibuprofen untuk menghilangkan sakit atau kram saat PMS. Satu tips lain untuk meredakan nyeri PMS adalah menempatkan handuk panas basah yang sudah direndam dalam teh jahe di atas perutmu.

Itulah manfaat jahe dan khasiat tanaman jahe yang tak banyak orang tahu. Ternyata selain direbus jadi minuman hangat juga bisa menyembuhkan penyakit. Kira-kira khasiat apalagi yang dimiliki jahe selain 10 manfaat di atas, tuliskan di kolom komentar ya. 

Baca Juga: Resep Membuat Wedang Jahe yang Enak dan Hangat ala Yummy

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya