Comscore Tracker

7 Alasan Mengapa Puting Payudara Mengeras Meski Sedang Tak Terangsang

Tanda wanita sedang terangsang adalah putingnya mengeras...

Tanda seorang pria jika sedang terangsang adalah penis mengalami ereksi. Maka tanda wanita yang sedang ereksi adalah puting payudara mengeras. Hal itu menjadi tanda yang alamiah seorang wanita, khususnya saat kamu dan pasangan sedang ngeseks.

Tetapi pernah gak mengalami puting payudaramu yang mengeras walaupun tidak sedang terangsang dan bahkan tidak sedang bercinta? Jangan khawatir, puting yang mengeras secara tiba-tiba seperti itu wajar.

Di bawah ini adalah penyebab puting payudara wanita mengeras meski sedang tidak terangsang. Cewek wajib baca, nih!

1. Alergi atau sensitif terhadap suatu produk

7 Alasan Mengapa Puting Payudara Mengeras Meski Sedang Tak Terangsangstraitstimes.com

Melansir Healthline, terkadang produk yang kamu gunakan yang mengenai payudaramu dapat membuat puting menjadi keras. Kemungkinan besar ini terjadi karena kamu memiliki alergi atau sensitif terhadap suatu produk. 

Pasalnya, produk seperti sabun, gel mandi, dan lotion dapat memicu reaksi alergi. Begitu juga deterjen dan sabun cuci tertentu yang mengenai payudara. Meski demikian, puting yang mengeras hanyalah satu tanda dari banyak gejala lain, seperti kemerahan, kulit pecah, hingga gatal.

2. Olahraga

7 Alasan Mengapa Puting Payudara Mengeras Meski Sedang Tak Terangsanghealthline.com

Sebagaimana dikutip dari Medical News Today, olahraga juga menjadi salah satu aspek kenapa puting payudara bisa mengeras. Olahraga dapat menyebabkan gesekan dan sakit pada puting.

Ini berlaku terutama untuk wanita yang berolahraga tanpa bra olahraga, atau dengan bra olahraga yang tidak pas. Jenis gesekan ini dapat menyebabkan rasa sakit, kering, iritasi, dan pendarahan.

3. Perimenopause dan menopause

7 Alasan Mengapa Puting Payudara Mengeras Meski Sedang Tak Terangsangsc-mart.com

Ada begitu banyak perubahan yang dialami tubuh kamu selama perimenopause dan menopause. Kelembutan payudara adalah tanda umum dari perimenopause.

Hal ini disebabkan kadar estrogen kamu menurun ketika kamu mendekati masa menopause. Ini tidak umum, tetapi mungkin puting kamu menjadi keras karena perubahan pada payudaramu.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Sepele yang Memicu Kanker Payudara, Kadang Gak Disadari

4. Post menstrual syndrome

7 Alasan Mengapa Puting Payudara Mengeras Meski Sedang Tak Terangsanghealthxchange.sg

Post menstrual syndrome sama seperti pra menstruasi (PMS), bedanya ini terjadi setelah menstruasi selesai. Banyak gejala yang sama, termasuk pembengkakan payudara dan nyeri. Bagi sebagian wanita, banyak juga yang mengalami puting payudara mereka menjadi keras, walaupun hanya sesekali.

Selama post menstrual syndrome, kamu mungkin mengalami perubahan pada suasana hati, perilaku, dan nafsu makan. Ini merupakan beberapa gejala fisik yang sama dengan PMS.

5. Tindikan

7 Alasan Mengapa Puting Payudara Mengeras Meski Sedang Tak Terangsangundineboudoir.com

Puting payudara kamu bisa menjadi lebih sensitif setelah ditindik. Ini artinya puting kamu bisa menjadi lebih keras daripada biasanya meskipun kamu tidak sedang terangsang. Dengan demikian, puting mungkin bereaksi lebih cepat terhadap rangsangan seperti kain atau sentuhan seseorang.

Meskipun tindikan puting mungkin terlihat keren bagi sebagian wanita, namun ada beberapa risiko. Seperti bakteri dapat memasuki payudara dari lubang yang dibuat oleh tindik, bahkan jika kamu sudah melepas tindikan dan membiarkan bekasnya sembuh. Bakteri yang memasuki payudara dapat menyebabkan mastitis, infeksi jaringan payudara yang menyebabkan puting jadi keras.

6. Sedang menyusui

7 Alasan Mengapa Puting Payudara Mengeras Meski Sedang Tak Terangsangnews.llu.edu

Ketika sedang menyusui, bayi kamu pasti akan kesulitan menemukan puting payudara kalau putingmu tidak sedang ereksi. Itulah kenapa puting payudara yang mengeras sangat baik, terutama ketika kamu sedang menyusui bayi. Usut punya usut, puting kamu juga bisa menjadi keras karena stimulasi yang terjadi ketika kamu sedang menyusui.

7. Temperatur

7 Alasan Mengapa Puting Payudara Mengeras Meski Sedang Tak Terangsangfreepik.com

Ketika sedang berada di cuaca dingin, normal apabila puting payudaramu mengeras. Faktanya, cuaca dingin adalah salah satu penyebab paling umum dari ereksi puting. Itu karena penurunan suhu menyimulasikan sel-sel saraf khusus di puting kita, yang sama dengan yang menyebabkan menggigil.

Itulah beberapa penyebab kenapa puting payudara bisa mengeras padahal tidak sedang terangsang atau sedang seks. Tidak perlu kaget lagi ya!

Baca Juga: 7 Hukum Pornografi di Dunia ini Unik, Ada Larangan soal Payudara Kecil

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya