Comscore Tracker

Selain Virus Corona, Inilah 4 Wabah Paling Mematikan dalam Sejarah

Lebih mematikan dibandingkan perang dan kelaparan

Virus corona atau coronavirus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, tiongkok hingga Senin (27/1) dilaporkan telah merenggut 80 nyawa manusia. Selain itu 2.700 orang dilaporkan terjangkit virus mematikan ini. 

Antisipasi agar wabah tak meluas, pemerintah China dilaporkan telah melakukan karantina nyaris 20 juta warganya yang beda di Kota Wuhan dan Huanggang. Penduduk di kota tersebut tidak diperkenankan untuk keluar dari kota tersebut, pemerintah China juga melarang orang-orang dari luar bepergian mengunjungi kota tersebut.

Coronavirus adalah keluarga virus yang menyebabkan penyakit pernapasan. Gejalanya mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti sindrom pernapasan Timur Tengah (MERS) dan sindrom pernapasan akut (SARS).

Di masa lampau wabah virus dan penyakit mematikan juga pernah terjadi. Bahkan akibat wabah tersebut mengakibatkan berkurangnya populasi manusia karena penyakit mematikan.

Sejarah mencatat wabah penyakit ternyata lebih mematikan dibandingkan dengan perang dan kelaparan.

Dari begitu banyaknya virus menular yang kita kenal lewat pelajaran dan pengalaman langsung, ada beberapa wabah mematikan yang berhasil membunuh pengidapnya hanya hitungan bulan. Apa saja? berikut ulasannya.

Baca Juga: Dalam 7 Hari Virus Corona Diklaim Mati Sendiri, Ini Jenis Perawatannya

1. Black Death atau kematian hitam merenggut 200 juta jiwa

Selain Virus Corona, Inilah 4 Wabah Paling Mematikan dalam Sejarahabout-history.com

Epidemi yang satu ini telah banyak diabadikan kengeriannya lewat tulisan dan lukisan. Wabah Maut Hitam atau Black Death meletup pada dekade 1330, di suatu tempat di Asia timur atau tengah, dan langsung menyebar ke seluruh benua, khususnya di Eropa.

Wabah Maut Hitam menular akibat bakteri Yersinia Pestis, setelah menumpang armada tikus dan kutu yang langsung menyebar ke tubuh manusia secara cepat dan mematikan.

Akan tetapi di masa itu penyebab epidemi tersebut tidak dapat diidentifikasikan, akibat peralatan dokter yang belum memadai dan juga masyarakat lebih percaya mitos. Akan hal itulah korban yang mati akibat wabah Maut Hitam tersebut mencapai 75 juta-200 juta jiwa.

2. Cacar mengakibatkan setengah warga negara Meksiko tewas

Selain Virus Corona, Inilah 4 Wabah Paling Mematikan dalam Sejarahfoxnews.com

Penyakit cacar di zaman dahulu ternyata merupakan penyakit mematikan. Wabah cacar tercatat dalam sejarah telah merenggut jutaan nyawa manusia di abad 16. Meski di zaman sekarang cacar telah bisa diantisipasi faktanya di abad 16 penyakit ini telah membuat jutaan manusia meregang nyawa. 

Wabah cacar pertama kali diidap oleh seorang budak Afrika yang diberangkatkan ke Meksiko, Francisco de Egula. Setelah mendarat di Meksiko, kulit Francisco dipenuhi ruam-ruam yang mengerikan. Dan langsung menulari salah satu kota di Meksiko, Cempoallan, yang langsung menjadi lahan kuburan. Dari pengungsi yang selamat, virus cacar pun mewabah ke kota-kota terdekat hingga ke seluruh Meksiko.

Dengan mewabahnya ke seluruh Meksiko, yang dulunya berpendudukan 22 juta jiwa, hanya beberapa bulan setelah cacar menyebar menjadi 14 juta jiwa yang masih hidup. Akan tetapi cacar baru pukulan yang pertama. Setelah menyebarnya virus tersebut, timbullah wabah baru lainnya. Yaitu, flu, kutu, dan berbagai penyakit menular lainnya.

Setelah berbagai wabah penyakit menyerang Meksiko secara bergantian hingga pada tahun 1580, penduduknya menjadi tak sampai satu juta jiwa.

3. Flu Spanyol buat sepertiga populasi bumi ambruk

Selain Virus Corona, Inilah 4 Wabah Paling Mematikan dalam Sejarahen.wikipedia.org

Pada tahun 1918, bala tentara di parit-parit Prancis utara mulai mati dalam jumlah besar akibat epidemi ganas yang dijuluki dengan Flu Spanyol. Virus ini pun menyebar ke seluruh benua, dan membunuh banyak jiwa seluruh dunia.

Dalam beberapa bulan saja, sekitar setengah miliar orang, sepertiga populasi global, ambruk oleh virus itu. Di India, virus tersebut membunuh 5 persen populasi. Di Tahiti, 14 persen penduduk mati. Akibat dari virus Flu Spanyol, 50 juta-100 juta mati dalam waktu kurang dari setahun.

4. HIV & AIDS tewaskan sebanyak 30 juta jiwa

Selain Virus Corona, Inilah 4 Wabah Paling Mematikan dalam Sejarahwikimedia.org/C. Goldsmith

Virus menular yang satu ini hingga sekarang menjadi momok mematikan, karena begitu sulitnya untuk mengatasi virus ini. Karena sebenarnya virus HIV tidak secara langsung membunuh, seperti wabah lainnya. Akan tetapi merusak sistem kekebalan tubuh sehingga membuat pengidapnya rawan pada berbagai penyakit lain.

Virus HIV mengakibat pengidapnya kekurangan kekebalan tubuh yang menimbulkan penyakit AIDS. Sejak mencuat pada awal 1980an, lebih dari 30 juta orang tewas akibat AIDS, dan puluhan juta lainnya menderita kerusakan fisik dan psikologis yang menyiksa.

Itulah 4 wabah mematikan dalam sejarah yang banyak menelan korban jiwa. Virus suatu hal yang sangat mudah menular ke siapa saja tetap harus waspada ya, karena sebuah penyakit bisa saja hinggap di dalam tubuhmu.

Baca Juga: Perketat Bandara, Penumpang Suspect Virus Corona Bakal Dipulangkan

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Adliputra di IDN Times Community dengan judul 4 Wabah Paling Mematikan dalam Sejarah, Telan Banyak Korban

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya