Comscore Tracker

Tanda Corona! 7 Isyarat Daya Tahan Tubuh Lemah Mudah Infeksi COVID-19

Jika merasakan tanda-tanda ini segera tingkatkan daya tahan

Di tengah sekin bertambahnya angka kasus positif virus corona di Indonesia pola hidup sehat dan daya tahan tubuh berperan sangat penting untuk menangkal berbagai penyakit termasuk corona.

Saat daya tahan tubuh sedang lemah, risiko untuk terinfeksi berbagai penyakit pun menjadi semakin besar seperti halnya virus COVID-19. Hingga rabu (18/3) sebanyak 227 kasus positif virus corona di Indonesia, 19 diantaranya meninggal dan 11 dinyatakan sembuh.

Tanda corona kebanyakan yang terinfeksi COVID-19 mengalami gejala ringan tanpa sesak. Namun, saat daya tahan tubuh lemah, penderita bisa mengalami gejala yang lebih parah.

 

Baca Juga: Gejala Virus Corona Tanda-tanda Terjangkit Corona dan Cara Pencegahan

Sebagian besar kasus terpapar virus corona tau COVID-19 baru hanya mengalami gejala ringan, hanya sekitar 20 persen pasien yang levelnya menjadi parah atau menjadi sakit kritis. Gejala awal atau ciri-ciri virus corona menjangkiti seseorang biasanya dimulai dengan demam.

Sebuah studi terhadap hampir 140 pasien di Rumah Sakit Zhongnan, Universitas Wuhan mengidentifikasi pola khas gejala orang yang terpapar COVID-19 yakni sekitar 99% pasien mengalami suhu tinggi, sementara lebih dari setengahnya mengalami kelelahan dan batuk kering. Sekitar sepertiga juga mengalami nyeri otot dan kesulitan bernapas.

Tanda Corona! 7 Isyarat Daya Tahan Tubuh Lemah Mudah Infeksi COVID-19Ilustrasi Corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Penelitian dari Pusat Pengendalian Penyakit China menunjukkan bahwa sekitar 80 persen orang yang terpapar hanya mengalami kasus virus corona ringan. Sekitar 15 persen pasien menderita kasus yang parah, dan 5 persen menjadi sakit kritis.

Begini cara gejala dan yang dirasakan oleh orang yang terjangkit virus corona dari hari ke hari mengutip dari bussines insider

  • Hari 1: Pasien mengalami demam atau suhu tinggi. Mereka juga mungkin mengalami kelelahan, nyeri otot, dan batuk kering. Sebagian kecil mungkin mengalami diare atau mual satu atau dua hari sebelumnya.
  • Hari 5: Pasien mungkin mengalami kesulitan bernafas terutama jika mereka orang yang sudah lanjut usia atau memiliki penyakit yang yang sebelumnya telah kronis
  • Hari 7: Ini adalah waktu rata-rata, sebelum pasien dirawat di rumah sakit. Menurut penelitian Universitas Wuhan di hari ketujuh inilah gejala mulai semakin parah, pasien biasanya perlu dirawat di hari ketujuh.
  • Hari 8: Pada titik ini, pasien dengan kasus yang parah memperlihatkan sindrom gangguan pernapasan akut, yang terjadi yakni paru-parunya dipenuhi cairan dan kesulitan bernafas sehingga menyebabkan gagal nafas dan berakibat sangat fatal
  • Hari 10: Jika pasien menunjukkan gejala yang terus memburuk, ini adalah waktu dalam perkembangan penyakit ketika pasien tersebut kemungkinan besar akan dirawat di ICU. Pasien-pasien ini mungkin mengalami sakit perut dan kehilangan nafsu makan untuk para pasien dengan kasus yang lebih ringan. Hanya sebagian kecil yang mati: Tingkat kematian saat ini berkisar sekitar 2 persen.
  • Hari 17: Rata-rata, orang yang sembuh dari virus dikeluarkan dari rumah sakit setelah menjalani perawatan selama 2,5 minggu.

Saat daya tahan tubuh sedang lemah, tentu kamu harus segera meningkatkannya. Perhatikan delapan tanda daya tahan tubuh sedang lemah seperti yang dilansir laman Penn Medicine berikut, lalu berikan penanganan yang tepat.

1. Mudah masuk angin

Tanda Corona! 7 Isyarat Daya Tahan Tubuh Lemah Mudah Infeksi COVID-19alodokter.com

Penyakit yang katanya hanya dikenal di Indonesia ini punya banyak gejala, dari badan yang pegal-pegal sampai perut begah. Saat kamu mulai merasakan gejala masuk angin, itu artinya daya tahan tubuh kamu sedang tidak terlalu baik.

2. Stres dalam waktu yang lama

Tanda Corona! 7 Isyarat Daya Tahan Tubuh Lemah Mudah Infeksi COVID-19unsplash.com/Ahmadgunnaivi

Tidak heran jika setelah musim ujian atau didera proyek kerja yang padat, kamu jadi mudah sakit. Stres berkepanjangan bisa menurunkan produksi limfosit. Jika produksi limfosit berkurang, daya tahan tubuh pun melemah.

3. Masalah pencernaan

Tanda Corona! 7 Isyarat Daya Tahan Tubuh Lemah Mudah Infeksi COVID-19everymum.ie

Salah satu tanda daya tahan tubuh yang buruk saat kamu terkena masalah pencernaan. Jika kamu mulai merasa mudah mengalami gangguan produksi asam lambung, diare, atau justru konstipasi, kamu mungkin harus segera memperbaiki pola hidupmu. Daya tahan tubuhmu sedang tidak terlalu kuat.

4. Luka yang tak kunjung sembuh

Tanda Corona! 7 Isyarat Daya Tahan Tubuh Lemah Mudah Infeksi COVID-19unsplash.com/ CDC

Saat daya tahan tubuh sedang lemah, luka mudah terkena infeksi. Jika terjadi infeksi, tubuh pun lebih fokus untuk melawan infeksi daripada menyembuhkan luka. Padahal, jika daya tahan tubuh sedang baik, luka bisa cepat sembuh tanpa infeksi, lho.

5. Pilek

Tanda Corona! 7 Isyarat Daya Tahan Tubuh Lemah Mudah Infeksi COVID-19freepik.com/pressfoto

Meski tampaknya hanya gejala pilek ringan, kamu bisa menebak bahwa daya tahan tubuh kamu sedang lemah. Maka dari itu, saat terserang pilek, istirahat yang cukup dan tingkatkan daya tahan tubuh dengan makan makanan bergizi.

7. Tubuh mudah merasa lelah

Tanda Corona! 7 Isyarat Daya Tahan Tubuh Lemah Mudah Infeksi COVID-19pixabay.com/Cuncon

Biasanya, saat tubuh merasa lelah, istirahat yang cukup bisa menyembuhkan. Namun, jika kamu merasa aktivitas tidak sebanding dengan rasa lelah dan atau tetap merasa lelah setelah istirahat yang cukup, daya tahan tubuhmu mungkin sedang melemah.

7. Alergi

Tanda Corona! 7 Isyarat Daya Tahan Tubuh Lemah Mudah Infeksi COVID-19painresource.com

Banyak orang yang memiliki alergi dengan tingkat reaksi masing-masing. Namun, jika kamu merasa reaksi alergimu tidak seperti biasanya, tubuhmu mungkin sedang memberi tahu bahwa daya tahannya sedang lemah.

Itulah 7 isyarat daya tahan tubuh sedang lemah dan rentan terinfeksi COVID-19. Jangan sampai menjadi tanda-tanda terinfeksi virus corona ya geng!  

Daya tahan tubuh yang baik memang tidak menjamin kamu tidak akan terinfeksi penyakit tertentu seperti virus corona. Namun, hal itu dapat meringankan gejalanya. Jadi, jika kamu merasakan gejala-gejala seperti di atas, segera tingkatkan daya tahan tubuhmu dengan istirahat yang cukup, makan makanan bergizi, dan selalu terhidrasi, ya!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Olia Fiamay di IDN Times Community dengan judul Mudah Terinfeksi Virus Corona, 7 Tanda Daya Tahan Tubuh Sedang Lemah

Baca Juga: Ciri-ciri Virus Corona, yang Dirasakan Penderita COVID-19 Hari ke Hari

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya