Comscore Tracker

Jawaban 10 Pertanyaan Paling Populer soal Kehamilan dan Seks

Mulai dari hamil saat mens hingga hamil karena seks oral...

Semarang, IDN Times - Di dunia banyak sekali orang yang mengharapkan kehamilan agar memiliki anak. Satu-satu caranya agar pasangan mu hamil adalah dengan melakukan penetrasi hingga sperma bisa berenang masuk ke dalam vagina, untuk bertemu dengan sel telur. Saat sel telur sudah bertemu dengan satu sperma, maka sperma lainnya tidak akan bisa masuk karena proses pembuahan sudah berlangsung.

Meski demikian, banyak pula orang yang tiba-tiba berubah pikiran, karena belum siap memiliki anak. Faktor penyebabnya pun banyak, mulai dari kedewasaan orangtua hingga kesiapan ekonomi untuk menghidupi keluarga kecil mereka.

Namun, bagaimana jadinya kalau sperma sudah masuk sebelum kamu berubah pikiran? Apakah dengan mencuci vagina demi mencegah sperma masuk itu efektif?

Berikut beberapa pertanyaan seputar kehamilan yang menyebabkan banyak kesalahpahaman. Apakah pernyataan kehamilan yang kamu dengar itu hanyalah mitos, atau justru fakta? Simak jawaban selengkapnya berikut ini!

1. Bisakah kamu hamil dari sperma pra-ejakulasi?

Jawaban 10 Pertanyaan Paling Populer soal Kehamilan dan Seksfreepik.com/jcomp

Ya, kamu bisa hamil karena sperma pra-ejakulasi, demikian dilaporkan oleh Web MD. Pra-ejakulasi sendiri merupakan cairan bening yang keluar dari penis ketika seorang pria sudah terangsang secara seksual sehingga penisnya turut ereksi. Meskipun cairan ini tidak mengandung sperma, tapi sperma pra-ejakulasi bisa saja bercampur dengan sperma saat keluar dari penis. 

Itulah kenapa kamu masih bisa tetap hamil walaupun pasangan kamu sudah mencabut penisnya sebelum sperma berhasil keluar. Penyebabnya adalah sperma pra-ejakulasi sudah terlanjur tertanam duluan di dalam vagina.

Meski demikian, berdasarkan sebuah studi, peluang kehamilan karena sperma pra-ejakulasi sangat kecil. Tapi intinya kamu tetap bisa hamil, jadi jawaban untuk pertanyaan ini adalah fakta.

2. Apakah kamu bisa hamil meskipun sedang menstruasi?

Jawaban 10 Pertanyaan Paling Populer soal Kehamilan dan Sekshealthxchange.sg

Ya, kamu bisa hamil walaupun sedang menstruasi, tapi kemungkinannya sangat kecil. Terlebih kalau kamu ngeseks bareng pasangan di hari-hari terakhir menstruasi dan berovulasi beberapa hari kemudian, maka kamu bisa hamil. Jadi, jawaban untuk pertanyaan ini adalah fakta karena kamu tetap bisa hamil walaupun bercinta di masa menstruasi.

3. Apakah kamu bisa hamil karena seks anal?

Jawaban 10 Pertanyaan Paling Populer soal Kehamilan dan Seksmarriedspice.com

Tidak, sangat tidak mungkin untuk hamil karena seks anal. Lagipula, tidak ada alasan yang bisa menjelaskan kenapa kamu bisa hamil karena seks anal. Sebenarnya kemungkinan kamu hamil karena seks anal tetap ada, yaitu ketika sperma atau cairan pra-ejakulasi menempel di tangan pasangan kamu lalu secara tidak sengaja menyentuh vagina kamu.

Kalau itu terjadi, sperma bisa berenang masuk ke dalam vagina karena mereka selalu menemukan cara untuk berenang ke sana. Balik ke fokus pertanyaan, kamu tidak akan bisa hamil karena seks anal, jadi jawabannya adalah mitos.

4. Apakah kamu bisa hamil karena seks oral?

Jawaban 10 Pertanyaan Paling Populer soal Kehamilan dan Seksall4wap.ru

Tidak, kamu tidak mungkin hamil karena seks oral. Seks oral merupakan aktivitas seks yang dilakukan dengan menjilat vagina atau memasukkan penis melalui mulut. Sementara itu, jalan satu-satunya untuk hamil adalah dengan memasukkan sperma ke dalam vagina.

Kalau pasanganmu ejakulasi di dalam mulut, tidak mungkin kan spermanya tiba-tiba berpindah ke vagina? Jadi, jawaban untuk pertanyaan ini mitos karena kamu tidak akan pernah hamil hanya karena seks oral.

5. Apakah bayi berpotensi lahir dengan rambut karena terlalu sering makan pedas?

Jawaban 10 Pertanyaan Paling Populer soal Kehamilan dan Sekstodaysparent.com

Ya, ketika anak kamu lahir, mereka bisa saja punya rambut karena hobi kamu yang makan pedas. Melansir Healthline, memakan makanan pedas selama hamil itu sangat aman, hanya saja kamu akan jadi rentan terhadap mulas. Sebuah penelitian kecil mengatakan bahwa ada beberapa wanita yang melahirkan anak dengan rambut karena sering makan pedas.

Para peneliti berpikir mungkin ada hubungan antara hormon-hormon kehamilan yang merilekskan kedua bagian esofagus bagian bawah dan bertanggung jawab atas pertumbuhan rambut janin. Jadi, jawaban untuk pertanyaan ini adalah fakta, walaupun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut tentang ini. 

Baca Juga: 10 Penyakit Ini Bisa Dicegah dengan Berhubungan Seks, Bercinta Sehat!

6. Apakah kamu akan hamil kalau menelan sperma?

Jawaban 10 Pertanyaan Paling Populer soal Kehamilan dan Seksmensjournal.com

Tentu saja tidak. Menelan sperma atau sperma tidak sengaja tertelan biasanya terjadi ketika kamu melakukan seks oral. Begitu sperma masuk ke dalam tubuh melalui mulut, maka tubuh kamu akan memperlakukan sperma sama seperti makanan atau minuman.

Sperma akan dicerna terlebih dahulu, barulah kemudian mereka mati di dalam perut atau usus. Kalaupun sperma tetap hidup, mereka tidak akan menemukan jalan menuju vagina dan rahim. Jadi jawaban untuk pertanyaan ini adalah mitos.

7. Apakah efektif ketika mencuci vagina untuk mencegah sperma masuk?

Jawaban 10 Pertanyaan Paling Populer soal Kehamilan dan Seksconsciouslifenews.com

Tidak, sama sekali tidak efektif. Ketika sperma sudah masuk ke dalam vagina, maka usaha kamu untuk mencuci vagina atau biasa dikenal sebagai douching demi mencegah kehamilan akan sia-sia. Pasalnya, sperma berenang dengan sangat cepat, lebih cepat dari yang kamu kira. 

Ketika sedang melakukan douching, pasti sperma yang masuk sudah terlanjur terlalu banyak. Malahan, faktanya douching justru dapat mendorong lebih banyak sperma masuk ke rahim. Jadi, jawaban untuk pertanyaan ini adalah mitos. Alih-alih mengusir sperma dari vagina, kamu justru membantunya masuk ke dalam rahim.

8. Apakah kamu tidak bisa hamil meskipun ngeseks dalam posisi berdiri?

Jawaban 10 Pertanyaan Paling Populer soal Kehamilan dan Sekspexels.com/Bruno Machado

Tidak, kamu tetap bisa hamil ketika ngeseks dengan gaya apapun, termasuk sambil berdiri. Mungkin banyak orang yang berharap sperma akan mengikuti hukum gravitasi di mana mereka justru mengalir turun ke bawah alih-alih masuk ke rahim. 

Meski demikian, ketika sperma keluar dari penis, mereka pasti dengan cepat sudah masuk ke rahim untuk membuahi sel telur. Setelah itu, baru lah beberapa di antaranya mengalir turun. Jadi, kalau ada seseorang yang mengatakan bahwa ngeseks sambil berdiri tidak bisa menyebabkan kehamilan, itu mitos.

9. Bisakah kamu hamil pada saat pertama kali berhubungan badan?

Jawaban 10 Pertanyaan Paling Populer soal Kehamilan dan Seksfreepik.com/drobotdean

Ya, kamu bisa hamil meskipun itu adalah kali pertamanya kamu melakukan aktivitas seks. Bukan tanpa sebab, kehamilan memang tidak mengenal seberapa sering kamu melakukan seks.

Jadi, kamu tetap bisa hamil saat pertama kali ngeseks selama sperma masuk ke dalam rahim setelah melakukan penetrasi. Untuk itu, jawaban dari dari pertanyaan ini adalah fakta.

10. Apakah sperma akan terbuang dari vagina kalau kamu buang air kecil?

Jawaban 10 Pertanyaan Paling Populer soal Kehamilan dan Seksunsplash.com/Timmossholder

Tidak, sperma yang sudah masuk ke dalam vagina tidak akan bisa dipaksa keluar dengan buang air kecil. Air kencing tidak keluar melalui vagina, melainkan keluar melalui urethra yang mana terletak di atas vagina berupa lubang sangat kecil. Jadi, jawaban untuk pertanyaan terakhir ini adalah mitos.

Itulah beberapa jawaban dari pertanyaan paling terkenal seputar kehamilan. Setelah baca ini, kamu jadi sudah bisa membedakan deh mana yang benar dan yang salah!

Baca Juga: 7 Bahaya Melakukan Seks Anal, Ada Kemungkinan Terkena Covid-19!

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya