Comscore Tracker

5 Panduan Lengkap Cara Rumahan Mengencangkan Payudara yang Kendur

Wah, ternyata gak mahal, kan

Bertambahnya usia, payudara pasti akan mengendur karena berkurangnya elastisitas kulit. Hal tersebut merupakan salah satu proses alami dari penuaan.

Meski demikian, banyak perempuan yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mengencangkan payudara mereka. Baik itu terapi di klinik kecantikan maupun operasi.

Wah! Jangan buru-buru menempuh jalur seperti itu. Sebab, ada beberapa cara mudah mengencangkan payudara kendur secara alami yang bisa dilakukan di rumah. Dirangkum dari Healthline, Health, dan Med-Health.net, inilah 5 tips tersebut.

1. Konsumsi makanan bergizi

5 Panduan Lengkap Cara Rumahan Mengencangkan Payudara yang Kendurilustrasi buah-buahan (pexels.com/Jane D.)

Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Pola makan sehat memberikan nutrisi bagi seluruh tubuh, termasuk kulit sehingga kulit payudara akan terlihat sehat, kenyal, dan kencang.

Tak hanya gizi seimbang, pola makan sehat juga bisa membantu menurunkan berat badan serta menjaga berat badan tetap seimbang, sehingga dapat menurunkan risiko payudara kendur.

Salah satu struktur anatomi dalam payudara adalah lemak. Kenaikan dan penurunan berat badan secara drastis dapat membuat payudara terlihat kendur.

2. Tidur dengan posisi telentang

5 Panduan Lengkap Cara Rumahan Mengencangkan Payudara yang Kendurilustrasi tidur telentang (pexels.com/cottonbro)

Posisi tidur miring dapat menyebabkan payudara menjadi kendur. Mengapa demikian? Ya, karena ketika kamu sedang tidur dengan posisi miring maka payudara otomatis akan menjuntai ke bawah dan membuat ligamen payudara ikut meregang.

Posisi tidur yang dianjurkan untuk mencegah payudara kendur adalah telentang. Dengan posisi tidur ini, berat payudara sepenuhnya ditopang oleh dada, sehingga kekencangan payudara terjaga.

Jika kamu ingin tidur dengan posisi miring, maka pastikan untuk meletakkan bantal di samping tubuhmu untuk membantu menopang payudara.

Baca Juga: 5 Gaya Ciuman yang Bikin Hubungan Seks Tambah Bergairah, Bisa Orgasme!

3. Olahraga rutin

5 Panduan Lengkap Cara Rumahan Mengencangkan Payudara yang Kendurilustrasi berolahraga (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Olahraga dapat melatih dan membentuk kekuatan ototmu. Meskipun payudara tidak memiliki otot, tetapi kamu dapat melatih kekuatan otot dan jaringan ikat fibrosa (ligamen) yang ada di bawah payudara. 

Olahraga secara rutin dapat melatih kekuatan otot dada, sehingga payudara akan terlihat lebih kencang. Namun, pastikan kamu menggunakan bra yang tepat saat berolahraga, ya.

4. Gunakan masker payudara dengan bahan alami

5 Panduan Lengkap Cara Rumahan Mengencangkan Payudara yang Kendurilustrasi telur (pexels.com/Pixabay)

Serupa dengan masker wajah, menggunakan masker payudara dapat kamu lakukan untuk menjaga kulit tetap kencang di area payudara. Tak perlu bingung, beberapa bahan makanan yang ada di dapurmu dapat dijadikan sebagai masker payudara. 

Kamu hanya cukup sediakan satu butir telur dan minyak zaitun, lo. Pertama, pisahkan dulu antara kuning dengan putih telur. Setelah itu, baru kamu campurkan kuning telur dengan satu sendok makan minyak zaitun. 

Lalu, oleskan ke seluruh bagian payudara dan tunggu selama 30 menit. Terakhir, bilas dengan menggunakan air dingin. Gunakan masker payudara minimal satu kali dalam seminggu untuk mengencangkan kulit payudara.

5. Jaga postur tubuh tetap tegak

5 Panduan Lengkap Cara Rumahan Mengencangkan Payudara yang Kendurilustrasi postur tubuh yang baik (verywellhealth.com)

Postur tubuh yang bungkuk, baik ke arah depan atau belakang, tidak hanya berdampak buruk bagi tulang belakangmu. Postur tubuh yang buruk juga dapat membuat payudara menjadi kendur. 

Posisi punggung yang membungkuk dapat memberikan lebih banyak tekanan dan ketegangan pada jaringan payudara yang disebabkan oleh berat payudara itu sendiri. Akibatnya, kebiasaan ini akan membuat payudara semakin terlihat mengendur.

Itu tadi kelima tips cara mengencangkan payudara yang kendur. Bagaimana, gak sulit, kan? Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan semuanya secara rutin, ya.

Baca Juga: Bukan Hal Sepele! Pahami 6 Sebab Puting Payudara yang Berasa Sakit

Artikel ini pertama kali ditulis oleh I am Lavennia di IDN Times Community dengan judul 5 Cara Rumahan untuk Mengencangkan Payudara Kendur

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya