TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Film Jepang yang Mengajarkan untuk Menghargai dan Menikmati Hidup

Menikmati kehidupan setiap detik adalah kunci untuk bahagia

film Jepang Drawing Closer (dok. Netflix via Instagram.com/netflixjp)

Dalam hidup yang penuh dengan tekanan, terkadang kita butuh jeda sejenak untuk merenung. Guna menemukan kembali arti kehidupan dan kebahagiaan. Salah satu cara yang seru untuk melakukannya adalah dengan menonton film.

Terutama film-film Jepang yang sering memiliki genre slice of life yang sederhana, tetapi memberikan pesan mendalam. Nah, kalau kamu sedang butuh penyemangat hidup, enam film Jepang berikut bisa menjadi pilihan hiburan.

Baca Juga: Full Plot Twist! 10 Film dari Berbagai Genre yang Wajib Ditonton

1. The Last 10 Years

Rekomendasi pertama ada film yang rilis pada tahun 2022 yaitu "The Last 10 Years". Film adaptasi dari novel "Yomei 10 Nen" ini menceritakan tentang Matsuri Takabayashi (Nana Komatsu). Perempuan berusia 20 tahun itu didiagnosa mengidap penyakit kronis dan hanya memiliki sisa waktu 10 tahun.

Alih-alih larut dalam kesedihannya, Matsuri berusaha untuk bertahan hidup. Terlebih dengan kehadiran Kazuto Manabe (Kentaro Sakaguchi), memberikan makna hidup yang baru kepada Matsuri yang awalnya bertekad untuk tidak jatuh cinta.

Film "The Last 10 Years" benar-benar akan memberikan makna jika menikmati kehidupan setiap detik itu lebih berharga. Bilamana dibandingkan dengan hanya mengkhawatirkan tentang masa depan.

2. Ai Uta: My Promise to Nakuhito

film Jepang Ai uta: My Promise to Nakuhito (dok. Toei via twitter.com/@aiutamovie)

Selanjutnya ada film yang rilis pada tahun 2019 yakni "Ai Uta: My Promise to Nakuhito". Film ini merupakan song-fiction dari lagu Ai Uta milik grup J-rock GReeeeN. Menceritakan tentang Toru (Ryusei Yokohama) yang tiba-tiba didiagnosa kanker dan hidupnya tinggal 3 bulan lagi.

Sempat terpuruk, tetapi kehadiran Tatsuya (Hiroki Iijima) dan Nagi (Kaya Kiyohara) membuat Toru memiliki semangat hidup kembali. Dia bahkan menyadari bahwa hal-hal kecil seperti berjalan dan bernapas bisa sangat berharga.

Film ini akan benar-benar mengajarkanmu tentang berharganya sebuah kehidupan. Bahkan bisa membuatmu menyadari bahwa hal yang kecil yang kita anggap sepele bisa berharga bagi orang lain.

3. Call Me Chihiro

Rekomendasi ketiga ada film Jepang "Call Me Chihiro" yang rilis pada tahun 2023. Film ini merupakan adaptasi dari serial manga "Chihiro-san" yang terbit pada periode 2017-2018 di Majalah Elegance Eve. Bercerita tentang Chihiro yang merupakan mantan pelacur yang kini bekerja di kedai bento.

Chihiro tidak pernah menyembunyikan masa lalunya. Bahkan ia sering berbicara kepada pelanggannya tentang masalah kehidupan dan rasa kesepian. Membuat film ini memiliki banyak percakapan ringan yang penuh kehangatan.

Dengan menonton film ini, kamu akan mendapatkan pesan walau hidup tidak sempurna, kebahagiaan akan selalu ada melalui banyak cara. Seperti pada percakapan ringan atau bahkan hanya dari sekotak bento yang lezat.

4. Silent Love

poster film Silent Love (dok. Gaga Corporation via Instagram.com/gagamovie_jp)

Selanjutnya ada film Jepang "Silent Love" yang rilis pada tahun 2024. Film ini menceritakan tentang Aoi yang menjadi berhenti bicara setelah mengalami kecelakaan. Suatu hari ia bertemu Mika seorang mahasiswi musik yang juga kehilangan penglihatan karena kecelakaan tragis.

Aoi yang sudah hidup dalam keputusasaan sejak kecil akhirnya menemukan tujuan hidupnya lagi. Tujuan itu yakni melindungi Mika.

Saat menonton film ini, kamu akan menemukan bagaimana mereka bisa menemukan kebahagiaan meski dalam keadaan terpuruk. Bahkan dalam keterbatasan itu, Aoi dan Mika menemukan harapan dan makna hidup yang baru.

5. Drawing Closer

poster film Drawing Closer (dok. Netflix via Instagram.com/netflixjp)

Rekomendasi terakhir yaitu "Drawing Closer" yang baru saja rilis di Netflix pada 27 Juni 2024. Film yang sempat booming ini merupakan adaptasi dari novel "Yomei Ichinen to SenkokuSareta Boku ga, Yomei Hantoshi no Kimi Deatta Hanashi".

Film "Drawing Closer" menceritaka tentang Akito Hayasaka (Ren Nagase) seorang seniman yang didiagnosa dengan tumor di jantungnya. Ia hanya mempunyai waktu satu tahun untuk hidup, tetapi pada saat di rumah sakit ia bertemu dengan Haruna Sakurai (Natsuki Deguchi).

Di mana Haruna ternyata juga hanya punya batas waktu hidup enam bulan lagi. Dengan sisa hidup yang terbatas keduanya menemukan makna hidup yang baru. Membuat sisa-sisa waktu hidup mereka jauh lebih bermakna.

Itulah lima film Jepang yang akan mengajarkanmu untuk lebih menghargai hidup. Jalan hidup memang tidak pasti, guys. Namun, dengan menikmati dan menghargai setiap momen yang ada akan selalu muncul sebuah harapan.

Baca Juga: Full Plot Twist! 10 Film dari Berbagai Genre yang Wajib Ditonton

Verified Writer

Angger Dhestya

Hanya manusia ciptaan Tuhan yang suka menulis sambil minum kopi. Instagram itsadhesa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya