TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

15 Film India Selatan Terbaik Sepanjang Masa, Wajib Masuk Watchlist! 

filmnya dari beragam genre, mulai romantis hingga thriller

cuplikan film Ponniyin Selvan: II (dok. Madras Talkies/Ponniyin Selvan: II)

Intinya Sih...

  • Film India Selatan berkualitas menyaingi Bollywood
  • Film terbaik termasuk "Kumbalangi Nights" dan "Jai Bhim"
  • Genre film meliputi romantis, kriminal, dan aksi

Industri perfilman India Selatan kerap menghadirkan film-film berkualitas setiap tahunnya. Film India Selatan yang merujuk pada industri film Tollywood (Telugu), Kollywod (Tamil), Sandalwood (Kannada) dan Mollywood (Malayalam) ini telah menyaingi industri terbesar di India, yaitu Bollywood.

Bahkan, sejumlah artis top Bollywood kerap berperan di industri perfilman India, seperti Alia Bhatt dan Akshay Kumar. Ini membuktikan bahwa film India Selatan tidak lagi dipandang sebelah mata.

Nah, kalau kamu suka tontonan yang berbeda, IDN Times telah merangkum film India Selatan yang gak boleh kamu lewatkan. Jangan lupa dicatat, ya!

1. Kumbalangi Nights (2019)

Film India Selatan terbaik pertama adalah Kumbalangi Nights. Film berbahasa Malayalam ini menceritakan tentang empat saudara kandung yang tidak akur. Namun, ketika salah satu di antara mereka, Bobby, menyukai gadis desa, mereka pun melunak dan bekerja sama agar Bobby mendapatkan sang gadis yang disukainya.

2. Jai Bhim (2021)

Berikutnya, ada film bertajuk Jai Bhim, sebagai film India Selatan yang mendapatkan banyak pujian dari kritikus. Film ini berpusat pada Rajakannu, pria miskin yang bekerja serabutan di desanya.

Kehidupannya pun berubah saat ia dituduh mencuri perhiasan kepala desa. Terpaksa istri dan anaknya ditangkap saat Rajakannu merantau ke kota. Namun, istrinya tidak tinggal diam. Ia meminta bantuan aktivis yang membuatnya bertemu dengan pengacara terkenal, Chandru.

3. 777 Charlie (2022)

Film India Selatan terbaik selanjutnya adalah 777 Charlie. Film berbahasa Kannada ini menceritakan tentang seorang pria pemabuk dan penyendiri bernama Dharma. Kehidupannya berubah setelah ia bertemu anjing bernama Charlie yang menderita kanker karena penyiksaan oleh majikan terdahulunya.

Akhirnya, Dharma melakukan perjalanan jauh ke Himachal Pradesh untuk membuat Charlie bahagia.

4. Baahubali 2: The Conclusion (2017)

Baahubali 2: The Conclusion merupakan film sekuel Baahubali: The Beginning, salah satu film India Selatan berbujet besar yang menuai kesuksesan di bioskop dan pujian dari kritikus.

Film ini melanjutkan kisah Mahendra Baahubali, seorang anak Raja. Ia berniat balas dendam setelah mengetahui bahwa pamannya menghasut neneknya untuk membunuh ayahnya.

Baca Juga: 5 Fakta Roller India, Dikaitkan dengan Dewa Wisnu dan Siwa dalam Hindu 

5. Rangasthalam (2018)

Berikutnya, ada film berjudul Rangasthalam, sebagai film India Selatan terbaik menurut para kritikus India. Film ini berpusat pada dua saudara kandung bernama Chittibabu dan Kumar Babu, yang menentang pemerintah desa yang korup. Intrik politik dan pembunuhan pun mewarnai perlawanan mereka agar pemerintah tak lagi mengeksploitasi warga yang buta huruf.

6. Ponniyin Selvan: II (2023)

Film India Selatan terbaik lainnya adalah Ponniyin Selvan: II. Film sekuel dari Ponniyin Selvan: I ini menceritakan kisah masa kecil antara Nandini dan Aditha Karikalan. Cinta bersemi di antara keduanya saat Aditha melakukan kunjungan ke Pazhayarai. Sayangnya, hubungan mereka ditentang karena status Nandini yang bukan dari keluarga kerajaan.

7. Oopiri (2016)

Film India Selatan terbaik lainnya adalah Oopiri. Film ini merupakan adaptasi dari film Perancis berjudul The Intouchables. Ceritanya berpusat pada pengusaha lumpuh yang memperkerjakan mantan narapidana untuk merawatnya. Keduanya saling berbagi sudut pandang yang berbeda yang mengubah jalan hidup mereka.

8. Vikram (2022)

Selanjutnya, datang dari genre kriminal berjudul Vikram. Film ini berpusat pada Amar, komandan pasukan hitam yang bertugas menangkap pembunuh berantai. Seiring berjalannya waktu, ia menyadari bahwa akan banyak korban berjatuhan jika ia mengejar sang pembunuh.

Dan benar saja, Karnan yang merupakan ayah seorang polisi dibunuh secara brutal. Tidak hanya itu saja, pembunuhan lainnya pun teramat sadis hingga membuat pasukan hitam tidak bisa berkutik lagi.

9. Asuran (2019)

Asuran merupakan film berbahasa Tamil yang dinilai sebagai film terbaik India Selatan. Film ini menceritakan tentang pembalasan dendam atas terbunuhnya saudara akibat konflik tanah di sebuah desa.

Ceritanya berpusat pada Sivasaamy, yang bermusuhan dengan Vadakooran karena konflik tanah. Sivasaamy membawa putranya pergi ke hutan untuk bersembunyi dari Vadakooran. Tentu Sivasaamy harus menghadapi kesulitan untuk membalas dendam mengingat Vadakooran berasal dari kasta tertinggi yang kaya.

Baca Juga: 10 Outfit Artis Bollywood di Acara Mangal Utsav Pernikahan Ambani

10. Sita Ramam (2022)

Berikutnya, ada film bertajuk Sita Ramam, yang merupakan film India Selatan bergenre romantis. Film ini mengisahkan tentang perjalanan Afreen yang menyampaikan surat dari sang kakek untuk Sita.

Afreen adalah orang Pakistan yang mencintai negaranya. Hingga suatu hari ia harus pergi ke India untuk menemui Sita. Film ini juga menyoroti kilas balik pemilik surat, yaitu Ramam, yang menceritakan tentang pertemuannya dengan Sita, wanita yang dicintainya.

11. Salaar (2023)

India Selatan memang tidak pernah gagal membuat film bergenre kriminal, salah satunya Salaar. Film ini berpusat pada Dheva dan Varadharaaja Mannaar yang menjalin persahabatan erat.

Namun, gejolak politik membuat mereka saling bermusuhan. Hingga akhirnya, mereka disatukan dalam misi melindungi Aaadhya, gadis yang menjadi target kejahatan keluarga Mannaar.

12. K.G.F: Chapter I (2018)

K.G.F: Chapter I menjadi film India Selatan yang wajib ditonton karena aksinya yang mendebarkan. K.G.F yang merupakan akronim dari Kolar, Gold, Fields ini terbagi dalam dua chapter yang dibuat dalam waktu bersamaan.

Ceritanya  berpusat pada anak kecil bernama Rocky (Yash) yang tumbuh di pemukiman tambang emas. Kematian ibunya yang mengenaskan membuatnya berambisi untuk menjadi seseorang yang berkuasa. Alhasil, saat besar, ia berhasil menjadi pemimpin tambang emas K.G.F setelah membunuh mafia kejam bernama Garuda.

13. RRR (2022)

Film India Selatan terbaik lainnya adalah RRR. RRR yang merupakan akronim dari Rise, Roar, Revolt ini menceritakan tentang dua sahabat pria bernama Raju dan Bheem, yang menjadi pahlawan masyarakat India. Bheem terpaksa pergi ke Delhi untuk membawa kembali adiknya setelah dibawa paksa oleh Gubernur British Raj.

Sementara Raju adalah seorang polisi loyal yang memiliki niat terselubung. Mereka bertemu dan berniat untuk menghancurkan pemerintahan kolonial Inggris.

14. Ponniyin Selvan: I (2022)

Ponniyin Selvan: I merupakan film berbahasa Tamil yang menuai kesuksesan besar. Ceritanya berpusat pada Sundara Chola, Raja Dinasti Chola yang mencintai putri yang tuli dan bisu bernama Mandakini. Sayangnya, ia tidak bisa menikahi Mandakini karena perbedaan marga dan misteri yang menyelimuti masa lalu gadis tersebut.

Verified Writer

Nina Rochana

Just keep writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya