TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Film Horor Thriller Berlatar Kampung, Bukan Cuma KKN di Desa Penari

Terornya mencekam!

Waktu Magrib (dok. Rapi Films/Waktu Magrib)

Intinya Sih...

  • Film horor klasik The Wicker Man (1973) dengan latar village menampilkan polisi yang mengalami petaka saat menyelidiki kasus kehilangan.
  • Plot twist tak terduga dalam The Village (2004) membawa cerita horor thriller dengan latar village yang mencekam.
  • Eden Lake (2008) dan The Wailing (2016) juga menawarkan teror di desa dengan plot intens dan visual estetik yang menghantui.

Village atau desa menjadi salah satu latar tempat yang sering dipakai dalam genre horor thriller. Selain karena relevan dengan kultur mistisnya, latar village sendiri berhasil memberikan teror mengancam dengan usungan cerita segar dan menarik serta latar village sendiri sukses mendominasi dalam film horor lokal maupun luar negeri.

Nah, buat kamu yang penasaran dengan film horor thriller berlatar village atau kampung, yuk, coba simak dalam artikel berikut ini untuk jajaran rekomendasinya, dijamin salah satunya bakalan jadi favorit kamu, lho.

1. The Wicker Man (1973)

The Wicker Man (1973) merupakan film horor klasik berkonsep folk-horror dengan latar village yang mind-bending. Mengisahkan seorang polisi yang ditugaskan ke sebuah desa terpencil untuk menginvestigasi kasus kehilangan, tetapi berujung membawa petaka baginya.

2. The Village (2004)

Plot twist khas M. Night Shyamalan, The Village (2004) suguhkan cerita horor thriller berlatar village dengan plot tak tertebak. Mengisahkan seorang pria yang berusaha menghindari insiden kelam yang dapat membahayakan komunitas di desanya.

3. Eden Lake (2008)

Jika kamu penggemar film horor thriller dengan ending yang siap membuat kamu greget dan menghadirkan latar village, maka wajib nonton Eden Lake (2008). Berkisah tentang pasangan yang berniat menikmati liburan di sebuah desa, namun berujung dijahili oleh para remaja mematikan.

4. The Wailing (2016)

Hadirkan kultur khas Korea, The Wailing (2016) kemas horor supernatural berlatar village yang mencekam. Premisnya mengikuti seorang polisi yang berusaha mengungkap kasus kematian, di samping itu ia berusaha menyelamatkan anaknya.

Baca Juga: 10 Film Horor Thriller Bertema Blind Exploitation, Ada Film Indonesia!

5. Calibre (2018)

Dibintangi Jack Lowden, Calibre (2018) kisahkan dua orang pria yang berburu di tengah desa terpencil, namun mimpi buruk mulai menghantui mereka saat berusaha menutupi insiden. Film horor psikologis satu ini mengusung latar village yang apik, lho.

6. Satu Suro (2019)

Buat kamu penggemar horor lokal dengan latar village, maka Satu Suro (2019) siap jadi andalannya. Premisnya mengikuti pasangan yang mudik ke kampung halamannya, namun keadaan berubah saat sang istri melahirkan di sebuah rumah sakit terbengkalai.

7. Impetigore (2019)

Garapan Joko Anwar, Impetigore (2019) suguhkan cerita segar yang intens terornya dengan latar village penuh kultur. Mengisahkan seorang perempuan dan temannya yang berusaha mencari peninggalan orang tuanya di sebuah desa, tetapi berujung jadi ancaman bagi mereka.

8. KKN di Desa Penari (2022)

KKN di Desa Penari (dok. MD Pictures/KKN di Desa Penari)

Sukses jadi film horor thriller berlatar village paling laris sepanjang masa, KKN di Desa Penari (2022) kemas cerita horor supernatural dengan konsep folk-horror yang apik. Mengisahkan sekelompok mahasiswa yang melakukan tugas kuliahnya di sebuah desa, tetapi teror mulai bermunculan saat mereka melanggar peraturan.

9. Men (2022)

Rilisan A24, Men (2022) padukan horor psikologis dengan subgenre folk-horror yang berlatar village menghantui. Berkisah tentang seorang perempuan yang berniat mengisolasi diri di sebuah desa, namun berujung mendapat teror dari orang aneh.

Verified Writer

Perceval

I love horror movies so much bro

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya