TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Karakter Anime Berkepribadian Machiavellian, Master Manipulasi!

Bertindak keji di balik topeng karismatik

IMDb.com

Jika kalian punya kenalan yang manipulatif dan rela melakukan segala cara demi keuntungan pribadi, bisa jadi mereka punya kepribadian Machiavellian.

Dalam psikologi, seseorang dengan kepribadian Machiavellian akan melakukan segala cara untuk mendapatkan keinginan mereka. Mereka bahkan tidak segan untuk mengorbankan orang terdekat mereka. 

Meskipun seseorang dengan kepribadian ini tergolong buruk, tapi mereka sangat pandai untuk meraih hati seseorang. Tidak heran jika mereka kerap kali tampil sebagai sosok yang karismatik dan ramah. Seorang Machiavellian merupakan master dalam membangun hubungan baik dengan orang lain yang akan bermanfaat untuk meraih tujuan mereka nantinya. 

Jika kita tidak mewaspadai seseorang dengan kepribadian ini, maka bisa saja kita masuk ke dalam perangkap manipulasi mereka. Jadi untuk mencegah hal tersebut terjadi, yuk kenali kepribadian Machiavellian dari 5 karakter anime di bawah ini!

Baca Juga: 10 Anime Terbaik untuk Mengusir Rasa Bosan, Bikin Hari Lebih Seru!

1. Fudou Nomura - Armed Girl's Machiavellianism

Armed Girl’s Machiavellianism menyoroti seorang tokoh utama lelaki bernama Fudou Nomura yang bersekolah di Akademi Swasta Aichi yang dulunya merupakan sekolah khusus perempuan.

Fudou berhadapan dengan kelompok penegak ketertiban bernama 'Supreme Five Swords' yang terdiri dari 5 orang siswi bersenjata. Anime dengan genre harem ini menampilkan karakter Fudou yang menghadapi para siswi di kelompok tersebut dengan kepribadian Machiavellian yang ia miliki. 

Kepribadian Machiavellian yang Fudou miliki ditandai dengan caranya memanipulasi keadaan dan orang di sekitarnya untuk meraih tujuan. Ia memanfaatkan karisma yang ia miliki untuk memengaruhi beberapa karakter dalam anime. Selain itu, dalam situasi tertentu ia juga tidak ragu melakukan kekerasan untuk mengamankan posisinya dan teman-temannya.

2. Light Yagami - Death Note

Anime yang diadaptasi dari komik berjudul Death Note ini pastinya sudah tidak asing lagi di kalangan anime lovers. Light Yagami, tokoh utama anime ini pun dikenal sebagai sosok penjahat yang keji dan juga cerdas. Dengan buku Death Note di genggamannya, Light tidak ragu untuk membunuh siapapun yang ia anggap mengancam kedamaian dunia. 

Kecerdasan yang ia miliki membuatnya dengan mudah memanipulasi orang sekitarnya untuk meraih yang ia inginkan. Sama dengan karakter anime sebelumnya, Light juga cukup populer di kalangan wanita sehingga tidak sulit baginya untuk memanfaatkan mereka.

Contohnya ketika ia memanfaatkan Misa Amane untuk melancarkan aksi pembunuhannya. Light bahkan tidak ragu untuk menghianati hingga membunuh seseorang yang menganggapnya teman. Meskipun telah membunuh ratusan orang, Light mampu menutupinya dengan penampilan karismatik yang ia miliki berkat kemampuan manipulasinya.

3. Ayanokoji Kiyotaka - Classroom Of The Elite

Anime yang telah rilis sejak 2017 ini juga cukup populer pada masanya berkat plot cerita yang menarik dan seru. Latar anime ini adalah sebuah sekolah di Jepang yang dibangun pemerintah untuk mendidik para generasi muda melalui sistem pendidikan yang cukup unik. Para siswa di sekolah itu terbagi menjadi berbagai macam tingkat kecerdasan dengan yang terendah berada di kelas D.

Ayanokoji Kiyotaka, sang tokoh utama sendiri merupakan bagian dari kelas terendah itu. Terlepas dari peringkatnya yang rendah, Ayanokoji sebenarnya merupakan siswa yang cerdas dan menunjukkan kecenderungan kepribadian Machiavellian.

Sepanjang cerita, Ayanokoji tampil sebagai seseorang yang biasa saja di depan teman-temannya. Namun, itu merupakan strategi manipulasi Ayanokoji agar bisa memperoleh kepercayaan teman-temannya dan memanfaatkannya di kemudian hari. Berkat pemikirannya yang licik, Ayanokoji merupakan karakter yang mampu beradaptasi dalam berbagai macam situasi. 

4. Shiroe - Log Horizon

Anime bergenre isekai ini menceritakan tentang beberapa pemain game online yang terjebak di dunia game dan salah satunya adalah seorang gamer veteran bernama Shiroe.

Shiroe sendiri merupakan seorang pemimpin guild bernama 'Log Horizon'. Ia bersama rekan guildnya pun akan dihadapkan berbagai macam tantangan selama petualangan yang menunjukkan kecenderungan kepemimpinan Machiavellian dalam diri Shiroe.

Berbeda dengan kepribadian Machiavellian lain yang dikenal dengan tindakan amoral dan cara jahat mereka, Shiroe merupakan seorang yang cerdik tanpa mengorbankan nyawa atau menyakiti orang lain.

Selama permainan, iya memanfaatkan kecerdasan yang ia miliki untuk memanipulasi lawan dengan cara memengaruhi mereka. Shiroe merupakan contoh pemilik kepribadian Machiavellian yang masih bermoral.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya