TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Film Indonesia dengan Latar Perbatasan Negara, Ada Kabut Berduri!

Penuh konflik dan misteri yang harus diungkap

Kabut Berduri (dok. Netflix / Kabut Berduri)

Intinya Sih...

  • Kabut Berduri mencuri perhatian di Netflix, disutradarai oleh Edwin.
  • Film Indonesia mengangkat konflik perbatasan: Tanah Air Beta, Batas, Badai di Ujung Negeri, Tanah Surga... Katanya.
  • Film-film tersebut menggambarkan kesenjangan sosial dan penegakan hukum di daerah perbatasan yang berbeda dengan pulau Jawa.

Kabut Berduri, telah berhasil mencuri perhatian sejak perdana tayang di Netflix. Sebuah film arahan Edwin, sutradara yang sebelumnya sukses dengan Aruna dan Lidahnya (2018) dan Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas (2021). Persis seperti kedua film sebelumnya, Edwin kembali menghadirkan cerita tidak biasa, hingga angkat isu-isu sosial.

Kabut Berduri sendiri terbilang cukup unik, karena mengangkat tema tentang konflik yang terjadi di perbatasan. Sampai saat ini, ada beberapa film Indonesia yang berani mengangkat isu atau konflik di perbatasan. Ada sekitar 5 judul film akan dibahas, berikut ulasannya.

1. Tanah Air Beta (2010)

Tanah Air Beta (dok. Alenia Pictures / Tanah Air Beta)

Pertama adalah Tanah Air Beta, yang digarap Ari Sihasale. Berlatarkan tahun 1999, waktu ini bertepatan dengan berpisahnya Timor Timur dari Indonesia, yang memilih membuat negara baru bernama Timor Leste. Saat itu, masyarakat terbagi menjadi dua bagian, antara mereka yang memilih berpindah ke Timur Leste atau menetap di Kupang, Indonesia.

2. Batas (2011)

Selanjutnya Batas, film yang sukses diarahkan sutradara Rudi Soedjarwo. Batas mengawali cerita dari ambisi seorang perempuan bernama Jaleswari, yang ingin memecahkan masalah pendidikan di perbatasan Kalimantan dan Malaysia. Namun siap sangka, usahanya sangat tidak mudah, karena masyarakat sekitar sangat sulit untuk memisahkan antara dunia modern dengan adat istiadat yang telah dijaga rastusan tahun lamanya.

Baca Juga: 10 Film Horor Thriller Bertema Blind Exploitation, Ada Film Indonesia!

3. Badai di Ujung Negeri (2011)

Ketiga hadir dari film terbaik arahan Agung Sentausa, Badai di Ujung Negeri. Menceritakan tentang seorang marinir muda bernama Badai, yang ditugaskan diperbatasan Indonesia, Laut Cina Selatan atau Pulau Bintan. Di sana, Badai terlibat hubungan asmara dengan warga sekitar, hingga harus terlibat konflik dengan sahabat lamanya. Namun di balik semua itum Badai juga dituntut untuk mengungkap misteri pembunuhan berantai.

4. Tanah Surga... Katanya (2012)

Keempat adalah Tanah Surga... Katanya (2012), yang diarahkan Herwin Novianto. Film yang dibintangi Aji Santosa hingga Tissa Biani ini, menceritakan tentang perbatasan Indonesia dan Malaysia yang terlihat sangat jauh berbeda. Hal ini, mengakibatkan banyak sekali warga Indonesia yang memilih untuk pindah menjadi warga Malaysia, tetapi tidak dengan seorang kakek tua yang memilih untuk mencintai tanah Indonesia, bersama cucunya.

Verified Writer

Sandi Nugraha

Bismillahirrahmanirrahim

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya