Comscore Tracker

Rekomendasi 7 Film Indonesia yang Dapat Penghargaan, Tayang di Netflix

Film-film karya anak bangsa yang membaganggakan

Di tengah suasana wabah virus corona dan anjuran untuk physical distancing menonton film di rumah merupakan satu diantara aktivitas untuk melepas stress tak bisa bepergian kemana-mena. 

Saatnya kalian juga menyaksikan film-film Indonesia yang saat ini juga tak kalah dengan film-film barat maupun film asia lainnya.  

Apalagi saat ini perfilman Indonesia sedang gencar berinovasi dan berkarya untuk membawa nama baik Indonesia. Beberapa film yang sudah pernah tayang di layar kaca Indonesia juga sudah banyak yang mendapatkan penghargaan nasional bahkan internasional, lho! Berikut ini film Indonesia yang sukses mendapat penghargaan, bahkan Film-film ini juga pernah tayang di Netflix, Apa saja?

Baca Juga: Rekomendasi 12 Drama Korea Romantis Komedi yang Bikin Senyum Sendiri

1. Cahaya Dari Timur: Beta Maluku

https://www.youtube.com/embed/bE1aovBAbGo

Berlatar belakang di Maluku, film ini diperankan oleh Chico Jericho sebagai Sani Twainella dengan alur cerita yang cukup berat yaitu di tengah konflik Islam dan Kristen, Sani harus melatih sepak bola untuk anak-anak yang ada di daerah tersebut.

Pada tahun 2012, film ini menjadi pemenang Festival Film Indonesia untuk kategori Film Terbaik dan Pemeran Utama Pria Terbaik. Film ini juga dibintangi oleh musisi Glenn Fredly lho, bahkan Glenn juga menyanyikan lagu soundtrack dari film yang terinspirasi dari kisah nyata ini.

2. Sang Penari

https://www.youtube.com/embed/Uo9B_xPyc6k

Bercerita tentang seseorang yang jatuh cinta kepada seorang ronggeng, namun harus terpisah karena adanya masalah politik atau kudeta politik. Ronggeng bernama Srintil ini memiliki gerakan tarian magis 

Pada tahun 2011, film yang dibintangi oleh Prisia Nasution ini menjadi pemenang Festival Film Indonesia untuk kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Pemeran Utama Wanita Terbaik, dan Pemeran Pendukung Wanita Terbaik.

3. 5 cm

https://www.youtube.com/embed/lAgt67okg1c

Lima orang sahabat yang memutuskan berpisah selama beberapa bulan dan bertemu kembali untuk mendaki Gunung Semeru. Sampai akhirnya, perjalanan itu membuat lima sahabat ini menemukan arti pertemanan sesungguhnya dan menemukan rasa syukur atas semua keindahan yang negeri ini miliki.

Pada tahun 2013, film ini menjadi pemenang Festival Film Indonesia untuk kategori Sinematografi Terbaik.

4. Posesif

https://www.youtube.com/embed/5XyMy7Z5SO4

Kisah cinta SMA yang berawal dengan sikap manis yang ditunjukkan oleh Yudhis, sebagai seorang murid pindahan kepada Lala yang merupakan seorang atlet selam. Namun, seiring berjalannya waktu, sikap Yudhis mulai berubah dan menguji kisah cinta mereka.

Pada tahun 2017, film ini menjadi pemenang Festival Film Indonesia untuk kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Pemeran Pendukung Pria Terbaik.

5. Athirah

https://www.youtube.com/embed/LxSTFElo3iI

Kisah seorang single parent yang harus mempertahankan integritas keluarganya ketika harus membesarkan anak seorang diri karena suaminya menikahi wanita lain. Film ini memiliki latar belakang di Makassar.

Pada tahun 2016, film ini menjadi pemenang Festival Film Indonesia untuk kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Pemeran Utama Wanita Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, Skenario Adaptasi Terbaik, dan Penata Busana Terbaik.

6. Cek Toko Sebelah

https://www.youtube.com/embed/r9NJveLN3zI

Seorang ayah sebagai pemilik toko, menginginkan kedua anaknya untuk meneruskan usaha toko. Akan tetapi, Yohan sebagai seorang kakak merasa ayahnya pilih kasih karena Erwin sebagai seorang adik memiliki pekerjaan yang lebih meyakinkan.

Pada tahun 2017, film ini menjadi pemenang Festival Film Indonesia untuk kategori Skenario Asli Terbaik.

7. Pengabdi Setan

https://www.youtube.com/embed/0hSptYxWB3E

Sebuah keluarga yang mengalami kejadian buruk dan berbagai kejadian menyeramkan setelah kepergian ibunya. Keluarga ini pun berusaha untuk tetap bertahan hidup tanpa mereka sadari bahwa ada kejahatan di antara keluarganya.

Pada tahun 2017, film ini menjadi pemenang Festival Film Indonesia untuk kategori Sinematografi Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, Penata Efek Visual Terbaik, Penata Suara Terbaik, Penata Musik Terbaik, dan Pemeran Anak Terbaik. Selain itu, pada tahun 2018, film ini memenangkan Toronto After Dark Film Festival untuk kategori Film Horor Terbaik.

Itulah beberapa film yang sudah pernah tayang di layar kaca Indonesia juga sudah banyak yang mendapatkan penghargaan nasional bahkan internasional, Film-film di atas bisa dijadikan referensi selama karantina dan pemberlakuan PSBB lho. Selamat menonton!

Baca Juga: Sinopsis The King: Eternal Monarch dan Fakta Drama Terbaru Lee Min Ho

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Tuhfatussalisah di IDN Times Community dengan judul 7 Film Indonesia Ini Sukses Dapat Penghargaan dan Tayang di Netflix

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya