Comscore Tracker

5 Bukti Sasuke Lebih Baik, Naruto Tak Sehebat yang Kalian Kira

Sasuke sahabat dan rival dari Naruto

Sejak awal kemunculannya, Naruto dan Sasuke merupakan sahabat sekaligus rival terbesar. Persaingan keduanya telah terjadi semenjak mereka kecil dan sama-sama belajar sebagai shinobi di Konoha. 

Sepanjang hidupnya, Sasuke dan Naruto sudah melewati perjalanan panjang untuk menjadi seorang Shinobi terkuat di dunia ninja.

Tak seperti Naruto yang selalu berjalan di jalan yang lurus, Sasuke sudah melewati jalan yang terang dan gelap, di mana dirinya pernah menjadi ancaman terbesar bagi Konohagukure.

Naruto mungkin memang sudah menjadi Shinobi terkuat dan seorang hokage saat ini. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang membuat adik Itachi yang satu ini lebih baik dari Naruto.

Baca Juga: 5 Shinobi Naruto yang Kesaktiannya Membuat Dewa Ninja Madara Kewalahan

1. Kemampuan Ninjutsu

5 Bukti Sasuke Lebih Baik, Naruto Tak Sehebat yang Kalian Kiracrunchyroll.com/boruto-naruto-next-generations

Dalam hal kemampuan bertarung, Sasuke lebih unggul dari Naruto dalam hal penggunaan Ninjutsu. Hal ini terlihat sangat jelas bahkan sejak Sasuke dan Naruto masih menjadi Genin. Sementara Naruto mengalami kesulitan saat mempelajari suatu Jutsu, sebagai keturunan Uchiha, Sasuke dapat menguasai segala teknik Jutsu tanpa kesulitan sedikit pun. 

Setelah dewasa, Sasuke mengalami peningkatan dalam penggunaan Ninjutsu yang sangat pesat. Kemudian, Sasuke berhasil mencapai puncak kekuatannya setelah dirinya mendapatkan mata terkuat dari Tiga Besar Dojutsu, yaitu Rinnegan.

Bahkan, dalam manga sendiri dituliskan bahwa kekuatan Ninjutsu sangat besar, sehingga kombinasi Elemen Air dan Elemen Angin miliknya dapat menghasilkan Jutsu Elemen Es.

2. Kesadaran taktis

5 Bukti Sasuke Lebih Baik, Naruto Tak Sehebat yang Kalian KiraDok. Studio Pierrot/Naruto: Shippuden

Setelah dewasa, dikatakan bahwa kekuatan Sasuke setara dengan Naruto. Namun faktanya, Sasuke unggul dalam beberapa hal, terutama dalam kesadaran taktis. Di medan pertarungan, Sasuke merencanakan semuanya dengan baik, dan Sasuke cenderung selalu mengetahui bagaimana cara mengatasi kekuatan musuhnya.

Di pertarungannya melawan Jigen, Jigen mengakui bahwa Sasuke adalah ancaman yang jauh lebih besar dari Naruto. Kesimpulan tersebut ia ambil karena Jigen mengetahui bahwa dirinya memiliki kelemahan terhadap Sharingan dan Rinnegan milik Sasuke.

Naruto memang unggul dalam kapasitas chakra dan kekuatan, namun suka atau tidak, Sasuke jelas sangat unggul dalam hal kesadaran taktis.

3. Meninggalkan keluarganya untuk kedamaian

5 Bukti Sasuke Lebih Baik, Naruto Tak Sehebat yang Kalian Kiracrunchyroll.com/boruto-naruto-next-generations

Meskipun Sasuke pernah menjadi penjahat dan mencoba untuk menghancurkan Konoha, namun saat ini, Sasuke telah menjadi Shinobi yang sangat hebat. Untuk menjaga kedamaian dunia, Sasuke menjelajahi Sasuke menjelajahi tempat-tempat yang tidak dapat dijangkau oleh para Shinobi biasa.

Sayangnya, Sasuke harus meninggalkan Sakura dan Sarada untuk melakukan hal tersebut. Sasuke bahkan hampir tidak pernah menghabiskan waktunya dengan keluarganya, dan hal tersebutlah yang membuat Sakura dan Sarada merasa tidak senang. Meskipun begitu, Sasuke menyadari bahwa hal tersebut adalah hal yang harus ia lakukan sebagai seorang Shinobi terkuat di dunia.

Sasuke akan melakukan apa saja untuk melindungi dunia, termasuk membuat dirinya sendiri selalu dihantui oleh rasa bersalah karena harus meninggalkan keluarganya.

4. Menyelamatkan Tim 7 dari Tsukuyomi Tak Terbatas

5 Bukti Sasuke Lebih Baik, Naruto Tak Sehebat yang Kalian KiraDok. Studio Pierrot/Naruto: Shippuden

Tim 7 tidak pernah berada dalam kesulitan yang serius saat mereka bertarung bersama. Tak peduli seberapa sulit rintangan yang harus mereka hadapi, Tim 7 selalu dapat mengatasinya. Namun, hal tersebut berbeda saat Tim 7 harus berhadapan dengan Kaguya.

Tim 7 hampir berhasil dihancurkan oleh Kaguya, dan jangankan untuk mengalahkan Kaguya, Tim 7 bahkan hampir tidak dapat membalas serangan Kaguya jika bukan karena Sasuke. Berkat Rinnegan-nya, Sasuke berhasil mengusir cahaya yang dilemparkan oleh Tsukuyomi Tak Terbatas.

Tak berhenti di situ, Sasuke kemudian menggunakan Susanoo untuk melindungi Tim 7 dari cahaya tersebut. Berkat apa yang ia lakukan, Sasuke tak hanya berhasil melindungi Tim 7, namun ia juga berhasil melindungi dunia.

5. Menjelajahi dunia untuk mengantisipasi ancaman Otsutsuki

5 Bukti Sasuke Lebih Baik, Naruto Tak Sehebat yang Kalian KiraDok. Studio Pierrot/Naruto: Shippuden

Dengan melihat apa yang dilakukan oleh Sasuke, Sasuke sangat layak untuk disebut sebagai Shinobi yang paling penting dalam dunia Naruto. Sasuke diberi tugas untuk melacak sisa-sisa Kaguya dan klan Otsutsuki, sebuah tugas yang bahkan tidak dapat dilakukan oleh seorang Hokage seperti Naruto.

Sasuke adalah satu-satunya orang yang mampu melakukan tugas tersebut berkat kekuatan Rinnegan-nya. Dengan menjalankan tugas tersebut, Sasuke tidak hanya melindungi Konoha dari bayang-bayang, namun ia juga melindungi seluruh dunia.

Setelah pertarungannya dengan Naruto yang berakhir seri, Sasuke selalu disebut sebagai satu-satunya Shinobi yang setara dengan sang Hokage ketujuh.

Tetapi Sasuke masih memiliki beberapa hal yang membuatnya lebih unggul dari Naruto. Bagaimana pendapatmu? Kalian setuju Sasuke lebih baik dari Naruto?

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Arya Nenggala di IDN Times Community dengan judul 5 Bukti Sasuke Lebih Baik dari Naruto

Baca Juga: Pilu! 7 Shinobi Kuat di Naruto yang Tewas di Depan Orang Tersayang

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya