Comscore Tracker

5 Fakta Terbaru soal Konten Horor Sara Wijayanto di YouTube

Selalu ada pesan di dalam video Sara Wijayanto

Semarang, IDN Times - Pencinta horor pasti sudah tidak asing dengan sosok content creator, Sara Wijayanto. Lewat Diary Misteri Sara, wanita kelahiran 6 Mei 1979 itu membagikan cerita-cerita menarik tentang makhluk tak kasat mata yang tentunya membuat merinding bagi penonton. 

Lewat diskusi terbuka dalam acara Indonesia Millennial Summit 2020 yang diadakan pada tanggal 17-18 Januari 2020 lalu, Sara menyapa para penggemarnya di panggung Talent Trifecta dan menceritakan pengalamannya mulai dari co host acara horor sampai sudah sesukses sekarang nih. Yuk simak cerita serunya di bawah ini!

1. Perjalanan karier Sara di mulai dari acara televisi hingga YouTube

5 Fakta Terbaru soal Konten Horor Sara Wijayanto di YouTubeIDN Times/Kevin Handoko

Sebelum fokus di Diary Misteri Sara, istri dari Demian Aditya ini eksis sebagai co-host dalam acara di televisi ternama. Seiring dengan berjalannya waktu, Sara mendapatkan pelajaran dan pengalaman baru yang mendorong dirinya untuk membuat acara sendiri.

"Seru banget ya pasti kalau misalnya gue bisa punya acara sendiri, pasti kan beda, karena gak diatur dan sudah lama itu dari zaman menjadi co-host acara horor. Dalam hati kayak someday gue itu berambisi banget punya acara horor di televisi," ungkapnya.

Tak lama kemudian impian Sara terwujud namun kenyataannya belum sesuai keinginannya. Menurut Sara, masih ada aturan dan batasan dari televisi yang membuat dirinya tidak leluasa untuk berekspresi.

"Gak tahu kenapa 2018 kemarin itu acaranya bungkus, karena itu jadi aku tergerak untuk terusin aja YouTube-nya nih. Kebetulan suami punya banyak tim, aku pakai tuh timnya. Sampai ya udah tiba-tiba gak kerasa sampai sudah setahun ini ya lanjut terus akhirnya," lanjut Sara.

2. Dalam membuat konten, Sara punya tanggung jawab yang besar

5 Fakta Terbaru soal Konten Horor Sara Wijayanto di YouTubeSara Wijayanto di panggung Talent Trifecta IMS 2020, 18 Januari, IDN Times/Nadia Umara

Sara membeberkan bahwa kemampuannya untuk bisa berinteraksi dengan makhluk halus didapatkan dari kedua orang tuanya. Dalam membuat video, seluruh kejadian mistis dialami secara apa adanya tanpa mau dilebih-lebihkan oleh Sara.

"Aku juga gak mau bilang satu konten ini lebih baik daripada konten ini, gak mau. Karena setiap orang ada caranya sendiri-sendiri dan pasti ujung-ujungnya kan cari keuntungan dari situ ya," ucapnya. 

Sara memang memilih untuk tidak peduli dengan kreator yang menambahkan adegan dramatis ke dalam videonya, karena menurutnya setiap video yang dibuat merupakan tanggung jawab masing-masing.

"Jadi pada saat aku bikin si Diary Misteri Sara, aku merasa punya tanggung jawab. Apa sih yang bisa aku bagi cerita tentang mereka dan aku senang saja, apa yang aku dapat malam itu pembelajarannya aku bagikan juga ke orang-orang yang nonton dengan harapan siapa tahu bisa juga pembelajaran buat banyak orang," lanjut Sara.

3. Sara tidak meminta penontonnya untuk percaya penuh

5 Fakta Terbaru soal Konten Horor Sara Wijayanto di YouTubeIDN Times/Fiqih Damarjati

Banyak ditonton oleh penggemar konten horor, Sara tak berhenti bersyukur dan rutin memberikan himbauan bagi penonton channel YouTube-nya. "Aku juga selalu bilang kalau syuting di akhir kadang-kadang aku sisipin, kalian nonton apa pun itu jangan gampang percaya. Karena kalian harus punya filter yang baik buat kalian mana, yang gak baik yang mana," ujarnya.

"Banyaklah setiap hari pasti ada hate comment, nyinyir, cuman kan di setiap episode selalu bilang, kami tidak ingin memaksakan apa yang kami percaya untuk kalian percaya, kami di sini hanya ingin berbagi cerita. Itu tagline-nya," tambahnya.

Baca Juga: IMS 2020: Sara Wijayanto Sebut Kontennya Tak Menakutkan

4. Gak berniat untuk menakut-nakuti penonton, Sara mengambil angle berbeda

5 Fakta Terbaru soal Konten Horor Sara Wijayanto di YouTubeIDN Times/Kevin Handoko

Berbeda dibandingkan konten horor lainnya, Sara justru tidak ingin menakut-nakuti penonton. Ia ingin menceritakan sisi yang berbeda dari makhluk tak kasat mata tersebut, "Saya kontennya gak nakutin, enggak sama sekali. Justru malah nonton untuk melihat sisi lain dari sosok yang terlihat mengerikan. Jadi kadang-kadang ada cerita pilu di situ , kenapa dia jadi seperti itu atau mungkin ada juga yang dia bunuh diri, mengakhiri hidupnya dan dia menyesal. Jadi ada message-nya. Aku usahakan di setiap episode harus ada pesan," jelas Sara. 

Suka membuat penontonnya menangis, Sara pernah dikomentari bahwa videonya seperti drama Korea lho! "Katanya kayak drama Korea, soalnya suka pada nangis. Karena sedih gitu, dan lucu," tambahnya.

5. Gangguan dari manusia membuat Sara geram

5 Fakta Terbaru soal Konten Horor Sara Wijayanto di YouTubeIDN Times/Fiqih Damarjati

Jangankan untuk syuting di tempat horor, melewati tempat sepi dan gelap saja sudah membuat bulu kudukmu merinding kan? Nah, ada fakta menarik dari Sara ketika dirinya dan tim diganggu dengan sosok misterius saat syuting.

"Ada gangguan dari manusia. Justru malah ada orang yang mengganggu jalannya syuting dengan cara melempar. Sudah tahu kita syuting di situ, mungkin ada yang mau nakut-nakutin, ngelempar sesuatu gitu dua kali terjadi," ungkapnya. 

Sampai suatu hari, Sara dibuat geram oleh kelakuan usil seseorang yang hampir mencelakai adiknya. "Kita sudah males banget karena kita ke situ kan proper izin, kita sewa tempat, tiba-tiba ada bongkahan batu karena sudah bolong di atapnya hampir banget kena adik aku. Jadi, bahaya kan? Aku gak mau kalau sampai ada apa-apa sama kru aku. Jadi yang lebih membahayakan adalah justru orang," lanjut Sara.

Itulah fakta seputar Sara Wijayanto yang belum banyak orang ketahui. Menarik sekali ya ketika seorang kreator bisa mengambil angle yang berbeda dari orang lain dan membuat konten horor dengan pesan positif di dalamnya, salut deh untuk Sara!

Baca Juga: IMS 2020: Sara Wijayanto Sebut Makhluk Tak Kasat Mata Tidak Mengganggu

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya