TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Mindset Negatif yang Punya Pengaruh Buruk untuk Hidup Kamu, Hindari!

Rubah ya kalau kamu punya mindset seperti ini

Ilustrasi peran penting dari pola pikir(pexels.com/Moose Photos)

Intinya Sih...

  • Mindset negatif menghambat kesuksesan dan kebahagiaan
  • Muncul saat merasa gagal sebelum memulai, keterpurukan, terlalu kritis pada diri sendiri
  • Memandang segala sesuatu dalam kategori ekstrim, bergantung pada pendapat orang lain

Pola pikir atau mindset yang kamu terapkan punya peran besar yang bisa menentukan tentang cara kamu dalam menghadapi berbagai situasi dalam hidup. Mindset negatif sering menjadi penghalang utama untuk meraih kebahagiaan dan kesuksesan. Cara kamu dalam merespons tantangan, peluang bahkan kegagalan sangat dipengaruhi oleh pola pikir kamu sendiri.

Mindset negatif bisa menjadi penghambat kamu untuk melihat potensi positif yang ada pada diri kamu. Bahkan mindset negatif bisa mengganggu kesejahteraan mental kamu dan mempengaruhi cara kamu berinteraksi dengan orang lain. Sehingga kamu perlu memperhatikan pola pikir yang bisa membuat mengarahkan kamu untuk terus berpikir negatif. Nah, berikut beberapa mindset yang punya kecenderungan untuk berpikir ke arah negatif.

1. Mindset kalah sebelum bertanding

Mindset ini muncul saat kamu sudah merasa gagal sebelum memulai melakukan sesuatu. Punya pikiran bahwa kamu gak akan pernah berhasil atau merasa kesulitan adalah contoh nyata dari mindset ini.

Biasanya berkaitan dengan kurangnya rasa kepercayaan diri dan gak mampu untuk melihat potensi positif dari situasi tertentu. Coba fokus pada kemampuan kamu dengan apa yang sudah kamu raih sebelumnya dan belajar dari kegagalan yang pernah kamu alami.

2. Mindset tentang keterpurukan

Mindset keterpurukan merupakan pola pikir di mana kamu merasa terjebak dalam kondisi yang buruk dan tidak bisa mengubah situasi. Saat kamu punya mindset seperti ini akan merasa bahwa segala sesuatu selalu salah dan tidak ada harapan untuk memperbaiki diri.

Latih diri kamu untuk mencari solusi daripada hanya fokus pada masalah yang gak akan selesai kalau kamu hanya diam saja. Cobalah membuat tujuan kecil yang bisa kamu capai untuk membangun rasa percaya diri dan katakan bahwa kamu bisa.

Baca Juga: 7 Pesan Untuk Kamu yang Menganggap Zona Nyaman sebagai Hambatan

3. Mindset terlalu kritis pada diri sendiri

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Mindset ini biasanya terjadi karena kamu terlalu kritis terhadap diri kamu sendiri. Kamu dengan pola pikir seperti ini biasanya sering meragukan kemampuan kamu dan merasa gak pernah cukup baik, meskipun kamu sudah mencapai banyak hal.

Mulailah dengan memberikan apresiasi pada diri sendiri untuk pencapaian yang pernah diraih. Latih diri kamu untuk belajar mengakui kekuatan dan keberhasilan, sekecil apapun itu. Cara ini bisa membantu kamu mengubah pola pikir yang terlalu keras terhadap diri sendiri.

4. Mindset yang berpikir hitam putih

Mindset ini akan melihat segala sesuatu hanya punya dua kategori yang ekstrim, baik atau buruk, sukses atau gagal tanpa peduli tentang proses atau hal lainnya. Hal ini sering membuat kamu merasa bahwa saat kamu gak bisa mencapai hasil yang sempurna itu berarti kamu sudah gagal total.

Cobalah untuk melihat segala situasi dalam pola pikir yang lebih luas dan pertimbangkan berbagai hal yang bisa terjadi di antara dua hal tersebut. Pahami bahwa gak ada yang sempurna dan kesalahan adalah bagian dari proses belajar yang bisa membantu kamu untuk mengurangi pola pikir hitam putih.

Verified Writer

Binti Nur Rohmah

Life much better

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya