TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Mengatur Prioritas Agar Karir dan Hubungan Tetap Seimbang 

Tetap fleksibel dan atur prioritasmu dengan pasangan

ilustrasi pasangan (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Intinya Sih...

  • Mengatur tujuan jangka panjang dan pendek dalam karir dan hubungan
  • Gunakan metode prioritas seperti matriks Eisenhower atau teknik Pomodoro
  • Komunikasi efektif dengan pasangan, fleksibilitas, dan keseimbangan mental-fisik sangat penting

Dalam kehidupan modern yang serba cepat, tantangan dalam mengelola waktu antara karir dan hubungan pribadi sering kali menjadi masalah yang dihadapi banyak orang. Kesibukan pekerjaan yang terus meningkat bisa mengorbankan hubungan dengan keluarga, pasangan, atau teman dekat.

Mengatur prioritas antara karir dan hubungan pribadi bisa menjadi tantangan, tetapi penting untuk mencapai keseimbangan dalam hidup. Berikut ini adalah lima cara efektif yang dapat membantu kamu mengelola prioritas agar kedua aspek penting tersebut tetap seimbang.

1. Tetapkan tujuan jangka panjang dan pendek

Menentukan tujuan jangka panjang dan pendek baik dalam karir maupun hubungan adalah langkah pertama yang penting. Untuk karir, tentukan pencapaian yang ingin diraih dalam beberapa tahun ke depan, seperti promosi atau pengembangan keahlian baru.

Dalam hubungan, pikirkan tujuan seperti pernikahan, memiliki anak, atau meningkatkan komunikasi dengan pasangan. Memiliki tujuan yang jelas membantu kamu menyusun langkah-langkah konkrit untuk mencapainya.

2. Gunakan metode prioritas yang efektif

Gunakan metode prioritas seperti matriks Eisenhower atau teknik Pomodoro untuk membantu kamu menentukan apa yang penting dan mendesak. Matriks Eisenhower membagi tugas menjadi empat kategori: penting dan mendesak, penting tapi tidak mendesak, tidak penting tapi mendesak, dan tidak penting serta tidak mendesak. Teknik Pomodoro dapat membantu kamu fokus dengan membagi waktu kerja menjadi periode singkat dengan istirahat di antaranya.

Baca Juga: 5 Langkah Membantu Pasangan Mengatasi Burnout di Tempat Kerja 

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

3. Komunikasi terbuka dengan pasangan

Komunikasi yang efektif dengan pasangan adalah kunci untuk menjaga hubungan tetap harmonis di tengah kesibukan karir. Diskusikan jadwal, rencana, dan harapanmu bersama pasangan. Dengan begitu, kamu bisa saling memahami dan mendukung dalam mencapai tujuan masing-masing. Pastikan untuk menyisihkan waktu khusus bagi pasangan, seperti kencan mingguan atau liburan bersama. 

4. Fleksibilitas dalam menyesuaikan prioritas

Kehidupan tidak selalu berjalan sesuai rencana, dan terkadang kamu perlu menyesuaikan prioritas. Fleksibilitas dalam menyesuaikan prioritas sesuai situasi yang ada adalah penting. Misalnya, jika pekerjaan sedang menuntut lebih banyak waktu, mungkin perlu ada penyesuaian dalam waktu yang dihabiskan bersama pasangan, dan sebaliknya. 

Verified Writer

Oktavia Isanur Maghfiroh

keep going!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya