Comscore Tracker

Jaminan Gaji Tinggi di Masa Depan, 7 Fakta Jurusan Perumahsakitan 

Meskipun hanya vokasi tapi prospeknya menjanjikan!

Istilah jurusan perumahsakitan atau manajemen pelayanan rumah sakit masih asing di kalangan para pelajar. Jurusan tersebut tidak sepopuler kedokteran atau psikologi yang berkaitan dengan medis.

Perumahsakitan merupakan salah satu jurusan ideal bagi para pelajar yang merasa memiliki dua ketertarikan sekaligus terhadap bidang medis dan sosial. Mau tahu informasinya lebih lanjut? Berikut 7 fakta jurusan perumahsakitan yang bisa menambah wawasanmu.

Baca Juga: 6 Pekerjaan dengan Gaji Tinggi dan Konon Lebih Jarang Sakit, Mau?

1. Perpaduan program studi sains dan sosial

Jaminan Gaji Tinggi di Masa Depan, 7 Fakta Jurusan Perumahsakitan pexels.com/pixabay

Buat kamu yang punya ketertarikan pada dunia medis tapi keberatan mengambil jurusan dokter, jurusan ini pas banget buat kalian. Karena dalam perumahsakitan kamu akan belajar perpaduan ilmu sains dan sosial.

Lebih detailnya jurusan ini mengajarkan kamu bagaimana sistem rumah sakit yang dekat hubungannya dengan manajemen dan dunia medis seperti rekam medis serta farmasi seperti yang dipelajari dalam jurusan kedokteran. Kombinasi yang pas banget gak nih?

2. Mata kuliah yang dipelajari

Jaminan Gaji Tinggi di Masa Depan, 7 Fakta Jurusan Perumahsakitan pexels.com/@pixabay

Karena ini adalah ilmu campuran dari dua bidang maka mata kuliah yang dipelajari juga berbeda jenisnya. Di sini kamu akan mendapatkan beberapa mata kuliah ilmu sosial seperti Administrasi Perpajakan, Hukum dan Perundang-undangan Kesehatan dan Rumah Sakit, Manajemen Keuangan Rumah Sakit dan Customer Relationship Management. 

Namun, di samping itu akan dipelajari pula ilmu kesehatan yang berkaitan dengan medis seperti yang dipelajari pada jurusan kedokteran atau perawat, seperti Humas Rumah Sakit, Laboratorium Klinik Rekam Medis, dan Ilmu Kesehatan Masyarakat & Kependudukan. 

3. Satu jurusan mencakup banyak bidang

Jaminan Gaji Tinggi di Masa Depan, 7 Fakta Jurusan Perumahsakitan pexels.com/@pixabay

Jurusan perumahsakitan seperti paket komplet yang bisa kamu pilih dengan banyak keuntungan. Jika diuraikan secara rinci mata pelajaran yang didalami dalam jurusan ini mencakup banyak bidang.

Jurusan perumahsakitan merangkum dan menyatukan beberapa jurusan lain seperti, ilmu keperawatan, kesehatan masyarakat, kebidanan, fisioterapi, okupasi terapi, dan teknik elektromedik.

4. Keseruan yang ada di jurusan perumahsakitan

Jaminan Gaji Tinggi di Masa Depan, 7 Fakta Jurusan Perumahsakitan pexels.com/@buro-millennial

Jangan berpikir jurusan ini siap mencekikmu dengan berbagai pelajaran yang beraneka ragam. Justru ini adalah bidang terbaik bagi kamu yang menyukai tantangan dan mempelajari banyak hal baru. Kamu dijamin gak akan bosan saat memilih jurusan ini sebab selalu ada materi yang membuatmu mengetahui banyak hal unik. 

5. Cocok buat kamu yang mau santai tapi serius

Jaminan Gaji Tinggi di Masa Depan, 7 Fakta Jurusan Perumahsakitan pexels.com/@pixabay

Dengan adanya dua bidang yang disatukan seperti ini maka jurusan perumahsakitan cocok banget bagi kamu yang ingin kuliah santai tapi serius. Maksudnya adalah pelajaran yang dipelajari bukan sesuatu yang sangat berat seperti kedokteran karena itu kamu bisa santai, tapi juga tidak bisa disepelekan sebab apa yang kalian pelajari juga punya peran penting dalam sistem rumah sakit. 

6. Hanya tersedia di beberapa universitas tertentu

Jaminan Gaji Tinggi di Masa Depan, 7 Fakta Jurusan Perumahsakitan pexels.com/@kobeboy

Jurusan ini tersedia pada tingkatan Diploma III atau D3 dan hanya dimiliki oleh beberapa kampus tertentu. Di Jakarta kamu bisa menemukan jurusan Perumahsakitan di Sekolah Vokasi Universitas Indonesia, di luar itu ada Universitas Airlangga dan beberapa kampus swasta seperti Universitas Muhammadiyah Makassar dan Politeknik Piksi Ganesha.

7. Jaminan prospek karier yang menggiurkan

Jaminan Gaji Tinggi di Masa Depan, 7 Fakta Jurusan Perumahsakitan pexels.com/@rawpixel

Dan hal yang paling penting dari sebuah jurusan adalah prospek karier di masa depan. Meskipun hanya dimiliki beberapa kampus tertentu tapi tenang aja guys sebab lulusan jurusan perumahsakitan punya prospek karier yang menggiurkan.

Kamu dapat bekerja sebagai bagian penting dari rumah sakit, seperti manajer keuangan, sekretaris medis dan bahkan dapat menembus BUMN yang berhubungan dengan kesehatan, sebut saja Kementerian Kesehatan dan BPJS. 

Itulah informasi seputar jurusan perumahsakitan yang menjanjikan gaji tinggi di masa depan. Tertarik untuk mencobanya guys?

Artikel ini pertama kali ditulis oleh dewi dewi di IDN Times Community dengan judul 7 Fakta Jurusan Perumahsakitan, Jaminan Gaji Tinggi di Masa Depan

Baca Juga: Ingin Gaji Rp80 Juta? Ini 10 Pekerjaan Bayaran Tertinggi di Indonesia

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya