Comscore Tracker

Jarang Tahu, 5 Profesi yang Ada di Bandara Selain Pilot dan Pramugari

Jarang banget ada yang tahu, lho!

Saat ada pertanyaan, "Profesi apa yang terdapat di bandara?", sebagian orang pasti akan langsung menjawab pilot atau pramugari. Tetapi, apakah kamu tahu jika sebenarnya banyak profesi lain di bandara yang jarang diketahui. Mau tahu? Ini dia daftarnya.

1. Marshaller

Jarang Tahu, 5 Profesi yang Ada di Bandara Selain Pilot dan Pramugaripinterest/Frankfurt Airport

Pernahkah kamu melihat seseorang di landasan terbang yang sedang memandu pesawat? Orang tersebut merupakan marshaller.

Mereka selalu menggunakan penutup telinga dan bekerja untuk membantu pesawat parkir ketika ingin mengisi bahan bakar. Mereka juga memastikan bahwa landasan pesawat sudah terbebas dari benda-benda yang berbahaya. 

2. Aircraft Maintenance Engineer (AME)

Jarang Tahu, 5 Profesi yang Ada di Bandara Selain Pilot dan Pramugaripinterest/airliners.net

Aircraft Maintenance Engineer (AME) merupakan profesi yang bertugas untuk melakukan perawatan terhadap pesawat terbang. Artinya, mereka memastikan bahwa pesawat sudah dalam kondisi prima dan layak untuk terbang.

Profesi ini jelas sangat penting. Jika pesawat tidak dalam keadaan prima, penerbangan bisa dibatalkan atau keadaan terburuknya, mengalami kecelakaan.

3. Air Traffic Controller (ATC)

Jarang Tahu, 5 Profesi yang Ada di Bandara Selain Pilot dan Pramugaripinterest/Adalidda

Dalam Bahasa Indonesia, Air Traffic Controller diartikan sebagai pemandu lalu lintas udara atau pemandu lalu lintas penerbangan. Tugasnya adalah memberikan layanan pemanduan lalu lintas udara, terutama terhadap lalu lintas penerbangan pesawat.

Mereka memastikan bahwa setiap pesawat terbang ada pada jalurnya masing-masing sehingga tidak mengalami kecelakaan. Selain itu, ATC memberikan arahan boleh atau tidaknya pesawat terbang atau mendarat. Menarik sekali kan pekerjaan yang satu ini?

Baca Juga: 5 Profesi yang Berhubungan Erat dengan Musik dan Tak Semua Meliriknya

4. Aviation Security (AVSEC)

Jarang Tahu, 5 Profesi yang Ada di Bandara Selain Pilot dan Pramugaripinterest/Viral buzz feed

Berbeda dengan petugas keamanan pada umumnya, Aviation Security (AVSEC) bertugas untuk mengawasi dan mengecek seluruh isi dalam pesawat sehingga tidak membahayakan penumpang ketika terbang.

Tidak hanya hal-hal yang berhubungan dengan pesawat, mereka juga kerap melakukan pemeriksaan terhadap penumpang, awak penumpang, awak pesawat, hingga bagasi.

5. Ground Staff

Jarang Tahu, 5 Profesi yang Ada di Bandara Selain Pilot dan Pramugaripexels/Connor Danylenko

Ketika kamu ingin naik pesawat, pasti ada seseorang yang bertugas untuk menanyakan tiket, visa, dan menimbang barang bawaan sebelum dimasukkan ke dalam bagasi, kan? Orang-orang tersebut merupakan ground staff.

Meski bekerja di bidang customer service, untuk menekuni profesi ini, kamu harus bisa menguasai beragam bahasa, terutama Bahasa Inggris. Kamu akan bertemu dengan orang-orang dari luar negeri, yang pada dasarnya tidak selalu paham Bahasa Indonesia.

Itulah beberapa profesi yang bekerja di bandara, selain pramugari dan pilot. Jadi, kamu tetap bisa bekerja di bandara meskipun bukan menjadi pilot atau pramugari, kok!

Baca Juga: 5 Profesi yang Masih Cukup Sulit Tergantikan oleh Robot, Mustahil?

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya