TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Trik Menjaga Rumah Tetap Adem di Tengah Cuaca Panas

Rumah tetap sejuk dan nyaman, meski suhu di luar menyengat

ilustrasi rumah di siang hari (pexels.com/Expect Best)

Intinya Sih...

  • Cara menjaga suhu ruangan tetap sejuk dan nyaman
  • Optimalkan sirkulasi udara dengan membuka jendela dan memasang exhaust fan
  • Kurangi paparan sinar matahari langsung dengan kaca film, gorden tebal, dan tanaman hias

Cuaca panas kerap melanda saat musim kemarau. Ketika cuaca panas, rumah pun terasa gerah dan kurang nyaman. Dan saat itulah kita membutuhkan trik untuk menjaga suhu di dalam rumah tetap sejuk dan adem, sehingga kita tetap betah berlama-lama di rumah meski terik matahari menyengat di luar.

Memang, faktor material dan struktural bangunan yang tepat berperan penting dalam menciptakan rumah yang sejuk secara alami. Namun, terkadang kita juga perlu trik tambahan untuk mengatasi panas yang berlebihan. Berikut adalah lima trik mudah yang bisa kamu terapkan untuk menjaga rumah tetap adem dan nyaman. Bahkan, saat di tengah cuaca panas yang ekstrem.

1. Mengoptimalkan sirkulasi udara

Suhu ruangan yang panas saat musim kemarau seringkali membuat penghuni merasa tidak nyaman. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh pemilihan material bangunan dan desain struktural yang kurang tepat. Salah satu faktor yang menyebabkan ruangan terasa panas adalah sirkulasi udara yang buruk. Ventilasi yang tidak memadai menyebabkan udara panas terperangkap di dalam ruangan, sehingga suhu terus meningkat.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu mengoptimalkan sirkulasi udara di dalam rumah. Buka jendela dan pintu secara berkala untuk memungkinkan aliran udara segar masuk ke dalam ruangan. Selain itu, kamu juga bisa memasang exhaust fan untuk membantu mengeluarkan udara panas dari dalam rumah. Exhaust fan dapat dipasang di ruangan yang kurang ventilasi dan pengap.

2. Mengurangi paparan sinar matahari langsung

Selama musim kemarau, intensitas sinar matahari yang tinggi menyebabkan suhu udara meningkat secara signifikan. Kurangnya curah hujan mengakibatkan kelembapan udara berkurang. Kondisi ini, terutama di rumah yang terkena paparan sinar matahari berlebih, dapat membuat seluruh ruangan terasa gerah dan tidak nyaman.

Ada beberapa cara efektif untuk menjaga rumah tetap sejuk selama musim kemarau. Salah satunya adalah dengan mengurangi paparan sinar matahari langsung ke dalam ruangan. Hal ini dapat dilakukan dengan memasang kaca film pada jendela atau menggunakan gorden tebal. Selain itu, menanam pohon di sekitar rumah juga dapat memberikan naungan alami dan membantu menurunkan suhu lingkungan.

Baca Juga: 5 Jenis Anthurium yang Paling Banyak Diburu Pecinta Tanaman Hias

3. Mematikan peralatan elektronik saat tidak digunakan

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Banyak faktor yang menyebabkan suhu di dalam rumah meningkat. Selain paparan sinar matahari langsung, sirkulasi udara yang buruk, dan pemilihan material bangunan yang kurang tepat, panas yang bersumber dari peralatan elektronik juga memperparah kondisi ini. Akibatnya, ruangan menjadi terasa gerah dan tidak nyaman untuk ditempati.

Faktor lingkungan dan penggunaan peralatan elektronik secara tidak efisien juga dapat meningkatkan suhu ruangan, terutama selama musim kemarau. Misalnya, menyalakan lampu di siang hari ketika cahaya matahari sudah cukup dapat menambah panas di dalam ruangan. Untuk mengatasi masalah ini, kita perlu lebih bijak dalam mengonsumsi listrik. Mematikan peralatan elektronik yang tidak digunakan, terutama pada siang hari, adalah salah satu cara efektif untuk mengurangi panas di dalam rumah.

4. Meletakkan tanaman hias di dalam rumah

Jika rumah terasa gerah dan panas, beberapa langkah tambahan berikut ini dapat dilakukan untuk menurunkan suhu ruangan. Selain tips yang telah disebutkan sebelumnya, kamu dapat mencoba cara berikut ini. Tentunya, sangat mudah dan praktis.

Salah satu cara selanjutnya untuk menurunkan suhu ruangan adalah dengan menempatkan tanaman hias di dalam ruangan. Tanaman hias dapat membantu meningkatkan kelembapan udara. Selain itu, tanaman hias juga dapat menciptakan suasana yang lebih segar, sejuk, dan estetik.

Verified Writer

Fauzan Fadhilah

IG: @fadhi_lahfauzan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya