TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Membangun Rumah Dengan Budget Terbatas, Anti Gagal!

Terpenting rencanakan proses pembangunan dengan baik

ilustrasi rumah minimalis (unsplash.com/Brian Babb)

Intinya Sih...

  • Membangun rumah merupakan investasi besar yang membutuhkan perencanaan detail dan realistis.
  • Fokus pada kebutuhan esensial seperti fondasi kuat, atap tahan lama, sistem pipa, dan listrik yang baik.
  • Prioritaskan material berkualitas dengan harga terjangkau, pertimbangkan penggunaan jasa kontraktor atau tukang lokal.

Membangun rumah merupakan salah satu investasi terbesar yang kerap dilakukan oleh banyak orang, apalagi rumah merupakan kebutuhan penting yang diperlukan. Sebetulnya membangun rumah membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi seiring berjalannya waktu ternyata biaya konstruksi yang dibutuhkan seolah terus meningkat dan memberikan tantangan tersendiri.

Jika kamu termasuk orang yang memiliki anggaran terbatas dalam membangun rumah tentunya hal ini harus dicari solusi terbaik agar tetap bisa berjalan dengan lancar tanpa masalah. Oleh sebab itu, kamu bisa melakukan beberapa tips berikut ini untuk membangun rumah walau dengan budget yang terbatas.

1. Buat perencanaan yang detail dan realistis

Perencanaan merupakan hal yang penting dalam melakukan sesuatu, termasuk salah satunya ketika akan membangun rumah. Bagaimana pun juga membangun rumah membutuhkan perencanaan yang benar-benar detail dan realistis agar nantinya dapat sesuai dengan keinginan, serta tidak menimbulkan penyesalan.

Pastikan kamu membuat perencanaan yang mencakup segala hal mulai dari ukuran rumah, desain, hingga pemilihan material yang akan digunakan. Setidaknya jika kamu sudah membuat perencanaan dengan matang, maka bisa memprediksi biaya-biaya yang akan muncul agar nantinya bisa menghindari pengeluaran yang dianggap tidak perlu.

2. Prioritaskan kebutuhan, bukan keinginan

Kamu mungkin memiliki keinginan tersendiri untuk membangun rumah dengan gaya-gaya tertentu, namun hal ini tidak selalu bisa disesuaikan dengan preferensi. Jika kamu memiliki anggaran yang terbatas, maka harus bisa membedakan antara kebutuhan dan juga keinginan selama proses membangun rumah tersebut.

Kamu bisa berfokus pada elemen-elemen yang esensial, seperti fondasi rumah yang kuat, atap yang tahan lama, hingga sistem pipa atau pun listrik yang berjalan dengan baik. Jika memang kamu merasa kebutuhan dasar dalam membangun rumah sudah terpenuhi, barulah bisa berfokus pada fitur-fitur tambahan seperti dekorasi interior.

Baca Juga: 7 Kutipan Cinta Buku Essai Korea Aku Ingin Pulang Meski Sudah di Rumah

3. Pilih material yang terjangkau dan berkualitas

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Satu hal penting yang perlu kamu pahami pada saat membangun rumah adalah dengan memilih material yang nantinya akan digunakan. Ternyata pengambilan material ini merupakan salah satu pertimbangan penting agar rumah milikmu bisa berdiri dengan kokoh tanpa mengalami masalah apa pun, sehingga tidak boleh kamu sepelekan begitu saja.

Sebetulnya kamu harus memprioritaskan material yang berkualitas, namun memiliki harga yang terjangkau agar nantinya tidak sampai merogoh kocek terlalu dalam. Kamu bisa membandingkan toko-toko yang mungkin menjual material lokal hingga material impor agar nantinya bisa melihat perbedaan harga yang ada, sehingga bisa memeroleh material dengan kualitas yang terjamin.

4. Bandingkan penggunaan jasa kontraktor dan tukang lokal

Pada saat akan membangun rumah ternyata kamu juga harus mempertimbangkan soal penggunaan jasa kontraktor atau pun tukang lokal. Hal ini sebetulnya bisa menjadi salah satu hal penting untuk disesuaikan dengan kebutuhan dan juga kemampuan budget masing-masingm sehingga nantinya bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana awal.

Tukang lokal biasanya memiliki tarif yang lebih bersahabat dan cenderung lebih fleksibel dalam melakukan negoisasi harga, namun tetap perlu kamu perhatikan reputasi dan juga kualitas pekerjaannya. Selain itu, penggunaan jasa kontraktor juga bisa digunakan apabila memang kamu ingin tenaga-tenaga yang profesional dan terpercaya, namun urusan harga biasanya sulit untuk dinegoisasi dan bisa jadi lebih mahal.

Verified Writer

Harrel Kaiko

Ingin menjadi penulis yang handal :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya