TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Literasi Digital Siswa SMP Banyumas, Teknologi Dukung Proses Belajar

Ajari para siswa gunakan internet untuk belajar

Nobar literasi digital, siswa SMP di Brebes belajar cara promosi budaya Indonesia lewat konten digital. (Dok Kemenkominfo)

Banyumas, IDN Times - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kembali mengadakan Literasi Digital Nobar dengan mengambil tema "Teknologi Untuk Mendukung Proses Belajar dan Mengajar ".

Acara nobar tersebut akan dilaksanakan langsung dari studio Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas melalui via Zoom, pada hari Senin (26/8/2024). Literasi digital tersebut akan memfokuskan pada pelajar siswa SMP se-Kabupaten Banyumas.

Literasi digital ini, diharapkan para siswa SMP yang merupakan pengguna internet paling aktif menyadari teknologi telah memungkinkan untuk siswa belajar dari mana saja di dunia melalui platform e-learning seperti Google Classroom, Schoology, Edmodo, dan lainnya.

Seperti diketahui penggunaan internet dalam proses belajar-mengajar saat ini menjadi sesuatu yang sifatnya wajib, internet menjadi salah satu wadah para siswa berekspresi dan berpendapat dan hal tersebut mempengaruhi perkembangan media di Indonesia sekarang ini, khususnya media online.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Ubadillah Fatawi, M.Pd., dari Aktivis Pendidikan Alternatif & Kontributor Islami.co, mengatakan di zaman yang serba internet saat ini, para siswa harus bisa memanfaatkan platform yang ada di internet untuk proses belajar-mengajar.

"Dengan adanya Program Gerakan Nasional Literasi Digital Indonesia 2020-2024 wajib dilaksanakan sebaik mungkin dan tepat sasaran agar para generasi penerus bangsa semakin cerdas dalam menerima informasi khususnya informasi melalui digital. Teknologi internet harus kita manfaatnya dalam proses mengajar, karena kita bisa memanfaatkan platform yang ada untuk belajar." Ungkap Ubadillah melalui rilis yang diterima IDN Times.

Memasuki era digitalisasi perlu ditanamkan sedini mungkin etika kebebasan menggunakan platform. Dalam berpendapat tentu ada batasan dan pertimbangan, karena negara memiliki kebudayaan, pandangan, dan kebiasaan yang berbeda-beda.

Acara nobar tersebut, akan menghadirkan narasumber Pengawas Sekolah Madya, Alfa Kristiani, S.Pd., M.Pd. yang akan memaparkan tentang Pengaruh Infrastruktur Digital bagi Generasi Muda. Serta Komite OPSDM Mafindo Erwina Tri Sulistyaningrum, yang akan memberikan materi Teknologi dan Manfaatnya dalam Proses Mengajar.

Baca Juga: Kemenkominfo Ajak Siswa SMA di Batang Nobar Literasi Digital

Berita Terkini Lainnya