TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Waspada Serangan Siber! Siswa SMP Brebes Belajar Keamanan Akun Medsos

Kemenkominfo Gelar Wibinar Digital Safety 101

Nobar literasi digital, siswa SMP di Brebes belajar cara promosi budaya Indonesia lewat konten digital. (Dok Kemenkominfo)

Brebes, IDN Times - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan menggelar Nonton Bareng (Nobar), dengan menggambil tema Digital Safety 101 : Dasar Keamanan Akun Media Sosial untuk siswa SMP di Kabupaten Brebes.

Para siswa SMP ini bakal belajar cara mengatasi intimidasi online terkait gender, mencegah penyalahgunaan data pribadi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, serta hak kendali atas data pribadi.

Acara nobar akan digelar pada Senin (29/7/2024), secara zoom meeting langsung dari SMP Negeri Kabupaten Brebes, dan di ikuti oleh siswa SMP se-Kabupaten Brebes.

Baca Juga: Literasi Digital Siswa SMA Brebes, Bijak Bersosmed Tanpa Cyberbullying

1. Siswa diharapkan semakin cakap dan berhati-hati menggunakan internet

Korwil Mafindo Wonosobo Astin Meiningsih, mengatakan nonton bareng, bertemakan Digital Safety 101 : Dasar Keamanan Akun Media Sosial, dengan segmentasi siswa SMP, diadakan oleh Kemenkominfo merupakan terobosan kegiatan yang sangat penting. Karena perkembangan dunia internet saat ini sudah tidak terbatas lagi.

"Kegiatan nobar akan membuat para siswa SMP, semakin cakap dan berhati-hati saat menggunakan internet. Terlebih dunia internet sekarang, yang semakin hari mengalami perkembangan yang tanpa batas. Melalui kegiatan nobar literasi digital ini diharapkan peserta didik maupun tenaga kependidikan semakin cerdas dalam melakukan aktivitasnya di ruang digital, khususnya menjaga data diri agar tidak dapat diakses
oleh orang lain." Ungkap Astin.

2. Membangun budaya online yang baik

Nobar tersebut menghadirkan pembicara Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar, Aditya Perdana, SE.,M.Si, yang akan memaparkan, Membangun Budaya Online yang Baik dan Bermartabat. Serta, Aktivis Pendidikan Alternatif dan Kontributor Islami.co, Ubadillah Fatawi, M.Pd., memaparkan Pahami Standar Kemanan dalam Platform Media Sosial.

Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama siberkreasi memberikan edukasi kepada masyarakat, tentang pentingnya edukasi menggunakan internet, dan ini merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD).

Berita Terkini Lainnya