Comscore Tracker

Kopasus Ditakuti Dunia, Ini 10 Pasukan Khusus Terbaik di Muka Bumi

Deretan pasukan elite terbaik yang ditakuti

Kopassus atau Komando Pasukan Khusus merupakan pasukan elite TNI AD yang namanya telah melegenda. Komando Pasukan Khusus ini merupakan pasukan yang sangat terlatih dan dipersenjatai dengan persenjataan terbaik dan ditugaskan untuk menangani sejumlah misi. Inilah 10 pasukan khusus militer dunia yang mematikan.

Baca Juga: Bak Rambo! Pratu Suparlan Dari Kopassus Sendirian Habisi Ratusan Musuh

1. SAS - Inggris

Kopasus Ditakuti Dunia, Ini 10 Pasukan Khusus Terbaik di Muka BumiPinterest.com/Zeton

SAS adalah singkatan dari Special Air Service. Pasukan ini adalah pasukan militer yang berasal dari Inggris, banyak dari pasukan elit dunia terpengaruh dari satuan elite ini. Unit ini dibentuk pada 31 Mei 1950 oleh kementrian pertahanan Inggris. Pasukan elit ini sering melakukan misi yang beresiko tinggi.

Motto dari pasukan ini adalah “who dares wins” yang berarti siapa yang bertindak berani pasti akan menang. Pada 1980, pasukan ini berhasil menyelamatkan sandera dalam kedutaan besar Iran di London. Pasukan ini berhasil menumpas 5 anggota terroris dan berhasil menyelamatkan 19 sandera.

2.GSG-9 - Jerman

Kopasus Ditakuti Dunia, Ini 10 Pasukan Khusus Terbaik di Muka Bumibootcampmilitaryfitnessinstitute.com

GSG adalah kependekan dari Grenzschutzgruppe 9 unit taktis operasi khusus antiterror kepolisian federal Jerman. Unit ini dibentuk pada 17 April 1973. Kesatuan ini dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia, banyak kesatuan-kesatuan khusus dunia yang terpengaruh oleh kesatuan ini.

3. KOPASSUS - Indonesia

Kopasus Ditakuti Dunia, Ini 10 Pasukan Khusus Terbaik di Muka Bumiinstagram.com/kopasus_komando

Ini nih asli Indonesia, Komando Pasukan Khusus. Kopassus adalah unit kesatuan bagian dari TNI Angkatan Darat Republik Indonesia. Kesatuan ini dibentuk pada 16 April 1952, pasukan ini juga disebut Korps Baret Merah. Pasukan ini memiliki motto “Berani, Benar, Berhasil”.

Di setiap tugasnya, pasukan ini berhasil mengukuhkan keberadaanya karena sering menangani tugas-tugas berat, dan misi yang paling melegenda adalah misi pembebasan sandera di pesawat terbang tepatnya di Bandara Don Muang Thailand karena dapat diselesaikan hanya dalam waktu 3 menit saja.

Masih banyak lagi misi keberhasilan Kopassus yang lainnya. karena sifatnya rahasia, pasukan ini tidak diketahui secara menyeluruh baik persenjataaan maupun jumlah personil.

4. Spetsnaz - Rusia

Kopasus Ditakuti Dunia, Ini 10 Pasukan Khusus Terbaik di Muka Bumiinstagram.com/ru.spesialforces

Spetsnaz adalah bahasa untuk pasukan khusus Rusia yang berarti Unit Tujuan Khusus. Spetsnaz bertugas diberbagai misi yang antara lain pengintaian, antiterror, sabotase, assassination, dan misi seperti pasukan khusus pada umumnya. Spetsnaz juga banyak melatih pasukan-pasukan khusus di dunia.

5. US Navy SEALs - Amerika Serikat

Kopasus Ditakuti Dunia, Ini 10 Pasukan Khusus Terbaik di Muka Bumipinterest.com/zeton

Navy Seals, SEALS sendiri adalah singkatan dari Sea Air And Land yang berarti pasukan ini bisa beroperasi di tiga matra Laut, Udara, dan Darat. Unit ini dibentuk pada 1 Januari 1962 dan bagian dari Angkatan Laut Amerika Serikat. Selain antiterror, pasukan ini juga disiapkan untuk operasi nonkonvensional dan pertahanan dalam negeri.

6. JTF 2 - Kanada

Kopasus Ditakuti Dunia, Ini 10 Pasukan Khusus Terbaik di Muka Bumiinstagram.com/jtf2.canada

Pada dasarnya, Kanada adalah negara yang memiliki pasukan cukup tangguh, walau tingkat kerusuhan jarang terdengar di negara ini. Joint Task Force 2 adalah pasukan khusus, bagian dari Angkatan Darat Kanada.

Pasukan ini berdiri pada 1993, meskipun terbilang muda dari pasukan khusus negara lain, tetapi JTF 2 sudah melakukan operasi di berbagai misi seperti Perang Kosovo, Perang Bosnia, Haiti Rebellion. JTF 2 juga terlibat Perang Afghanistan hingga sekarang.

7. GIGN - Prancis

Kopasus Ditakuti Dunia, Ini 10 Pasukan Khusus Terbaik di Muka Bumipinterest.com/Manganese Azim

GIGN adalah satuan elit yang berasal dari Prancis. Satuan ini mempunyai misi perlindungan kepada pejabat pemerintah, penargetan kejahatan terorganisir, pembebasan sandera, dan antiterror.

8. MOSSAD - Israel

Kopasus Ditakuti Dunia, Ini 10 Pasukan Khusus Terbaik di Muka Bumihttp://Instagram.com/leviyorammasha

Mossad adalah dinas rahasia Israel, satuan ini bertugas mengawasi bangsa-bangsa di seluruh dunia terutama bangsa Arab. Satuan ini dibentuk untuk operasi intelijen dan kontra intelijen. Sepak terjangnya dalam mengacak-acak sejumlah negara diakui sebagai dinas intelijen terbaik di dunia. Oleh karena itu, Mossad dianggap momok bagi bangsa Arab.

9. GURKHA - Nepal

Kopasus Ditakuti Dunia, Ini 10 Pasukan Khusus Terbaik di Muka BumiInstagram.com/indian_army_our_pride

GURKHA adalah pasukan dari Nepal. Pasukan ini terkenal karena keberaniannya. Mereka juga direkrut untuk bekerja di Angkatan Darat Inggris, India dan sebagian untuk Singapura. Ciri khas dari pasukan ini adalah pisau yang disebut kukri.

10. Decima Flottiglia MAS - Italia

Kopasus Ditakuti Dunia, Ini 10 Pasukan Khusus Terbaik di Muka Bumihttp://Instagram.com/francescosal82

Decima Flottigia MAS merupakan bagian dari Angkatan Laut Italia. Pasukan ini yang paling ditakuti sekutu pada Perang Dunia II. Pasukan ini pun berhasil mengaramkan 86.000 kapal perang dan 132.000 kapal niaga sekutu dengan teknik penyerangan terpedo.

Itulah 10 pasukan khusus militer dunia yang terkenal mematikan. Bangga ya Kopassus yang merupakan pasukan khusus militer Indonesia sejajar dengan pasukan khusus negara adidaya lainnya.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Dhyta Rosa di IDN Times Community dengan judul Deretan 10 Pasukan Khusus Militer Dunia Terbaik, Kopasus Masuk lho!

Baca Juga: Deretan 10 Pasukan Khusus Militer Dunia Terbaik, Kopasus Masuk lho!

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya