Comscore Tracker

5 Info Ini Penting Kamu Pantau Pasca Penutupan Pendaftaran SNMPTN 2020

Terus mempersiapkan diri untuk tahapan berikutnya, yuk!

Semarang, IDN Times - Sejak dibuka 14 Februari 2020, pendaftaran SNMPTN 2020 resmi ditutup pada 27 Februari 2020. Hasil seleksi SNMPTN 2020 akan diumumkan serentak pada 4 April 2020 nanti. Nah, sambil menunggu pengumuman, berikut 5 info penting yang perlu kamu pantau setelah penutupan SNMPTN.

1. Cermati tahapan pendaftaran SBMPTN

5 Info Ini Penting Kamu Pantau Pasca Penutupan Pendaftaran SNMPTN 2020Pexels/mentatdgt

Menghadapi makin ketatnya persaingan masuk perguruan tinggi lewat jalur SNMPTN, gak ada salahnya mempersiapkan diri untuk kemungkinan terburuk. Jika kamu gak lolos lewat SNMPTN, jalur selanjutnya yang bisa ditempuh adalah SBMPTN.

Pantau terus tahapan pendaftaran SBMPTN 2020 di laman resmi https://ltmpt.ac.id/. Selain tanggal-tanggal penting dalam tahapan SBMPTN, ada banyak informasi seputar kampus dan prodi yang bisa dibaca di sana.

2. Persiapkan diri menghadapi UTBK

5 Info Ini Penting Kamu Pantau Pasca Penutupan Pendaftaran SNMPTN 2020pexels/Tirachard Kumtanom

Sejak tahun 2019 penerimaan mahasiswa baru lewat jalur SBMPTN menggunakan nilai dari Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), atau bisa ditambah dengan kriteria lain sesuai ketetapan bersama dari pihak LTMPT dan universitas terkait.

Nah, ketimbang galau menunggu pengumuman SNMPTN, lebih baik menyibukkan diri dengan kegiatan positif seperti persiapan UTBK. Soal-soal UTBK banyak beredar di internet dan bisa juga mengikuti bimbingan belajar.

Baca Juga: SBMPTN Undip, Ini Passing Grade dan Daya Dampungnya

3. Cari tahu jalur penerimaan lain di kampus-kampus yang dituju

5 Info Ini Penting Kamu Pantau Pasca Penutupan Pendaftaran SNMPTN 2020pexels/startup stock photo

Selain UTBK, gak ada salahnya mempersiapkan diri sekaligus untuk menghadapi Ujian Mandiri. Jika nantinya kamu harus menghadapi kemungkinan terburuk yaitu gak lolos SBMPTN, masih ada seleksi Ujian Mandiri yang bisa diikuti.

Pantau terus informasi dari kampus-kampus yang membuka jalur penerimaan lain di luar SNMPTN dan SBMPTN. Pastikan kamu mencatat tanggal-tanggal penting dan syarat apa saja yang perlu disiapkan.

4. Pantau daya tampung program studi yang kamu tuju

5 Info Ini Penting Kamu Pantau Pasca Penutupan Pendaftaran SNMPTN 2020pexels/Buro Millennial

Sudah tahu belum berapa daya tampung yang disediakan oleh program studi yang ingin kamu pilih di SBMPTN nanti? Datanya bisa kamu akses secara bebas di laman https://ltmpt.ac.id/.

Laman ini menyajikan data daya tampung di semua perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia. Bisa dijadikan bahan pertimbangan nih, sebelum memilih program studi di pendaftaran SBMPTN nanti.

5. Kamu juga bisa memantau persentase peluang diterima di SBMPTN, lho

5 Info Ini Penting Kamu Pantau Pasca Penutupan Pendaftaran SNMPTN 2020pexels/canva

Gak cuma daya tampung, kamu juga bisa mendapat informasi berapa banyak peminat di program studi tertentu pada tahun 2019. Data ini bisa dibandingkan dengan daya tampung yang tersedia di tahun 2020 untuk menghitung persentase peluang diterima.

Misalnya prodi Kedokteran Universitas Gadjah Mada, tahun lalu jumlah peminatnya mencapai 1.085 orang dan di tahun 2020 ini disediakan kursi sebanyak 68. Jika dihitung, persentase peluang diterimanya adalah 6,26 persen.

Semua info seputar daya tampung dan jumlah peminat di SBMPTN 2019 bisa diakses secara bebas di laman https://ltmpt.ac.id/. Yuk, pantau terus info-info penting di atas sembari menunggu pengumuman!

Baca Juga: 5 Zodiak yang Diprediksi Bakal Jadian Bulan Maret ini, Cie-cie!

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya