Comscore Tracker

Awas Keliru Arti Kata Khusnul Khatimah dan Husnul Khatimah, Beda Makna

#IDNTimesLife Jangan salah lagi ya, guys

Dua kata yang serupa belum tentu bermakna yang sama. Apalagi kalau dua kata tersebut memiliki pelafalan atau ejaan huruf berbeda juga. Salah satunya adalah kata khusnul khatimah dan husnul khatimah yang rupanya mempunyai arti yang berbeda jauh.

Kata-kata tersebut sering digunakan untuk menyampaikan rasa duka cita atau berbela sungkawa saat mendoakan orang yang meninggal dunia. Lalu, sebaiknya pilih kata yang mana? Punya arti berbeda jauh, inilah penjelasan lengkap pemaknaan kalimat khusnul khatimah dan husnul khatimah.

1. Arti kata husnul khatimah

Awas Keliru Arti Kata Khusnul Khatimah dan Husnul Khatimah, Beda Maknapexels.com/Meru Bi

Arti dari husnul khatimah sendiri merupakan 'akhir yang baik'. Kalimat ini bisa digunakan sebagai respons dan doa ketika ada orang yang sudah meninggal. Dengan memanjatkan kata ini, orang yang telah meninggal diharapkan berpulang dalam keadaan yang baik. 

Baca Juga: Daftar Doa Permohonan Sesuatu kepada Tuhan dalam Agama Katolik

2. Arti kata khusnul khatimah

Awas Keliru Arti Kata Khusnul Khatimah dan Husnul Khatimah, Beda Maknapexels.com/Felix Mittermeier

Sementara itu, khusnul khatimah justru memiliki arti yang jauh berbeda dengan husnul khatimah. Khusnul khatimah memiliki arti 'akhir yang hina'.

Maka dapat dikatakan bahwa khusnul khatimah خسن الخاتمة punya arti bertolak belakang dengan husnul khatimah. Kata khusnul khatimah merujuk pada Ibnul A'robi saat mengartikan kahsana ar-rajulu أخسن الرجل yang maknanya 'terhina setelah perkasa'. 

3. Dalam bahasa Arab, huruf ح ditulis h. Jadi husnul khatimah merupakan kalimat yang benar untuk merespons kabar duka

Awas Keliru Arti Kata Khusnul Khatimah dan Husnul Khatimah, Beda Maknapexels.com/mentatdgt

Dalam bahasa Arab, huruf ح dalam pengucapan husnul khatimah  حسن الخاتمة dibaca "h". Sehingga ketika dibaca latin menjadi husnul khatimah, yang mana memiliki arti 'akhir yang baik'.

Jadi bisa disimpulkan apabila pengucapan dan penulisan yang benar untuk menunjukkan doa dan bela sungkawa ketika ada orang yang meninggal adalah husnul khatimah. Jangan sampai terbalik lagi dan bingung antara kalimat khusnul khatimah atau husnul khatimah.

Baca Juga: Niat Doa Mandi Wajib Setelah Haid, Tata Cara Junub Usai Menstruasi 

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya