TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Memilih Keramik Kamar Mandi yang Elegan dan Estetik

Sesuaikan dengan interior kamar mandimu

ilustrasi toilet (freepik.com/ jannoon028)

Kamar mandi merupakan salah satu ruangan penting di rumah yang perlu diperhatikan estetika dan fungsionalitasnya.

Salah satu elemen penting dalam desain kamar mandi adalah pemilihan keramik. Keramik yang tepat tidak hanya akan mempercantik ruangan, tetapi juga memberikan ketahanan dan kemudahan dalam perawatan.

Memilih keramik kamar mandi yang elegan dan estetik membutuhkan pertimbangan yang matang. Berikut adalah 5 tips memilih keramik kamar mandi yang elegan dan estetik.

Baca Juga: 11 Inspirasi Dekorasi Kamar Nuansa French Style, Soft and Elegant

1. Pertimbangkan ukuran ruangan

ilustrasi ukuran toilet (freepik.com/ dit26978)

Ukuran keramik perlu disesuaikan dengan luas ruangan. Untuk kamar mandi kecil, pilihlah keramik dengan ukuran yang lebih kecil, seperti 20x20 cm atau 30x30 cm. Ukuran ini akan membuat ruangan terasa lebih luas dan tidak terkesan sempit. 

Kalau untuk kamar mandi berukuran besar, kamu bisa memilih keramik dengan ukuran yang lebih besar, seperti 60x60 cm atau 80x80 cm. Ukuran ini akan memberikan kesan luas dan lega pada ruangan. 

2. Pilih warna yang sesuai

ilustrasi warna toilet (freepik.com/ dit26978)

Salah satu elemen penting yang dapat menciptakan nuansa yang berbeda pada kamar mandi adalah warna keramik. Penggunaan warna terang seperti putih, krem, atau biru muda dapat membuat ruangan terasa lebih luas dan cerah. Cocok untuk kamar mandi yang kecil atau minim cahaya.

Sementara warna gelap seperti hitam, abu-abu, atau coklat dapat memberikan kesan elegan dan modern. Warna keramik ini cocok untuk kamar mandi yang luas dan memiliki banyak cahaya.

Nah, sedangkan warna cerah seperti kuning, hijau, atau pink dapat memberikan nuansa yang ceria dan energik. Warna-warna ini akan menghadirkan suasana yang berbeda pada kamar mandimu.

3. Pilih tekstur yang sesuai

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

ilustrasi tekstur keramik (freepik.com/ benzoix)

Kamar mandi identik dengan air dan sabun, yang membuatnya jadi area yang basah dan licin. Nah, buat kamu yang lagi pilih keramik kamar mandi, jangan lupa perhatikan teksturnya.

Hindari keramik dengan permukaan glossy dan licin. Sebaiknya pilih keramik dengan tekstur kasar atau permukaan matte. Tekstur kasar memberikan cengkeraman yang lebih baik, sehingga kamu tidak mudah tergelincir. Permukaan matte juga membantu mengurangi pantulan cahaya, sehingga kamar mandi terasa lebih luas dan nyaman.

4. Pilih motif yang sesuai

ilustrasi motif lantai (freepik.com/ kbza)

Memilih motif keramik bisa jadi gampang-gampang susah. Di satu sisi, kamu mungkin ingin memilih motif yang keren dan unik. Di sisi lain, kamu juga ingin motif yang sesuai dengan ruangan dan seleramu.

Kalau kamar mandimu kecil, hindari motif yang ramai dan besar. Pilih motif yang polos atau minimalis agar ruangan terasa lebih luas. Kalau ruangannya besar, kamu bebas memilih motif yang ramai dan besar.

Selain itu, kamu juga perlu menyesuaikan dengan gaya ruangan kamar mandi kamu. Sebagai contoh, kalau gaya kamar mandi kamu modern, sebaiknya gunakan motif keramik geometris atau abstrak. Pilihlah motif keramik marmer atau floral untuk gaya klasik. Namun, kalau untuk ruangan bergaya vintage, pilih motif keramik motif kotak-kotak atau terrazzo.

Verified Writer

Alira Syamsura

Perempuan yang suka nulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya