TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Menata Loteng Rumah Menjadi Tempat yang Nyaman, Yuk Dicoba!

Loteng rumah tak melulu menjadi area gudang saja

ilustrasi loteng (unsplash.com/@umityildirim)

Beberapa rumah memang saat ini masih memiliki area loteng di bagian atas rumah. Sebetulnya keberadaan loteng ini cukup efektif untuk menjadi area ekstra yang multifungsi, sebab biasa digunakan untuk menyimpan barang-barang dan dialihfungsikan sebagai gudang.

Sebetulnya area loteng rumah bisa disulap menjadi area yang nyaman untuk ditempati, sehingga tetap nyaman saat berada di dalamnya.

Kamu bisa memperhatikan beberapa tips berikut ini pada saat akan menata area loteng rumahmu.

Baca Juga: 7 Inspirasi Desain Jendela Melengkung untuk Rumah yang Estetik

1. Manfaatkan cahaya matahari

ilustrasi loteng (unsplash.com/@openhands)

Area loteng memang biasanya memiliki tinggi yang cenderung rendah jika dibandingkan dengan area rumah lainnya.  Namun, kamu bisa memperhatikan dengan seksama bagaimana cara memaksimalkan ruangan ini agar tetap nyaman.

Kamu bisa memanfaatkan cahaya Matahari sebagai pilihan untuk membuat area loteng terlihat lebih terang dan nyaman ditempati. Biasanya memang cahaya Matahari bisa muncul dari penggunaan kaca atau pun jendela yang sengaja didesain untuk atap rumah, sehingga tetap bisa terlihat dari loteng.

2. Mengalihfungsikan loteng menjadi area khusus

ilustrasi sudut baca (unsplash.com/@e_heizung_24)

Sebetulnya memang banyak orang berpikir bahwa loteng bisa dialihfungsikan sebagai gudang saja. Padahal sebetulnya ada cara lainnya untuk mengalihfungsikan loteng, khususnya menjadi area-area yang lebih nyaman saat ditempati.

Kamu bisa mengalihfungsikan loteng menjadi ruang baca, kamar tidur ekstra, ruang komputer, dan lain sebagainya. Terpenting area loteng ini tetap nyaman selama ditempati, sehingga memberikan kenyamanan tersendiri nantinya.

3. Gunakan furnitur yang multifungsi

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

ilustrasi loteng (unsplash.com/@hans_isaacson)

Menata area loteng sebetulnya bisa dilakukan dengan mudah dan melibatkan furnitur di dalamnya. Namun, kamu perlu benar-benar cermat dalam memilih furnitur yang memang cocok untuk area loteng, sehingga tetap nyaman dan efektif.

Sebaiknya pilihlah furnitur yang memang multifungsi dan dengan ukuran yang pas saat ditata di loteng. Jangan sampai justru furnitur yang digunakan jadi membebankan dan membuat area loteng menjadi sempit untuk ditempati nantinya.

4. Pastikan sirkulasi udara lancar

ilustrasi loteng (unsplash.com/@andreaedavis)

Kamu perlu mengetahui bahwa area loteng memang sering kali terasa pengap karena sirkulasi yang kurang baik. Jika memang ingin menempati area loteng dengan nyaman maka pastikan bahwa sirkulasi udaranya harus lancar.

Setidaknya kamu dapat menambahkan ekstra jendela atau sirkulasi udara untuk membuat area loteng menjadi lebih nyaman. Sering kali karena memang ukuran loteng yang tak terlalu tinggi dan material atap tertentu sering membuat area tersebut menjadi mudah panas.

Baca Juga: 8 Ide Desain Kamar Tidur Bernuansa Beige, Estetis nan Cozy!

Verified Writer

Jamilah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya