Comscore Tracker

5 Tanaman ini Bikin Pagar Hunian Jadi Cakep, Tetangga Bakal Takjub!

Semakin asri deh hunianmu

Ketika membangun tempat tinggal, umumnya memakai material kayu atau besi untuk pembuatan pagar. Tetapi jika ingin ada kesan lebih alami, bisa diganti atau mendekorasinya dengan membuat pagar menggunakan tanaman.

Penggunaan tanaman sebagai pagar akan membuat hunian tampak lebih asri dan sejuk. Nah, apa saja tanamannya? Yuk, dilihat 5 jenis tanaman yang bisa digunakan untuk pagar hunian.

1. Soka

5 Tanaman ini Bikin Pagar Hunian Jadi Cakep, Tetangga Bakal Takjub!Pinterest/Wearefound.com

Tanaman soka merupakan jenis tanaman perdu yang cocok banget dijadikan tanaman pagar. Tanaman ini dapat tumbuh tinggi dan padat sehingga sangat mudah dibentuk.

Tanaman soka memiliki warna mulai dari kuning, pink, hingga kemerahan yang mencolok. Bentuknya sangat cantik bila berpadu dengan warna hijau dari daun.

Berilah pupuk sebanyak satu bulan sekali. Lalu, lakukan pemangkasan secara rutin agar tanaman tetap indah dan rapi.

2. Morning glory

5 Tanaman ini Bikin Pagar Hunian Jadi Cakep, Tetangga Bakal Takjub!Pinterest/Etsy

Tanaman merambat ini, memiliki bunga yang cantik dan aroma yang harum. Ketika mekar di pagi hari, bunga morning glory dapat mengeluarkan aroma yang menambah kesegaran rumah. 

Bunga ini merupakan bunga yang berumur pendek, yang umurnya hanya sekitar satu tahun. Jika ingin menghias pagarmu dengannya, tanamanlah morning glory di sekitar pagar dan biarkan menjalar secara alami. 

Baca Juga: 12 Ide Tanaman Hias yang Pas untuk Hunian Sesuai Zodiak, Ada Lumut!

3. Curtain creeper

5 Tanaman ini Bikin Pagar Hunian Jadi Cakep, Tetangga Bakal Takjub!Pinterest/Amazonaws

Curtain creeper dikenal juga dengan nama tanaman lee kwan yew. Bagi pencinta tanaman gantung, pasti sudah tak asing lagi karena tanaman ini sering menjadi penghias di berbagai vertical garden.

Tanaman asal Burma ini tumbuh menjuntai, sehingga kerap dijadikan tanaman pagar di hunian-hunian mewah. Selain dijadikan tanaman pagar biasanya tanaman ini juga ditanam di rooftop garden dan dijadikan dekorasi balkon, lho!

4. Arborvitae

5 Tanaman ini Bikin Pagar Hunian Jadi Cakep, Tetangga Bakal Takjub!Pinterest/Fast growing trees

Arborvitae atau thuja merupakan cemara yang dapat tumbuh tinggi dan lebat, yang kerap dijadikan tanaman pagar karena memiliki tinggi yang cukup ideal. Selain itu, tanaman ini juga dinilai dapat memberikan privasi pada hunian.

Tanaman ini sangat cocok dijadikan tanaman pagar bagi rumah yang memiliki bangunan yang besar dan luas. Pohon ini sering dijumpai sebagai pagar di daerah kompleks perumahan ataupun vila. Pohon ini bisa tumbuh dari 3 hingga 6 meter!

5. Bunga kertas

5 Tanaman ini Bikin Pagar Hunian Jadi Cakep, Tetangga Bakal Takjub!Pexels/Digital Buggu

Di Indonesia, tanaman ini lazim dijadikan penghias halaman rumah. Bunganya yang tipis serta warna yang beragam, dapat membuat hunian tampak lebih asri dan menarik. Bunga  kertas atau bougenville dapat tumbuh subur di kawasan tropis.

Bunga ini memiliki kebiasan unik, lho! Saat berbunga, tumbuhan ini merontokkan daunnya sehingga warna dari bunganya akan lebih dominan dan terlihat lebih cantik.

Itu dia 5 tanaman yang akan membuat pagar terlihat lebih menarik dan cantik. Suka tanaman yang mana, nih?

Baca Juga: 7 Jenis Anthurium Tanaman yang Cocok untuk Dekorasi Rumah, Eksotis!

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya