TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Doa Penting untuk Pengantin Baru, Kamu Wajib Tahu!

Segala doa akan mengantarkan kamu pada keberkahan

ilustrasi pengantin baru (pexels.com/Orhan Pergel)

Membangun kehidupan berumah tangga dalam mahligai pernikahan merupakan ibadah yang sangat besar dalam kajian Islam. Pernikahan merupakan sunnah yang dicontohkan Rasulullah SAW, dengan adanya pernikahan artinya kita sudah menyempurnakan ibadah. Baik pria maupun wanita yang sudah cukup umur dan dewasa pasti akan berkeinginan untuk hidup bersama pasangannya.

Setelah kamu menemukan siapa orang yang akan menjadi pendamping hidup kamu, tentunya dengan segala pertimbangan dan niat yang bulat langsung ingin mensahkan hubungan kalian di mata agama dan negara.

Oleh sebab itu, supaya kelangsungan pernikahan kamu dan pasangan selalu mendapatkan kebaikan dan keberkahan, alangkah baiknya diamalkan beberapa do'a yang akan mengantarkan langkah kamu bersama orang tersayang menuju kebahagiaan. Yuk disimak dan dihafalkan do'a-do'a berikut !

Baca Juga: 5 Doa agar Keluarga Diberi Keselamatan Dunia dan Akhirat

1. Doa sebelum khitbah (lamaran)

Hal pertama yang harus dilakukan menjelang pernikahan yaitu acara lamaran terlebih dahulu. Selain untuk menyambung silaturahmi antara dua keluarga besar, kamu perlu mengenal satu sama lain dan memantapkan hati untuk memilih pasangan yang terbaik. Do'a dan dukungan yang terbaik dari keluarga kamu dan calon pasangan juga akan mengantarkan kalian untuk mengarungi  bahtera yang diridhai Allah SWT.

Doa sebelum lamaran ini dibaca dengan harapan supaya mendapatkan pasangan yang baik bagi seseorang yang akan melamar. Baik menurut penglihatan Allah SWT, juga baik untuk agama dan di akhirat kelak. Berikut do'anya :

اللَّهُمَّ إِنَّكَ تَقْدِرُ وَلآ أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلآ أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ فَإِنْ رَأَيْتَ لِيْ فِيْ (.......) خَيْرًا فِى دِيْنِيْ وَآخِرَتِيْ فَاقْدِرْهَا لِيْ

Allahumma innaka taqdiru wa laa aqdiru wa laa a’lamu wa anta ‘allaamul ghuyuubi. Fa in ra`aita lii fii (.....) khairan fii diinii wa aakhiratii faqdirhaa lii.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Menakdirkan, dan bukanlah aku yang menakdirkan. Dan (Engkau) Maha Mengetahui apa yang tidak kuketahui. Engkau Maha Mengetahui hal-hal yang ghaib. Maka jika Engkau melihat kebaikan antara diriku dan (..... [sebutkan nama calon pasangan bin/binti ayahnya]) untuk agama dan akhiratku, maka takdirkanlah aku bersamanya.”

2. Doa pengantin pria setelah akad

Pengantin pria memiliki peranan penting dalam acara akad atau pelafalan ijab dan kabul antara wali nikah dan dirinya. Karena sesungguhnya pada saat ijab kabul tersebut, beralihlah tanggung jawab orangtua terutama ayah yang menjadi wali nikah kepada pria yang akan menjadi suami anaknya. Ada beberapa do'a yang bisa diucapkan oleh pengantin pria setelah akad nikah berlangsung, diantaranya :

Pertama, riwayat Imam At-Thabarani yaitu :

اَللّٰهُمَّ بَارٍكْ لِي فِيَّ أَهْلِي وَبَارِكْ لِأَهْلِي فِيَّ وَارْزُقْهُمْ مِنِّي وَارْزُقْنِي مِنْهُمْ ، وَاجْمَعْ بَيْنَنا مَا جَمَعْتَ فِي خَيْرٍ ، وَفَرِّقْ بَيْنَنَا مَا فَرَّقْتَ فِي خَيْرٍ ، بَارَكَ اللهُ لِكُلٍ مِنَّا فِي صَاحِبِهِ

Artinya : "Ya Allah, berkahilah aku dalam permasalahan keluargaku. Berkahilah keluargaku dalam permasalahanku. Berilah mereka rizki dariku, dan berilah aku rizki dari mereka. Satukan kami selama dalam kebaikan, dan pisahkan kami selama dalam kebaikan. Berilah masing-masing dari kami kebaikan dalam permasalahan pasangan."

Kedua, riwayat Imam Abu Dawud dan Ibnu Majah yaitu :

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُك خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا جَبَلْتهَا عَلَيْهِ وَأَعُوذُ بِك مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتهَا عَلَيْهِ

Artinya : "Ya Allah, aku meminta kepada-Mu kebaikan istriku dan kebaikan apa yang ia munculkan pada pernikahan. Dan aku berlindung pada-Mu dari keburukan istriku dan keburukan apa yang ia munculkan pada perrnikahan."

Ketiga, do'a dari beberapa riwayat yaitu :

اَللّٰهُمَّ إِنِّى أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Artinya : "Ya Allah, aku meminta perlindungan pada-Mu terkait ia (Istri) dan keturunannya dari setan yang dilaknat."

Doa-doa tersebut dibaca atau dilafalkan suami setelah melaksanakan akad nikah dan ijab kabul sambil mencium kening dan memegang ubun-ubun istri sesuai ajaran Rasulullah SAW.

3. Doa pengantin baru setelah akad nikah

Biasanya acara pernikahan digelar dengan mengundang sanak saudara, keluarga besar dan para sahabat juga kerabat tetangga terdekat kita. Tak hanya memberikan ucapan selamat, para tamu undangan juga ikut serta memberikan doa untuk pengantin baru yang sedang berbahagia.

Berikut doa pernikahan atau doa untuk pengantin yang diajarkan Rasulullah SAW untuk diamalkan oleh pengantin, keluarga dan para tamu undangan yang berkenan hadir dalam acara pernikahan :

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

 “Barakallahu laka wabaraka ‘alaika wajama’a bainakuma fii khoir.”

Artinya: ”Semoga Allah memberikan berkah untukmu, semoga Allah memberi berkah kepadamu dan menghimpun kalian berdua (sebagai suami istri) dalam kebaikan”.

Bagi mempelai maupun semua orang yang menyaksikan acara akad nikah, harus mengucapkan doa tersebut sebagai bentuk rasa syukur atas kebahagiaan yang mengiringi pengantin khususnya juga semua yang hadir yang sama-sama bersuka cita.

4. Doa saat berhubungan suami istri

Dalam berhubungan badan antara suami istri juga tak kalah penting harus mengucapkan beberapa doa agar aktivitas tersebut mendapatkan keberkahan. Sehingga tidak hanya sekadar pemuas nafsu semata, tetapi sebagai bentuk ibadah yang memberikan pahala yang sangat besar.

Berdoa ketika berhubungan intim juga dapat menangkal campur tangan setan. Sehingga air mani yang dikeluarkan diharapkan bisa memberikan keturunan yang baik. Jika pasangan suami istri selesai salat, dianjurkan untuk membaca doa berikut sebelum bercinta dimulai :

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَهْلِيْ، وَبَارِكْ لَهُمْ فِيَّ، اَللَّهُمَّ ارْزُقْنِي مِنْهُمْ، وَارْزُقْهُمْ مِنِّي، اَللَّهُمَّ اجْمَعْ بَيْنَنَا مَا جَمَعْتَ إِلَى خَيْرٍ، وَفَرِّقْ بَيْنَنَا إِذَا فَرَّقْتَ إِلَى خَيْرٍ

Artinya : "Ya Allah, berikanlah keberkahan kepadaku dan istriku, serta berkahilah mereka dengan sebab aku. Ya Allah, berikanlah rezeki kepadaku lantaran mereka, dan berikanlah rizki kepada mereka lantaran aku. Ya Allah, satukanlah antara kami (berdua) dalam kebaikan dan pisahkanlah antara kami (berdua) dalam kebaikan."

 

Untuk pasangan suami istri yang sudah lama menikah juga dianjurkan selalu membaca doa ini sebelum memulai kegiatan intim dengan pasangan. Doa selanjutnya yaitu :

بِسْمِ اللهِ اَللّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا

"Bismillah, Allahumma jannib naassyyaithaana wa jannibi syaithoona maarazaqtanaa".

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlah setan dari rezeki yang Engkau anugerahkan kepada kami."

 

Adapun doa pada saat orgasme (mengeluarkan air mani/sperma), suami harus membaca doa berikut :

اَللّهُـــمَّ اجْعَــلْ نُطْفَتَــنَا ذُرّ ِيَّةً طَيِّــبَةً

"Allahummaj'alnuthfatanaa dzurriyyatan thayyibah".

Artinya: "Ya Allah jadikanlah nutfah kami ini menjadi keturunan yang baik (saleh)."

 

Dan doa setelah berhubungan intim, alangkah baiknya mengucapkan doa berikut :

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ خَلَقَ مِنَ المْـَــاءِ بَشَـــرًا

 "Alhamdu lillaahi dzdzii khalaqa minal maa i basyaraa".

Artinya : "Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air mani ini menjadi manusia (keturunan)".

Apabila tidak atau belum berkeinginan memiliki anak, kamu cukup membaca hamdalah.

Verified Writer

Isti Rahmawati

Menulis mewakili perasaan dan pikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya