Comscore Tracker

7 Kalimat Bijaksana Bahasa Jawa soal Arti Kesabaran, Urip Ben Penak!

Pas jadi penyemangat hidup, monggo diwaos lur #LokalIDN

Cobaan dan tantangan yang menghampiri membutuhkan kesabaran dan harus tetap semangat dalam menjalani hidup. Tidak hanya dukungan dari orang sekitar, kadang kala kalimat-kalimat bijakana juga mampu menjadi suntikan semangat baru yang mampu menambah level sabar diri seseorang.

Ada beberapa kalimat bijak dalam bahasa Jawa mengenai arti sebuah kesabaran yang rasanya cocok dijadikan penyemangat sekaligus pengingat diri untuk tetap berkepala dingin. Monggo diwaos, Lur!

1. Sabar iku lire momot kuat nandhang sakening coba lan pandhadharaning urip

7 Kalimat Bijaksana Bahasa Jawa soal Arti Kesabaran, Urip Ben Penak!Unsplash.com/Brooke Cagle

Secara tata bahasa, kalimat bijak ini berarti bahwa sabar itu merupakan kemampuan untuk menahan segala macam godaan dalam hidup. Lebih lanjut, sabar disini dimaksudkan dengan cara melapangkan hati ketika sedang dihadapkan pada masalah atau cobaan sebesar apa pun yang nantinya akan menumbuhkan kedewasaan dalam diri. 

2. Sabar iku ingaran mustikaning laku

7 Kalimat Bijaksana Bahasa Jawa soal Arti Kesabaran, Urip Ben Penak!Unsplash.com/Elijah Hiett

Artinya, bertingkah laku dengan mengedepankan kesabaran itu diibaratkan sebagai sebuah hal yang sangat indah dalam kehidupan. Lewat kalimat bijak ini kita diajak untuk menjadi orang yang sabar agar tidak bertindak gegabah yang mungkin akan disesali di kemudian hari. 

3. Wong sabar rejekine jembar, ngalah urip luwih berkah

7 Kalimat Bijaksana Bahasa Jawa soal Arti Kesabaran, Urip Ben Penak!Unsplash.com/Agnieszka Boeske

Kalimat bijak ini dapat diterjemahkan bahwa orang yang sabar itu rejekinya luas, mengalah hidup pun lebih berkah. Saat kita mampu menjadi orang yang sabar maka peluang rejeki akan lebih lebar.

Selain itu, sabar juka dekat dengan sikap mengalah. Bukannya kalah, tapi untuk hal-hal tertentu memang ada kalanya seseorang harus bisa mengalah agar bisa mendapatkan yang terbaik.

Baca Juga: Ternyata 5 Kata Keterangan Bahasa Jawa ini Aslinya Dari Bahasa Belanda

4. Wong menang iku wong sing bisa ngasorake priyanggane dhewe

7 Kalimat Bijaksana Bahasa Jawa soal Arti Kesabaran, Urip Ben Penak!Unsplash.com/bruce mars

Secara harafiah, kalimat bijak ini berarti pemenang adalah orang yang bisa mengalahkan dirinya sendiri. Maksudnya, mampu menjadi sosok yang kuat untuk melawan hawa nafsu yang sering menguasai hati dan pikiran. Saat bisa mengendalikan diri, barulah kita disebut pemenang sejati. 

5. Sing wis lunga lalekno, sing durung teko entenono, sing wis ono syukurono

7 Kalimat Bijaksana Bahasa Jawa soal Arti Kesabaran, Urip Ben Penak!Unsplash.com/Jacqueline Munguía

Terjemahan untuk kalimat bijak ini adalah yang sudah pergi lupakanlah, yang belum datang tunggulah, dan yang sudah ada syukurilah. Rasanya kata bijak ini pas untuk urusan cinta dan segala macam kepemilikan dalam hidup. Ketika ditinggalkan seseorang, segeralah move on. Saat menanti, bersabarlah. Ketika datang seseorang yang baru, syukurilah keberadannya dan semua yang kita miliki. 

6. Urip iku koyo kopi, yen ora iso nikmati rasane panggah pait

7 Kalimat Bijaksana Bahasa Jawa soal Arti Kesabaran, Urip Ben Penak!Unsplash.com/Natashia Shukla

Hidup itu bagaikan secangkir kopi, jika tidak bisa menikmatinya maka yang dirasa hanyalah pahit, begitu kira-kira artinya. Setiap hal yang kita peroleh dalam hidup, pasti ada saatnya merasa senang dan susah, manis dan pahit. Apa pun yang terjadi, pastikan untuk selalu menikmati kondisi tersebut agar gak hanya fokus pada hal negatif alias yang pahit-pahit saja. 

7. Kawula mung saderma, mobah-mosik kersaning hyang sukmo

7 Kalimat Bijaksana Bahasa Jawa soal Arti Kesabaran, Urip Ben Penak!Unsplash.com/Darius Bashar

Kalimat bijak ini merujuk pada maksud untuk melakukan setiap hal yang kita bisa dan setelahnya pasrahkan saja pada Tuhan. Dari sini kita memiliki kewajiban untuk berusaha meraih setiap cita-cita dan tujuan hidup dengan segenap kemampuan. Namun, pada akhirnya kita harus berserah pada kehendak Tuhan.

Itulah tadi ketujuh kalimat bijak dalam bahasa Jawa mengenai sabar yang cocok jadi penyemangat hidup. Menawi sampun diwaos, monggo sami tumindak (red: kalau sudah dibaca, mari semua dipraktikkan).

Baca Juga: 6 Dialek Khas Pekalongan ini Punya Arti Unik dan Beda, Awas Belibet

Artikel ini pertama kali ditulis oleh T y a s di IDN Times Community dengan judul 7 Kalimat Bijak dalam Bahasa Jawa tentang Sabar, Monggo Diwaos Lur!

https://www.youtube.com/embed/UFekSeA4SYk

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya