Comscore Tracker

Tata Cara, Niat, Doa Salat Dhuha Beserta 8 Keistimewaannya

Yuk mengerjakan Salat Dhuha 

Banyak sekali hadis Nabi yang menyebutkan keistimewaan salat Dhuha buat mereka yang mendirikannya. Berikut ini adalah sebagian kecil dari sekian banyak keistimewaan salat Dhuha seperti yang dikutip dari buku berjudul Tahajud, Dhuha dan Hajat karya Ibnu Muslim Djuremi.

Shalat dhuha adalah shalat sunah yang dikerjakan pada waktu dhuha. Yaitu waktu ketika matahari terbit hingga terasa panas menjelang shalat Dhuhur. Sebelum mebahas tata cara bacan niat dan doa Salat Dhuha berikut ini keistimewaan mengerjakan salat sunah tersebut.

Baca Juga: Puasa Arafah, 10 Kebaikan yang Kamu Dapat Jika Mengerjakannya 

1. Salat Dhuha memiliki nilai yang sepadan dengan sedekah

Tata Cara, Niat, Doa Salat Dhuha Beserta 8 KeistimewaannyaUnsplash/Melissa Walker Horn

Salat dhuha memiliki nilai seperti amalan sedekah yang diperlukan oleh 360 persendian tubuh kita. Orang yang mendirikannya akan memperoleh pahala sebanyak sejumlah persendian tersebut.

Pada setiap tubuh manusia diciptakan 360 persendian dan wajib bagi pemilik sendi tersebut bersedekah untuk setiap sendinya. Lalu sahabat Rasulullah bertanya, "Wahai Rasulullah, siapa yang sanggup melakukannya?' Rasulullah menjawab, 'Membersihkan kotoran yang ada di masjid atau menyingkirkan sesuatu yang mencelakakan orang di jalan raya. Apabila ia tidak mampu maka shalat Dhuha dua rakaat dapat menggantikannya." (H.R. Ahmad bin Hanbal dan Abu Dawud).

2. Diberi kecukupan dan kelapangan rezeki

Tata Cara, Niat, Doa Salat Dhuha Beserta 8 KeistimewaannyaUnsplash/Christian Dubovan

Allah swt telah berjanji pada setiap mukmin yang melaksanakan salat Dhuha, akan mencukupi apa yang menjadi kebutuhannya, setidaknya hingga sore hari. Hadist Qudsi (hadits yang maknanya dari Allah, tetapi kalimatnya dari lisan Nabi saw).

3. Salat Dhuha sebagai penghapus dosa

Tata Cara, Niat, Doa Salat Dhuha Beserta 8 KeistimewaannyaUnsplash/Jeremy Yap

Ampunan Allah terbentang luas melebihi luasnya alam semesta. Sebesar apa pun dosa kamu, kalau kamu mau bertaubat dengan sungguh-sungguh maka Allah memberikan ampunanNya.

Anas bin Malik meriwayatkan bahwa Rasulullah saw bersabda, ''Barangsiapa yang masih berdiam diri di masjid setelah melakukan shalat Shubuh sampai melakukan dua rakaat shalat Dhuha, tidak mengatakan sesuatu, kecuali kebaikan maka dosa-dosanya akan diampuni sekalipun banyaknya melebihi buih di lautan." (H.R. Abu Dawud).

4. Dibangunkan istana di surga

Tata Cara, Niat, Doa Salat Dhuha Beserta 8 KeistimewaannyaUnsplash/Alexandra K

Dari Anas bin Malik, bahwa Rasulullah saw bersabda, "Barangsiapa mengerjakan shalat Dhuha sebanyak dua belas rakaat maka Allah akan membangunkan istana di surga." (H.R. Tirmidzi dan Ibnu Majah. Hadist hasan).

Hadist di atas menjelaskan bahwa dari salat Dhuha salah satu keuntungan yang akan kamu dapat nanti yaitu akan dibangunkan sebuah rumah di surga-Nya dengan segala keindahan-Nya.

5. Mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah

Tata Cara, Niat, Doa Salat Dhuha Beserta 8 KeistimewaannyaUnsplash/Adli Wahid

Dari Abu Umamah r.a., Rasulullah saw bersabda, "Barangsiapa yang keluar untuk melaksanakan shalat Dhuha maka pahalanya seperti orang yang melaksanakan umrah." (Shahih At-Targhib:673).

Hadis di atas memperlihatkan kedudukan salat Dhuha yang tinggi. Bahkan, dalam hadis yang lain disebutkan bahwa pahalanya sepadan dengan haji dan umrah.

Dari Anas bin Malik, Nabi saw bersabda, "Barangsiapa shalat Shubuh berjamaah kemudian duduk berdzikir sampai matahari terbit, kemudian mengerjakan shalat dua rakaat (Dhuha) maka baginya seperti pahala haji dan umrah, sepenuhnya, sepenuhnya, sepenuhnya." (H.R Tirmidzi).

6. Diberi ghanimah atau keuntungan yang besar

Tata Cara, Niat, Doa Salat Dhuha Beserta 8 KeistimewaannyaUnplash/Paul Dufour

Rasulullah saw bersabda, "Barangsiapa yang berwudhu kemudian masuk ke dalam masjid untuk melakukan shalat Dhuha, dialah yang paling dekat tujuannya, lebih banyak ghanimahnya, dan lebih cepat kembalinya (dari tempat perang)." (Shahih al-Targhib: 666).

Dalam hadis tersebut, Rasulullah membandingkan orang beriman yang melaksanakan salat Dhuha dengan para pejuang Islam yang bertempur di medan perang, yang berjarak dekat dengan tempat tinggal mereka lalu kembali dengan cepat ke kampung halaman mereka seraya membawa ghanimah (keuntungan/harta dari sesudah perang) yang banyak dan menuai kemenangan yang gemilang.

Baca Juga: Bacaan dan Arti Doa Qunut Nazilah untuk Penangkal Virus Corona

7. Dijauhkan dari siksa api neraka

Tata Cara, Niat, Doa Salat Dhuha Beserta 8 KeistimewaannyaUnsplash/Joshua Newton

Ketika kamu memulai segala aktivitas pagi hari dengan salat Dhuha dengan tulus semata karena Allah berarti kamu telah menggenggam tekad untuk selalu berbuat kebaikan dan menghindari kemungkaran selama bekerja. Di samping itu, segala hal yang akan mengiringi kamu ke pintu neraka akan teredakan dan dijauhkan dari panasnya api neraka.

Hal ini sesuai sabda Nabi saw, "Barangsiapa melakukan shalat fajar, kemudian ia melaksanakan shalat Dhuha sebanyak dua rakaat, niscaya Allah swt akan mengharamkan api neraka untuk menyentuh atau membakar tubuhnya." (H.R. Baihaqi).

8. Masuk ke dalam surga melalui pintu Dhuha

Tata Cara, Niat, Doa Salat Dhuha Beserta 8 Keistimewaannyavanessazhangphotography.wordpress.com

Penghargaan lain untuk kaum beriman yang mendirikan salat Dhuha yaitu disediakan pintu khusus di surga kelak, suatu pintu yang disebut Bad adh-Dhuha (pintu Dhuha). Sambutan secara spesial itu membutuhkan perjuangan untuk meraihnya, yakni dengan menunaikan salat Dhuha secara rutin dan ikhlas.

" Di dalam surga terdapat pintu yang bernama Bab adh-Dhuha (pintu Dhuha), dan pada hari Kiamat nanti akan ada yang memanggil, 'Di mana orang yang senantiasa mengerjakan shalat Dhuha? Ini pintumu, danmasuklah ke dalamnya dengan rahmat Allah."  (H.R. Thabrani, Al-Mu'jam Al-Ausath).

9. Menetukan waktu Salat Dhuha

Tata Cara, Niat, Doa Salat Dhuha Beserta 8 Keistimewaannyapexels.com/Simon Matzinger

Shalat dhuha adalah shalat sunah yang dikerjakan pada waktu dhuha. Yaitu waktu ketika matahari terbit hingga terasa panas menjelang Salat Zuhur. Cara mudah menentukan yakni menambahkan dan mengurangi 15 menit pada waktu matahari terbit dan waktu Dhuhur. Waktu pelaksanaan Salat Dhuha diperkirakan sekitar pukul tujuh sampai pukul sebelas.

Mengutip dari websiter nu.or.id Salat Dhuha sebaiknya dilakukan setelah melewati seperempat hari yakni sekitar pukul sembilan. Oni artinya dalam setiap seperempat hari kita selalu mengerjakan salat. Terhitung dari subuh sebagai salat pertama mengisi waktu paling dini. Kemudian slat dhuha sebagai salat kedua. Ketiga salat Dhuhur dan keempat salat Ashar. Maka dalam satu hari kehidupan kita tidak pernah kosong dari shalat.

Adapun jumlah minimum Shalat Dhuha adalah 2 rakaat menurut kesepakatan para ulama [al-Mundhiri dalam at-Targheeb wat-Tarheeb (1/320) dan as-Safārini dalam Sharh Thulāthiyyat al-Musnad (2/306) ].

10. Panduan lengkap tata cara Salat Dhuha, niat bacaan dan doa

Tata Cara, Niat, Doa Salat Dhuha Beserta 8 KeistimewaannyaThegorbalsla.com

1. Baca niat Salat Dhuha di dalam hati yakni: أُصَلِّى سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنَ لِلَّهِ تَعَالَى
2. Takbiratul Ihram
3. Baca Doa Iftitah
4. Baca Surat al-Fatihah
5. Baca Surat dalam Al-Qur'an dianjurkan surat Ad-Dhuha
6. Rukuk dengan tuma'ninah
7. I'tidal dengan tuma’ninah
8. Sujud dengan tuma’ninah
9. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
10. Sujud kedua dengan tuma’ninah
11. Berdiri lagi menunaikan rakaat kedua
12. Baca surat Al-Fatihah
13. Baca Surat dalam Al-Qur'an surat As-Syams
14. Rukuk dengan tuma'ninah
15. I'tidal dengan tuma'ninah
16. Sujud dengan tuma'ninah
17. Duduk di antara dua sujud dengan tuma'ninah
18. Sujud kedua dengan tuma'ninah
19. Tasyahud Akhir dengan tuma'ninah
20. Salam
21. Membaca doa sholat dhuha

11. Bacaan Doa Salat Dhuha

Tata Cara, Niat, Doa Salat Dhuha Beserta 8 Keistimewaannyafreepik.com


اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي، وَتُبْ عَلَيَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمِ

“ALLOHUMMAGHFIR-LII WA TUB ‘ALAYYA, INNAKA ANTAT TAWWABUR ROHIIM” (Dibaca sebanyak 100X)

ARTI DOA SHALAT DHUHA
“Ya Allah, ampunilah aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang) sampai beliau Rasulullah SAW membacanya seratus kali.” (HR. Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrad, no. 619. RumaySho.com).

Membaca doa Salat Dhuha sangat besar manfaat dan pahalanya, dimana kita memohonkan ampunan dan agar menerima Taubat kita kepada Allah Sang Maha Pengampun dan Maha Pemberi Taubat juga Maha Penyayang dan Maha Bijaksana.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Nisa Nafisa di IDN Times Community dengan judul 8 Keistimewaan Salat Dhuha, Yuk Biasakan Melakukannya!

Baca Juga: 8 Keistimewaan Salat Dhuha, Yuk Biasakan Melakukannya!

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya