Comscore Tracker

Doa Mohon Kesembuhan Diri Sendiri dari Penyakit Berat Maupun Ringan

Doa yang diajarkan Rasulullah ketika kita sakit

Jakarta, IDN Times – Berdoa memohon kesembuhan dari penyakit merupakan hal yang kerap dilakukan manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan.

Sakit bukanlah hal yang buruk, sebab jatuh sakit merupakan hal yang biasa dialami bahkan disebut-sebut mampu menjadi penghapus dosa. Dibalik sakit yang dialami manusia ada hikmah tertentu yang seringkali menyertainya. 

Ketika diberi ujian jatuh sakit oleh Allah SWT, manusia wajib mengatasinya dengan berobat secara medis namun juga tidak lupa untuk berdoa. Baik dengan meminta doa dari orang lain, maupun berdoa untuk diri sendiri.

Berikut ini beberapa doa yang dapat diamalkan saat sedang sakit:

Baca Juga: Makna Syafakallah, Syafakillah, dan Syafakumullah dan Kapan Diucapkan

1. Bacaan doa memohon kesembuhan diri sendiri dari penyakit yang diderita

Doa Mohon Kesembuhan Diri Sendiri dari Penyakit Berat Maupun RinganIlustrasi pasien COVID-19. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Rasulullah SAW mengajarkan doa yang dapat dibaca saat merasakan sakit atau nyeri pada tubuh. Doa ini sebaiknya dibaca sambil memegang bagian tubuh tertentu yang merasa nyeri.

Dilansir dari laman nu.or.id, dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, bacaan doa tersebut ialah sebagai berikut:

بِسْمِ اللَّهِ

Bismillāh, (dibaca 3 kali).

Artinya, “Dengan nama Allah.”

أَعُوذُ بِاَللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

A‘ūdzu billāhi wa qudratihī min syarri mā ajidu wa uhādziru, (dibaca 7 kali).

Artinya, “Aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari keburukan apa yang kurasakan dan kukhawatirkan.”

Selain itu, Imam An-Nawawi menganjurkan untuk melanjutkan dengan membaca Surat Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas, kemudian ditiupkan pada kedua tangan, lalu diusapkan pada semua bagian tubuh, khususnya organ tubuh yang sakit.

2. Sabda Rasulullah tentang doa untuk kesembuhan diri

Doa Mohon Kesembuhan Diri Sendiri dari Penyakit Berat Maupun RinganIlustrasi berdoa (IDN Times/Sukma Shakti)

Imam An-Nawawi dalam kitab Al-Adzkar mengutip secara lengkap hadis riwayat Imam Muslim yang menjelaskan mengenani sabda Rasulullah SAW ketika berdoa bagi kesembuhan diri sendiri.

Adapun hadis tersebut ialah sebagai berikut:

وروينا في صحيح مسلم رحمه الله، عن عثمان بن أبي العاص رضي الله عنه، أنه شكا إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم وجعا يجده في جسده، فقال له رسول الله صلى الله عليه وسلم ضَعْ يَدَك عَلَى الَّذِي تَأْلَمُ مِنْ جَسَدِك، وَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ ثَلَاثًا، وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ أَعُوذُ بِاَللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

Artinya, “Diriwayatkan kepada kami dalam Shahih Muslim rahimahullah, dari Utsman bin Abil ‘Ash RA bahwa ia mengadu kepada Rasulullah SAW perihal penyakit yang ia rasakan pada tubuhnya.

Rasulullah SAW lalu mengatakan kepadanya, ‘Letakkan tanganmu pada bagian tubuhmu yang dirasa sakit. Bacalah tiga kali, ‘Bismillāh.’ Lalu bacalah tujuh kali, ‘A‘ūdzu billāhi wa qudratihī min syarri mā ajidu wa uhādziru,’’”.

3. Bacaan doa untuk penyakit-penyakit ringan

Doa Mohon Kesembuhan Diri Sendiri dari Penyakit Berat Maupun RinganIlustrasi Gejala Penyakit (Sakit Kepala) (IDN Times/Mardya Shakti)

Saat diberi ujian berupa penyakit-penyakit ringan seperti demam, pusing, sakit gigi dan lain sebagainya, kita tetap dianjurkan untuk membaca doa untuk kesembuhan diri sendiri.

Rasulullah SAW mengajarkan bacaan doa sebagai berikut ketika menderita penyakit-penyakit ringan tersebut, sebagai berikut:

بِسْمِ اللَّهِ الْكَبِيرِ أَعُوذُ بِاللَّهِ الْعَظِيمِ مِنْ شَرِّ كُلِّ عِرْقٍ نَعَّارٍ وَمِنْ شَرِّ حَرِّ النَّارِ

Bismillāhil kabīri, a‘ūdzu billāhil ‘azhīmi min syarri kulli ‘irqin na‘ārin wa min syarri harrin nāri.

Artinya, “Dengan nama Allah yang maha besar. Aku berlindung kepada Allah yang maha agung dari luka yang mengeluarkan darah dan dari keburukan panas neraka.”

Baca Juga: Lafal Doa Nabi Sulaiman Mohon Kekayaan, Jinakkan Hewan dan Jin

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya