Comscore Tracker

Doa untuk Arwah dan Orang yang Sudah Meninggal dalam Agama Katolik

Mengenang itu bukan mengharap kembali

Doa tidak hanya dipanjatkan kepada orang yang masih ada di dunia. Namun kita juga bisa mendoakan orang-orang yang sudah meninggal dunia. Dalam agama Katolik, ada hari Peringatan Arwah Semua Orang Beriman yang dirayakan setiap tahun pada tanggal 2 November.

Pada hari tersebut dimaksudkan agar kamu mengenang dan mendoakan semua orang yang sudah meninggalkan dunia sebab orang yang sudah meninggal tak bisa lagi berdoa untuk dirinya sendiri. Kamu juga bisa mendoakan orang yang sudah meninggal, baik kerabat ataupun kenalan. Berikut doa-doanya untuk mereka.

1. Doa untuk anggota keluarga yang sudah meninggal

Doa untuk Arwah dan Orang yang Sudah Meninggal dalam Agama Katolikpexels.com/@polina-zimmerman

Kamu bisa mendoakan orang terdekatmu yang sudah meninggal. Mungkin salah satu anggota keluargamu, ada yang mendahuluimu. Sambil mengenangnya, kamu bisa mendoakan doa berikut ini.

"Allah, pangkal kehidupan semua insan, Engkau telah memanggil ...(nama) dari tengah-tengah kami untuk kembali kehadiratMu. Dia sekarang berada di pangkuanMu. Tetapi, kami tetap merasa bersatu dengan dia. Sebab kami semua adalah putraMu, kami sama-sama anggota tubuh Kristus yang satu, warga persekutuan kaum beriman dahulu, kini dan yang akan datang. Kami yakin bahwa hidupnya hanyalah diubah, bukannya dilenyapkan, dan bahwa suatu kediaman abadi kini tersedia baginya di surga.

Didasari oleh keyakinan ini, semoga dalam menghadapi maut yang terelakkan kami tidak lagi merasa takut, karena sungguh-sungguh didukung oleh harapan akan hidup abadi yang Kau janjikan kepada kami.

Bapa, ampunilah segala dosanya, dan terimalah dia dalam pangkuan kasihMu. Ia telah mati seperti Kristus, maka perkenankanlah ia pun bangkit seperti Kristus. Kami berdoa pula bagi semua orang yang telah Kau panggil mendahului kami. Karena belas kasih dan kerahimanMu, semoga mereka memperoleh kebahagiaan bersama pada kudusMu.

Ya Bapa, semua harapan ini kami haturkan kepadaMu dengan pengantaraan Yesus Kristus, dalam persekutuan Roh Kudus, kini dan sepanjang masa. Amin."

2. Doa Arwah

Doa untuk Arwah dan Orang yang Sudah Meninggal dalam Agama Katolikpexels.com/@polina-zimmerman

Kalau kamu ingin mengenang dan mendoakan jiwa-jiwa yang sudah terlebih dahulu pergi, kamu tetap bisa berdoa untuk mereka. Jiwa-jiwa yang membutuhkan doa dari orang yang masih hidup, kamu bisa mendoakannya dalam doa arwah ini:

"Tuhan yang berkuasa atas jiwa-jiwa, pandanglah kami yang berkumpul di sini untuk memohon kedamaian bagi arwah-arwah, yang telah pergi dari sisi kami, ketempat yang tidak terjangkau bagi kami, kecuali olehMu.

Kumpulkanlah mereka di bawah naungan sayapMu, diantara orang-orang saleh, yang telah dimakamkan disini dan dipersatukan dalam lingkungan jiwa-jiwa yang berbahagia untuk selama-lamanya. Puaskan mereka dengan kenikmatan kekal yang berlimpah dan kebahagiaan; gembirakan mereka dalam taman Eden dengan kemuliaanMu; biarlah mereka memandang keagunganMu, di antara orang-orang kudus dan murni, yang bersinar seperti surga tanpa awan.

Biarlah mereka tinggal dengan tenang dalam ketentraman dan kedamaian, agar mereka bersinar dalam cahaya abadi. Angkatlah tanduknya dengan hormat bersama jiwa-jiwa yang saleh, yang duduk di tangga tahtaMu. Tuntunlah mreka ke tengah-tengah di antara mereka yang berdiri dihadapanMu. Kami berdoa dalam namaMu, kami imani dan bersandar dengan janji-jani yang telah Engkau ucapkan kepada kami. Amin."

Baca Juga: Uskup Agung Semarang Perpanjang Penghentian Ibadah di Gereja Katolik

3. Tuhan melalui Makabe mengingatkan bahwa dosa orang yang sudah meninggal dapat diampuni berkat doa orang yang masih hidup

Doa untuk Arwah dan Orang yang Sudah Meninggal dalam Agama Katolikunsplash.com/@lunarts

Ini disampaikan dalam kisah Makabe yang menyuruh rekannya yang hidup untuk mengirimkan uang untuk kurban penghapus dosa tentara yang gugur dalam pertempuran.

"Ini sungguh suatu perbuatan yang sangat baik dan tepat karena Yudas memikirkan kebangkitan. Sebab jika tidak menaruh harapan bahwa orang-orang yang gugur itu akan bangkit, niscaya percuma dan hampalah mendoakan orang-orang mati" (2 Mak 12: 43-44)

4. Dasar untuk mendoakan orang yang sudah meninggal juga terdapat dalam Kitab Putera Sirakh

Doa untuk Arwah dan Orang yang Sudah Meninggal dalam Agama Katolikunsplash.com/@rubenhutabarat

Senada dengan Makabe, Sirakh mengingatkan untuk tidak mengecilkan orang yang sudah meninggal, melainkan tetap mengingat dan mendoakannya. Ini tertuang dalam Sir 7: 33,

"Hendaklah kemurahan hatimu meliputi semua orang yang hidup, tapi orang matipun jangan kau kecualikan pula dari kerelaanmu."

5. Tuhan memperhatikan semua hal, baik yang terlihat dan tidak kelihatan

Doa untuk Arwah dan Orang yang Sudah Meninggal dalam Agama Katolikunsplash.com/@benwhitephotography

Kamu harus terus mendoakan orang yang sudah meninggal, karena Tuhan memperhatikan semua hal di bumi. Ini tertuang dalam 2 Korintus 4: 18,

"Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal."

Itu dia doa dan ajaran Tuhan tentang mendoakan orang yang sudah meninggal. Kamu juga bisa mengadakan Ekaristi untuk memperingati meninggalnya kerabatmu.

Baca Juga: Penularan COVID-19 Masih Tinggi di Jateng, 20 Gereja Katolik Tunda Misa

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya