Comscore Tracker

Bacaan Doa dan Amalan saat Malam Jumat yang Dianjurkan Rasulullah SAW

Insyaallah bisa langsung masuk surga!

Hari Jumat menjadi hari yang sangat istimewa bagi umat muslim. Pada hari tersebut, Allah SWT senantiasa membagikan keberkahan dan rahmat yang berlimpah pada hamba-Nya. Bahkan, pada malam sebelumnya, yaitu malam Jumat, terdapat amalan yang begitu baik apabila dikerjakan.

Salah satunya adalah membaca doa malam Jumat yang dianjurkan Rasulullah SAW. Seperti apa bacaan doa tersebut? Yuk langsung saja simak di bawah ini.

1. Doa malam Jumat yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW

Bacaan Doa dan Amalan saat Malam Jumat yang Dianjurkan Rasulullah SAWUnsplash.com/Faseeh Fawaz

Bagi umat muslim, hari Jumat merupakan hari yang spesial dikarenakan pada hari ini Allah SWT senantiasa memberikan rahmat dan berkah yang berlimpah. Bahkan, pada malam Jumat kamu bisa mengamalkan doa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Berikut ini bacaan doa malam Jumat tersebut:

اَللَّهُمَّ اَنْتَ رَبّي لاَ اِلَهَ إلاَّ اَنْتَ خَلَقْتَنِي وَاَنَا عَبْدُكَ وَابْنُ اَمَتِكَ وَفِي قَبْضَتِكَ وَنَاصِيَتِي بِيَدِكَ اَمْسَيْتُ عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْـتَطَعْتُ اَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ شَـرِّ مَا صَنَعْتُ اَبُوءُ بِنِعْمَتِكَ وَاَبُوءُ بِذُنُوبِى فَاغْفِرْ لِى ذُنُوبِى اِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إلاَّ اَنْتَ .

Allahumma anta robbi la ilaha illa anta kholaqtani wa ana ‘abduka wabnu amatika wafi qobdhotika wa nashiyati biyadika amsaitu ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu a’uzu biridhoka min syarri ma shona’tu abu-u bini’matika wa abu-u bizunubi faghfirli zunubi innahu la yaghfiruz zunuba illa anta

“Ya Allah, Engkaulah Tuhanku, tiada Tuhan kecuali Engkau. Engkaulah yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu, putra hamba-Mu dan berada dalam genggaman-Mu dan nasib ku berada di tangan-Mu. Aku memasuki petang ini atas perjanjian kepada-Mu sesuai dengan kemampuanku, aku berlindung dengan rida-Mu dari keburukan perbuatanku, aku kembali kepada-Mu dengan nikmat-Mu dan aku kembali kepada-Mu dengan membawa dosa-dosaku, maka ampuni dosa-dosaku, karena tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.”

2. Rasulullah SAW juga bersabda jika siapa pun yang membaca doa tersebut, akan langsung masuk surga

Bacaan Doa dan Amalan saat Malam Jumat yang Dianjurkan Rasulullah SAWIDN Times/Rizka Yulita

Dalam sebuah riwayat Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa yang membaca doa berikut tujuh kali pada malam Jumat, kemudian ia mati pada malam itu, ia akan masuk ke surga; barang siapa yang membacanya pada hari Jumat, lalu ia mati pada hari itu, maka ia akan masuk ke surga.”

Baca Juga: Doa Nabi Muhammad SAW Meminta Kebaikan serta Kebahagiaan Hidup

3. Tidak hanya itu, Rasulullah juga mengatakan bahwa Allah SWT senantiasa mengabulkan doa hamba-Nya yang dipanjatkan pada hari Jumat

Bacaan Doa dan Amalan saat Malam Jumat yang Dianjurkan Rasulullah SAWIlustrasi Berdoa (IDN Times/Sunariyah)

Dalam buku hadis Sahih al-Bukhari dan Sahih Muslim, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya:

أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَكَرَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ، فَقَالَ: فِيْهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ، وَهُوَ قَائِمٌ يُصَلِّيْ، يَسْأَلُ اللهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ، وَأَشَارَ بِيَدِهِ يُقَلِّلُهَا.

"Bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menyebut hari Jumat, lalu menyatakan, 'Di dalamnya terdapat satu saat yang tidaklah seorang hamba muslim menepatinya dalam keadaan 'berdiri melaksanakan salat' untuk memohon sesuatu kepada Allah, melainkan Allah mengabulkan permintaannya,seraya mengisyaratkan dengan tangannya bahwa waktunya cuma sebentar."

4. Selain melantunkan doa tersebut, terdapat pula amalan yang bisa kamu kerjakan, yakni membaca Surat Al-Kahfi

Bacaan Doa dan Amalan saat Malam Jumat yang Dianjurkan Rasulullah SAWunsplash.com/Rachid Oucharia

Selain membaca doa yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat pula beberapa amalan yang bisa kamu lakukan saat malam Jumat. Salah satunya adalah membaca Surat Al-Kahfi.

Selain kedamaian hati, berikut ini beberapa hal yang bisa kamu dapat ketika membaca Aurat Al-Kahfi pada malam Jumat berdasarkan hadis:

“Siapa yang membaca dari Surah Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya dan siapa yang membaca keseluruhannya, maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad)

"Barang siapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jumat, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul 'atiq." (HR Al-Hakim)

“Barang siapa membaca Surah Al Kahfi pada hari Jumat, maka Dajal tidak bisa memudaratkannya.” (HR-Dailami)

5. Ada pula amalan lainnya, yaitu memperbanyak selawat Nabi Muhammad SAW

Bacaan Doa dan Amalan saat Malam Jumat yang Dianjurkan Rasulullah SAWfreepik.com/freepik

Diriwayatkan dari Aws bin Aws, Rasulullah SAW bersabda:

"Sesungguhnya hari yang paling mulia bagi kalian adalah hari Jumat. Pada hari itu Nabi Adam AS diciptakan, di hari itu ditiupkan ruh, dan pada hari itu dilaksanakan siksaan. Karena itu maka perbanyaklah membaca selawat kepadaku. Sebab selawat yang kamu baca pada hari itu akan didatangkan kepadaku. Lalu salah seorang sahabat bertanya: ‘Wahai Rasulullah bagaimana mungkin selawat yang kami baca itu bisa dihadapkan kepadamu, padahal engkau telah hancur dimakan bumi?’ Rasulullah SAW menjawab: ‘Sesungguhnya Allah ’Azza wa Jalla mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi-Nya.” (HR Ibnu Majah, 1075)

Selain hadis di atas, ada juga beberapa hadis yang menerangkan betapa luar biasanya manfaat dari membaca selawat. Berikut ini beberapa di antaranya:

Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa yang berselawat kepadaku sekali, maka Allah akan berselawat untuknya sepuluh kali." (HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i)

Rasulullah SAW bersabda, "Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca selawat kepadaku." (HR Tirmidzi)

"Setiap doa akan terhalang (untuk dikabulkan) hingga dibacakan selawat kepada Muhammad dan keluarganya." (HR Thabrani)

Itu dia bacaan doa malam Jumat beserta amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Jangan lupa mengamalkannya, ya!

Baca Juga: Doa Saat Turun Hujan Deras dan Angin, Agar Terhindar Dari Musibah

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya