Comscore Tracker

5 Keutamaan Membaca 2 Ayat Terakhir Surah Al-Baqarah saat Malam Hari

Yuk, menambah amalan di bulan Ramadan!

Semarang, IDN Times - Jika kamu adalah seorang yang sering membaca dua ayat terakhir surah Al-Baqarah setiap malam, maka beruntunglah dirimu. Ternyata, membaca dua ayat terakhir surah tersebut termasuk ke dalam sebuah keutamaan dalam agama Islam.

Tidak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan beberapa manfaat tertentu. Berikut ini ulasan jelasnya.

1. Allah SWT akan memberikan kecukupan dalam urusan dunia dan akhirat

5 Keutamaan Membaca 2 Ayat Terakhir Surah Al-Baqarah saat Malam HariUnsplash/Rachid Oucharia

Para ulama menyebutkan bahwa siapa yang membaca dua ayat terakhir surat Al-Baqarah, maka Allah akan memberikan kecukupan baginya untuk urusan dunia dan akhirat. Bahkan, ia juga akan dijauhkan dari kejelekan.

Hal ini juga disebutkan dalam hadis dari Abu Mas’ud Al-Badri radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ بِالآيَتَيْنِ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ فِى لَيْلَةٍ كَفَتَاهُ

“Siapa yang membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah pada malam hari, maka ia akan diberi kecukupan.” (HR. Bukhari no. 5009 dan Muslim no. 808)

2. Mendapatkan pahala yang besar

5 Keutamaan Membaca 2 Ayat Terakhir Surah Al-Baqarah saat Malam Haripexels/Abdullah Ghatasheh

Berdasarkan Ikmal Al-Mu’allim, 3:176, dinukil dari Kunuz Riyadhis Sholihin, 13: 83, Al-Qadhi `Iyadh menyatakan bahwa dengan membaca dua ayat terakhir surat Al-Baqarah akan mencukupkan dari salat malam.

Tidak hanya itu, bisa juga hal tersebut akan memberikan pahala yang besar karena di dalamnya terdapat pelajaran tentang keimanan, kepasrahan diri, penghambaan pada Allah, dan berisi pula doa kebaikan dunia dan akhirat.

3. Terlindungi dari gangguan setan

5 Keutamaan Membaca 2 Ayat Terakhir Surah Al-Baqarah saat Malam Haripexels/Tayeb mezahdia

Al-Qadhi `Iyadh dalam Ikmal Al-Mu’allim, 3: 176, dinukil dari Kunuz Riyadhis Sholihin, 13:83, juga menjelaskan bahwa orang yang membaca dua ayat terkahir surat Al-Baqarah, dinilai menggantungkan hari pada Al-Qur'an. Dia akan terlindungi dari gangguan setan hanya dengan membaca dua ayat tersebut.

Baca Juga: 5 Hal yang Membatalkan Puasa dan Membuat Puasa Tidak Sah, Wajib Tahu!

4. Dijauhkan dari segala macam penyakit

5 Keutamaan Membaca 2 Ayat Terakhir Surah Al-Baqarah saat Malam Hariunsplash/Sharonmccutcheon

Keutamaan membaca dua ayat terakhir surat Al-Baqarah pun dijelaskan oleh Imam Nawawi. Beliau menyatakan, ada pula ulama yang menyampaikan manfaat membaca dua ayat tersebut, yaitu dijauhkan dari gangguan setan serta segala macam jenis penyakit. Pernyataan Imam Nawawi tersebut terdapat dalam Syarh Shahih Muslim, 6:83-84.

5. Diperbaharui keimanannya

5 Keutamaan Membaca 2 Ayat Terakhir Surah Al-Baqarah saat Malam Haripixabay/mucahityildiz

Sebuah bahasan dari Prof. Dr. Musthafa Al-Bugha dalam Nuzhah Al-Muttaqin, hal. 400-401 menyatakan bahwa ada juga ulama yang mengatakan jika membaca dua ayat surat Al-Baqarah di malam hari dapat membuat iman diperbaharui.

Ini karena di dalam ayat tersebut, terdapat sikap pasrah kepada Allah Ta'ala serta doa untuk meminta kebaikan dunia dan akhirat, sehingga ayat tersebut bisa diartikan sebagai pengganti dari berbagai zikir. 

Itu dia keutamaan serta manfaat yang akan kamu terima ketika membaca dua ayat terakhir surat Al-Baqarah pada malam hari. Selain itu, membacanya pada bulan Ramadan akan melipatgandakan amalan yang kamu dapat. Yuk, coba melaksanakannya!

Baca Juga: Dalam Suasana Ramadan, Yuk Kenali 20 Sifat Wajib Allah dan Artinya!

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya